EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK KELAS II
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan eksperimen desain yang bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui
kemampuan literasi peserta didik sebelum menggunakan metode struktural analitik
sintetik di kelas II SDN 154 Sekkang Kab. Soppeng, 2) Untuk mengetahui kemampuan
literasi peserta didik setelah menggunakan metode struktural analitik sintetik di kelas II
SDN 154 Sekkang Kab. Soppeng dan 3) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan
metode struktural analitik sintetik terhadap kemampuan literasi peserta didik di kelas II
SDN 154 Sekkang Kab. Soppeng. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
teknik sampel jenuh sehingga diperoleh jumlah sampel yaitu 12 orang peserta didik.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes kemampuan literasi yaitu
membaca. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis
statistik deskriptif dan inferensial dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Berdasarkan hasil
kemampuan literasi sebelum dan setelah menggunakan metode struktural analitik sintetik
terdapat perbedaan yaitu sebelum menggunakan metode struktural analitik sintetik
dengan nilai tertinggi 60 dan terendah 40 dengan rata-rata 47,08, sedangkan setelah
menggunakan metode struktural analitik sintetik dengan nilai tertinggi 83 dan terendah
60 sehingga rata-rata 73,42. Hal ini dapat dilihat pada analisis uji t yang telah dilakukan
dengan menggunakan paired sample T-test dengan bantuan SPSS 20 menunjukkan Thit =
14,189 dengan Ttable = 2,262. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode struktural
analitik sintetik efektif terhadap kemampuan literasi peserta didik di kelas II SDN 154
Sekkang Kab. Soppeng.