KORELASI RESILIENSI TERHADAP TINGKAT STRESS SISWA SMP BERDASARKAN USIA PADA MASA PANDEMI COVID 19
Abstrak
Remaja adalah titik yang sangat penting dalam perkembangan emosional manusia. Pada masa Covid-19 lingkungan remaja/siswa SMP mengalami berbagai beban masalah kesehatan mental yang muncul. Stress yang terjadi pada masa ini akan mempengaruhi pola perkembangan mental di masa yang akan datang. Pengaruhnya terlihat dalam domain resiliensi. Karna itu, sangat penting untuk menganalisis korelasi Resiliensi terhadap Tingkat Stress Siswa SMP pada masa Covid-19 di Kabupaten Pinrang, Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain Cros sectional Study. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP yang bermukim di Kab, Pinrang dengan jumlah responden sebanyak 94 orang. Instrument yang digunakan adalah kuesioner DASS 42 (Depression Anxiety Stress scale 42) untuk mengukur tingkat stress dan International Resilience Project untuk mengukur resiliensi pada siswa. Analisis data menggunakan Korelasi Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan sebesar 76.02% siswa mengalami tingkat stress yang sangat parah dengan tingkat resiliensi yang tinggi sebesar 88%. Hasil Korelasi Pearson untuk Resiliensi dengan usia sebesar 0.175 yang berkorelasi positif dan tingkat stress sebesar -0.302 yang berkorelasi negative. Kemampuan Resiliensi pada siswa pada masa Pandemi Covid-19 berkorelasi positif terhadap peningkatan usia dan berkorelasi negative terhadap tingkat stress
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Bella, F., Ramdhania, C., & Susiati, E. (2021). Resiliensi Guru PAUD Kota Bandung dimasa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 3(2), 97–104.
Eva, N., Parameitha, D. D., Farah, F. A. M., & Nurfitriana, F. (2021). Academic Resilience and Subjective Well-Being amongst College Students using Online Learning during the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 2020, 202–214. https://doi.org/10.18502/kss.v4i15.8206
Halal, R. S. A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar’I. 7(5), 395–402.
Huang, Y., Su, X., Si, M., Xiao, W., Wang, H., Wang, W., Gu, X., Ma, L., Li, J., Zhang, S., Ren, Z., & Qiao, Y. (2021). The impacts of coping style and perceived social support on the mental health of undergraduate students during the early phases of the COVID-19 pandemic in China: a multicenter survey. BMC Psychiatry, 21(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12888-021-03546-y
Magson NR, Freeman JYA, Rapee RM, Richardson CE, Oar EL, F. J. (n.d.). Risk and Protective Factors for Prospective Changes in Adolescent Mental Health during the COVID-19 Pandemic. J Youth Adolescence, 1;50(1), 44–57.
Mahapatra A, S. P. (n.d.). Education in times of COVID-19 pandemic: Academic stress and its psychosocial impact on children and adolescents in India. Int J Soc Psychiatry, 1;67(4), 397–399.
Moudy, J., & Syakurah, R. A. (2020). Pengetahuan terkait Usaha Pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia. 4(3), 333–346.
Novianti, R. (2018). Orang tua sebagai pemeran utama dalam menumbuhkan resiliensi anak. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 7(1), 26–33.
Rahayu, R. A., Kusdiyati, S., & Borualogo, I. S. (2021). Pengaruh Stress Akademik terhadap Resiliensi Pada Remaja Di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Psikologi, 0(0). https://doi.org/10.29313/.v0i0.28372
Robert Brooks, S. G. (2005). Handbook of Resilience in Children. Inggris: Springerlink, 203.
Sarafino, E. P & Smith, T. W. (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interaction 7th Editon. United States of America. Wiley John Willy & Sons, Inc.
Tang, S., Xiang, M., Cheung, T., & Xiang, Y. (2020). Mental health and its correlates among children and adolescents during COVID-19 school closure: The importance of parent-child discussion. Journal of Affective Disorders, 279(January), 353–360.
Wang, T., Chen, P., Xiang, J., Li, S., Wang, J., Liang, Z., Peng, Y., Wei, L., Wang, J., Liu, J., Chen, Z., Li, G., Zheng, Z., Qiu, S., Luo, J., Ye, C., Zhu, S., & Zhong, N. (2020). Mitigate the effects of home confinement on children during the COVID-19 outbreak. New England Journal of Medicine, 382(18), 1708–1720. https://doi.org/10.1056/NEJMc2001737.2
Wibowo, S. A. P., & Oktarina, N. D. (2021). Gambaran Tingkat Stres Remaja Smp Pada Kondisi Pandemi Covid-19 Di Smp Islam Miftakhul Huda Pakis Aji Kabupaten Jepara.
Yang, C., Chen, A., & Chen, Y. (2021). College students’ stress and health in the COVID-19 pandemic: The role of academic workload, separation from school, and fears of contagion. PLoS ONE, 16(2 February), 1–16. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0246676
Zein, A. (2019). Pendetksian Virus Corona dalam Gambar X-Ray Menggunakan Algoritma Artifical Intelligence dengan Deep Learning Python. XV(01), 19–23.
Zhang C, Ye M, Fu Y, Yang M, Luo F, Yuan J, et al. (n.d.). The Psychological Impact of the COVID-19 Pandemic on Teenagers in China. Journal of Adolescent Health, 1;67(6), 747–755
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##