EFEKTIVITAS APLIKASI M-HEALTH “HALLO MANIS” BERBASIS ANDROID PADA KEPATUHAN KUNJUNGAN NIFAS

  • Tyas Febriana Poltekkes Kemenkes Semarang
    (ID)
  • Runjati Poltekkes Kemenkes Semarang
    (ID)
  • Sudirman Poltekkes Kemenkes Semarang
    (ID)
Kata Kunci: Aplikasi; M-health; Nifas; Kepatuhan Kunjungan

Abstrak

Cakupan kunjungan nifas mengalami penurunan berturut sejak tahun 2018 sehingga mempengaruhi komplikasi nifas yang meningkat didukung oleh situasi pandemi Covid-19. Pemanfaatan aplikasi sebagai media yang dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu nifas dalam melakukan kunjungan nifas dan pencegahan komplikasi nifas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan membuktikan kelayakan dan efektivitas aplikasi M-health “Hallo Manis” berbasis Android dalam kepatuhan kunjungan nifas dibandingkan dengan kelompok yang hanya diberikan pendidikan kesehatan dengan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) yang terdiri dari 5 tahapan yaitu studi literatur, model desain pengembangan, validitas ahli, model uji coba, dan hasil produk dengan metode waterfall System Development Life Cycle (SDLC). Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimen jenis post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah ibu nifas > 2 jam nifas. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan random cluster sampling dan simple random sampling, Jumlah sampel masing-masing kelompok adalah 30 responden. Hasil rata-rata uji kelayakan aplikasi adalah 86,41% dengan p-value 0,024. Hasil efektivitas aplikasi “Hallo Manis” terhadap kepatuhan kunjungan adalah p-value <0,0001 atau aplikasi “Hallo Manis” layak dan efektif terhadap kepatuhan kunjungan nifas. Aplikasi ini memudahkan ibu nifas untuk mengakses dan memperoleh informasi tentang masa nifas terkait manfaat dan tujuan kunjungan nifas, termasuk pemberitahuan pengingat termasuk jadwal kunjungan ulang nifas sehingga membantu ibu mengatur waktu.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alini, I. (2018) ‘Efektivitas Promosi Kesehatan Melalui Audio Visual Dan Leaflet Tentang SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri Tentang SADARI Di SMAN 1 Kampar Tahun 2018’, Jurnal Ners Universitas Pahlawan, 2(2), pp. 1–9. doi: https://doi.org/10.31004/jn.v2i2.187.

Ameta, D., Mudaliar, K. and Patel, P. (2015) ‘Medication Reminder and Healthcare – An Android Application’, Internatinal journal of Managng Public Sector Information and Communication Technologies (IJMPICT), 6(2), pp. 39–48. doi: 10.5121/ijmpict.2015.6204.

Badan Pusat Statistik (2020) Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020. Edited by dan P. Direktorat Statistik Keuangan, Teknologi Informasi. jakarta: Badan Pusat Statistika. Available at: https://www.bps.go.id/publication/2021/10/11/e03aca1e6ae93396ee6 60328/statistik-telekomunikasi-indonesia-2020.html.

Bupati Semarang (2016) ‘Peraturan Bupati Semarang No.26 tahun 2016’, p. 19.

Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang (2020) Profil Kesehatan 2020, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Gagnon, M. et al. (2016) ‘M-Health adoption by healthcare professionals: a systematic review’, Journal of the American Medical Informatics Association, 23(1), pp. 212–220. doi: 10.1093/jamia/ocv052.

Hakim, Wahida Yuliana, B. N. H. (2020) Emodemo Dalam Asuhan Kebidanan Masa Nifas. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Hameed, A. (2016) ‘Software Development Lifecycle for Extreme Programming’, International Journal of Information Technology and Electrical Engineering ITEE, 5(1), pp. 7–13.

Herlina, Fatmasari, Diyah, Sri, R. and Pujiastuti, E. (2020) ‘Application of " Puerperal Healthy " of Optimization of Postpartum Mother Knowledges that Given Effleurage Relaxation Massage’, International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(7), pp. 152–155. Available at: https://www.ijisrt.com/application-of-puerperal-healthy-of-optimization-of-postpartum-mother-knowledges-that-given-effleurage-relaxation-massage.

Ika Yuli Krisdiana, Rahajeng Siti NUr Rahmawati, S. (2019) ‘Kepatuhan Kunjungan Ulang Ibu Nifas Dengan Reminder “BUFAS” Di Puskesmas Sumberejo’, jurnal informasi Kesehatan Indonesia, 5(2), pp. 133–140. doi: 10.31290/jiki.v5i2.1358.

Juneris Aritonang, Y. T. O. S. (2021) Asuhan Kebidanan Masa Nifas. Yogyakarta: Deepublish

Kementerian Dalam Negeri (2021) Permendagri No. 35 tahun 2021.

Kementerian kesehatan Republik indonesia (2020) ‘Profil Kesehatan Indonesia’. Edited by W. W. Boga Hardhana, Farida Sibuea. jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, p. 497. Available at: https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/ pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-Tahun-2020.pdf.

Khairunnisa, R., Sumarni, S. and Supriyana, S. (2021) ‘E-Postpartum mobile application to increase postnatal knowledge care’, MEDISAINS, 19(3), p. 84. doi: 10.30595/medisains.v19i3.11999.

Khamidah Achyar, I. R. (2016) ‘Pengaruh Kunjungan Nifas Terhadap Komplikasi Masa Nifas di Wilayah Puskesmas Sokaraja 1 Kabupaten Banyuman’, Medisains Jurnal Ilmiah ilmu-ilmu Kesehatan, 14(2), pp. 59–64. doi: 10.30595/medisains.v14i2.1056.

Lestari, T. R. P. (2020) ‘Pencapaian Status Kesehatan Ibu Dan Bayi Sebagai Salah Satu Perwujudan Keberhasilan Program Kesehatan Ibu Dan Anak’, Jurnal Kajian, 25(1), pp. 75–89. doi: 10.22212/kajian.v25i1.1889.

Li, J. et al. (2021) ‘Impact of an Animation Education Program on Promoting Compliance With Active Respiratory Rehabilitation in Postsurgical Lung Cancer Patients’, Cancer Nursing, 44(2), pp. 106–115. doi: 10.1097/NCC.0000000000000758.

Marcolino, M. S. et al. (2018) ‘The Impact of mHealth Interventions: Systematic Review of Systematic Reviews’, JMIR mHealth and uHealth, 6(1), p. e23. doi: 10.2196/mhealth.8873.

Menteri Kesehatann republik Indonesia (2021) ‘Permenkes No 21 Tahun 2021’.

N, A. (2018) Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Noviyanti, N. I. and Gusrian, G. (2021) ‘Kepatuhan Ibu Nifas Dalam Pemanfaatan Buku KIA Terhadap Pencegahan Komplikasi Masa Nifas Di Kota TarakanKepatuhan Ibu Nifas Dalam Pemanfaatan Buku KIA Terhadap Pencegahan Komplikasi Masa Nifas Di Kota Tarakan’, Journal of Issues in Midwifery, 5(2), pp. 77–86. doi: 10.21776/ub.JOIM.2021.005.02.4.

Nurmala Selly Saputri, et al (2020) ‘Dampak pandemi covid-19 pada layanan gizi dan kesehatan ibu dan anak (KIA)’: Smeru research institute. Available at: https://smeru.or.id/id/publication-id/dampak-pandemi-covid-19-pada-layanan-gizi-dan-kesehatan-ibu-dan-anak-kia-studi-0.

Nuryati, S. and Yanti, R. D. (2017) ‘Efektivitas Penggunaan Media Sosial terhadap Peningkatan Pengetahuan Perawatan Nifas dan Kepatuhan Kunjungan Ulang pada Ibu Nifas di Kota Bogor’, Midwife Journal, 3(01), pp. 52–59. Available at: http://jurnal.ibijabar.org/efektifitas-penggunaan-media-sosial-terhadap-peningkatan-pengetahuan-perawatan-nifas-dan-kepatuhan-kunjungan-ulang-pada-ibu-nifas-di-kota-bogor/.

Panggabean, S., Siti Erika and Purnomo, A. (2020) ‘Pendidikan Kesehatan Pentingnya Kunjungan Nifas KF-3 Di Kampung Dapur 6 Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang Kota Batam Tahun 2020’, ENLIGHTENMENT : a Journal Of Community Service, 1(1), pp. 6–11. doi: 10.52999/sabb.v1i1.77.

Prihanti, G. S. et al. (2019) ‘Analisis Faktor Kunjungan Ibu Nifas di Wilayah Kerja Puskesmas PONED X’, MAGNA MEDICA: Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 6(1), p. 69. doi: 10.26714/magnamed.6.1.2019.69-87.

Putri, N. A., Hilmanto, D. and Zulvayanti, Z. (2021) ‘Pengaruh Aplikasi “Mommy Nifas” terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Ibu’, Jurnal Kesehatan, 12(1), p. 139. doi: 10.26630/jk.v12i1.2328.

Rahmawati, rahajeng siti nur (2017) ‘Pengembangan Media Belajar Kegawatdaruratan Maternal Atonia Uteri Bebasis E-Learning (Mobile Application)’, Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2), pp. 115–127. Available at: http://www.ejurnaladhkdr.com/index.php/jik/ article/view/133.

Rinawan, F. R. et al. (2021) ‘Neonatal Care Education during Pregnancy Using Videos on the iPosyandu Application Edukasi selama Kehamilan tentang Perawatan Neonatus Menggunakan Video pada Aplikasi iPosyandu’, Global medical adn Health Communication, 9(3), pp. 177–184. doi: https://doi.org/10.29313/gmhc.v9i3.8430.

Sapartinah, T. and Sundari, A. (2020) ‘Gaz’, Midwifery Care Journal, 1(3), pp. 18–22. doi: 10.31983/micajo.v1i3.5755.

Situmorang, M. H. and Pujiyanto, P. (2021) ‘Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Nifas Lengkap di Indonesia: Analisis Lanjut Data Riskesdas 2018’, JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 13(2), pp. 78–86. doi: 10.52022/jikm.v13i2.179.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Kesatu. Edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Sunjaya, A. P. (2019) Potensi, Aplikasi dan Perkembangan Digital Health di Indonesia, Journal of Indonesian Medical Association. doi: 10.13140/RG.2.2.31918.66886.

Takai, I. et al. (2015) ‘Factors responsible for under-utilization of postnatal care services in Maiduguri, north-eastern Nigeria’, Sahel Medical Journal, 18(3), p. 109. doi: 10.4103/1118-8561.169282.

Thorik, S. H. (2020) Efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Indonesia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19. doi: 10.15408/adalah.v4i1.15506.

Toha Hidayat, H. and Husaini (2018) ‘Uji Kelayakan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Faktor Kualitas McCall’, Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 2(1), pp. 34–38. Available at: http://e-jurnal.pnl.ac.id/semnaspnl/ article/view/741/707.

Yania Febsi, E. L. A. (2021) ‘Dampak Pandemi COVID-19 Pada Pelayanan Gizi dan KIA di Kota Padang’, Jurnal Kesehatan, 2(2), pp. 127–134.

Yulia, R. et al. (2021) ‘Dampak Pandemi Covid-19 Pada Layanan Kesehatan Ibu Dan Anak (Kia) Di Kota Depok’, Ikesma, 17(2), p. 87. doi: 10.19184/ikesma.v17i2.25067.

Diterbitkan
2024-09-13
Abstrak viewed = 432 times