Terbitan
##article.date_tracking##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##COST ACCOUNTING: MEMAKNAI BIAYA BONUS DALAM METAFORA SYUKUR
Corresponding Author(s) : Riska Ismail
ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review,
Vol 2 No 2 (2021): DECEMBER
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penentuan dan perlakuan akuntansi biaya bonus e-commerce serta untuk mengetahui tinjauan metafora syukur terhadap penentuan dan perlakuan akuntansi biaya bonus e-commerce. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui metode wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber data yang terdiri dari reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam penentuan biaya bonus, terdapat beberapa metode seperti penggunaan produk nganggur, berdasarkan keuntungan yang telah diperoleh, berdasarkan harga perolehan dengan pembelian minimal, berdasarkan pengambilan partai, danberdasarkan waktu-waktu tertentu. Adapun terkait perlakuan akuntansinya bervariasi sesuai dengan metode yang digunakan, di mana dominan diantara metode-metode tersebut mengukur berdasarkan harga perolehan, mengakui sebagai biaya ataupun laba, dan disajikan pada komponen laba-rugi sesuai dengan akumulasi nilainya. Dalam tinjauan metafora syukur, pelaku bisnis e-commerce yang diteliti telah memenuhi tiga elemen yang ada yakni, mengikhlaskan hati untuk memberi bonus dan sejenisnya sebagai wujud bersyukur dengan hati, mengucapkan “alhamdulillah” menyampaikan program bonus dan sejenisnya kepada pelanggan sebagai wujud bersyukur secara lisan, dan merealisasikan bonus dan sejenisnya kepada pelanggan sebagai wujud dari bersyukur dengan perbuatan yang merupakan tingkatan tertinggi dari bersyukur itu sendiri.
Kata Kunci
##submission.howToCite.downloadCitation##
##plugins.generic.citationStyleLanguage.download.ris####plugins.generic.citationStyleLanguage.download.bibtex##
##journal.references##
Anggraeni, W. A. 2019. Social Performance pada Perbankan Syariah Indonesia: Sharia Enterprise Theory Perspective. Jurnal WACANA Ekonomi, 18(2): 34-42.
Bachri, B. S. 2010. Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46-62.
Budhi, G. S. 2016. Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online LAZADA Indonesia. Jurnal Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2): 78-82.
Elissa, M. I. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online. Jurnal Teknologi Informasi, 8(3): 143-152.
Emor, R. Y. S., dan A. S. Soegoto. 2015. Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek, dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(2): 738-748.
Evangelista, R., P. Guerrieri., dan V. Meliciani. The Economic Impact of Digital Technologies in Europe. Journal Economics of Innovation and New Technology, 23(8): 802-824.
Hambali, A., A. Meiza., dan I. Fahmi. 2015. Faktor Faktor yang Berperan Dalam Kebersyukuran (Gratitude) Pada Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus Perspektif Psikologi Islam. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1): 94-101.
Hanoatubun, S. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1): 146-153.
Hootsuite (we are social), 2019. https://andi.link,hootsuite-we-are-social-indonesia-digital-report-2019/. Diakses pada 1 Maret 2021.
Kusnawan, G. dan P. Wijoyo. 2008. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Efektivitas Volume Penjualan Sayuran Hidroponik. Agricultural Socio-Economics Journal, 8(2): 97-103.
Listianto, F., Fauzi, R. Irviani, Kasmi, dan Garaika. 2017. Aplikasi E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Industri Konveksi Seragam Drumband Di Pekon Klaten Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(2): 146-152.
Listiyandini, R. A., A. Nathania., D. Syahniar., L. Sonia., dan R. Nadya. 2015. Mengukur Rasa Syukur: Pengembangan Model Awal Skala Bersyukur Versi Indonesia. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 2(2): 473-496.
Ma’rifati, I. S. 2013. Sistem Informasi Akuntansi Biaya Job Order Costing Untuk Usaha Kecil. Evolusi: Jurnal Sains dan Manajemen, 1(1): 61-68.
Mahfud, C. 2014. The Power of Syukur: Tafsir Kontekstual Konsep Syukur dalam al-Qur’an. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(2): 377-400.
Mardalis. 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi dan Pemasaran, 9(2): 111-119.
Maulana, S. M., H. Susilo., dan Riyadi. 2015. Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan Online (Studi kasus pada took Pastbrik kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1): 1-9.
McCullough, M. E., J. Tsang., dan R. A. Emmons. 2004. Gratitude in intermediate affective terrain: Links of grateful moods to individual difference and daily emotional experience. Journal of Personality and Social Psychology, 8(6): 295-309.
Mckibbin, W., dan R. Fernando. 2020. The Global Macroeconomic Impacts of COVID-19: Seven Scenarios. International Journal of CAMA, 4(1): 1-45.
Novarela, D., dan I. M. Sari. 2015. Pelaporan Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah dalam Perspektif Syariah Enterprise Theory. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, 2(2): 145-160.
Novayani, I. 2019. Pendekatan Studi Islam “Pendekatan Fenomenologi dalam Kajian Islam”. Jurnal At-Tadbir STAI, 3(1): 44-58.
Nurrohmah, A., dan F. Alfanur. 2016. Adopsi E-Commerce pada Usaha Mikro dan Kecil di Bandung (Studi kasus subsektor fesyen). E-Jurnal Proceedings of Management, 3(2): 1120-1127.
Pakpahan, A. K. 2020. COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 2(1): 1-6.
Pratiwi, J. 2013. Penerapan Biaya Standar dalam Pengendalian Biaya produksi Pada PT. Pertani (Persero) Cabang Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 1(4): 1617-1626.
Putra, E. W., S. Kumadji., dan E. Yulianto. 2018. Pengaruh Diskon terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Yang Membeli Produk Diskon Di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2): 184-193.
Ramadhayanti, A. 2020. Strategi Taktik Value Dan Kode Promosi Terhadap Motivasi Pembelian Makanan Secara Online Melalui Grab. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4(1): 8-17.
Reza, F. 2016. Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1): 64-74.
Rinovian, R., dan A. Suarsa. 2018. Pengungkapan CSR Perbankkan Syariah Sebagai Kebutuhan Informasi Stakeholder. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 2(2): 179-202.
Rochmah, S. 2014. Pengaruh Diferensiasi Produk dan Potongan Tunai Terhadap Volume Penjualan Industri Kecil Konfeksi di Kecamatan Semarang Barat. Jurnal STIE Semarang, 6(2): 64-76.
Rusdi, A. 2016. Syukur dalam Psikologi Islam dan Konstruksi Alat Ukurnya. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris, 2(2): 37-54.
Samsiyah, S. Y., dan K. Nurul. 2013. Kajian Implementasi Corporate Social Responsibility Perbankan Syariah Ditinjau dari Sharia Enterprise Theory. Jurnal InFestasi, 9(1): 47-60.
Sativa, A. R., dan Helmi, A. F. 2013. Syukur dan harga diri dengan kebahagiaan remaja. Jurnal WACANA Psikologi, 5(2): 1-12.
Sidharta, I., dan B. Suzanto. 2015. Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Sikap Serta Perilaku Konsumen Pada E-Commerce. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23-36.
Sundalangi, M., S. L. Mandey., dan R. J. Jorie. 2014. Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1): 313-324.
Tiniasti, K. R., K. R. Suwena., dan I. N. Sujana. 2017. Pengaruh Biaya Bauran Promosi terhadap Penjualan pada PT. Bintang Bali Indah Singaraja Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2): 217-226.
Wicaksono, P., dan S. W. Herieningsih. 2019. Hubungan Terpaan Iklan Tvc Bukalapak Dan Tingkat Pendapatan Dengan Minat Bertransaksi Di Bukalapak, Jurnal Ekonomi dan Bisnis , 7(3): 188-194.
Winarso, W. 2014. Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas (ROA) PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero). Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 2(2): 258-271.