Kreativitas dalam Tata Ruang: Membangun Perpustakaan Sekolah yang Berbasis Rekreasi di Perpustakaan Lontara Rumbia SMK Negeri 2 Jeneponto
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas tata ruang sebagai upaya pustakawan membangun ruangan perpustakaan berbasis rekreasi di Perpustakaan Lontara Rumbia UPT SMKN 2 Jeneponto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara mendalam dengan Pustakawan, Wakasek serta Kepala Sekolah. Analisis data melibatkan pengumpulan, reduksi, penilaian, dan interpretasi data secara kritis untuk mencapai kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan ruang berbasis rekreasi di Perpustakaan Lontara Rumbia UPT SMKN 2 Jeneponto berkembang berdasarkan inisiatif dan dukungan dari berbagai pihak. Dukungan kuat dari pihak sekolah, termasuk kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, memungkinkan realisasi desain ruangan nyaman dan menyenangkan. Tata letak dan interior ruangan mengedepankan aspek fisik dan psikis. Ruangan dirancang dengan menyesuaikan kebutuhan, pencahayaan, suhu, dan dekorasi yang menyenangkan. Sarana rekreasi yang lengkap, seperti ruang baca referensi, ruang multimedia, dan studio foto, menambah daya tarik perpustakaan. Inovasi pustakawan, seperti lukisan dinding 3D, mengubah pandangan terhadap perpustakaan yang membosankan menjadi sarana rekreasi yang menarik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Albi Anggito & Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jejak.
Dhanur Jaya, W., Suhartika, P., & Ginting, R. T. (2015). Kajian Tata Ruang Perpustakaan Institut Seni Indonesia.
Dona Puspita Biantari. (2018). Persepsi Tata Ruang Perpustakaan Oleh Pemustaka di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang Skripsi.
Emaliana Syafitri. (2020). Peran Pustakawan dalam Penataan Ruang Perpustakaan Sekolah Smp Negeri 1 Kluet Timur. Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/16261/1/Emaliana%20syafitri%2c%20160206095%2c%20ftk%2c%20mpi%2c%20082217509179.Pdf
Ibnu El-Mubhar. (11 C.E.). Allah Menyukai Keindahan (Kajian Hadis).
Kastro, A. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26418/Jurnalkpk.V4i1.40887
Kementerian Agama Ri. (2014). Mushaf Alqurán Tajwid dan Terjemah. Abyan.
Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2017).
Pinto, M., Koerniawati, T., & Hermawan; Anton. (2021). Pengaruh Tata Ruang Perpustakaan Terhadap Minat Baca Pengguna Perpustakaan: Studi Kasus Sophia Academic Library di Instituto Profissional De Canossa, Dili, Timor Leste. In Tahun (Vol. 10, Issue 1).
Sayuthi Ali. (2002). Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Teori dan Praktek. Pt Raja Grafindo Persada.
Vinka Cyntia Aini. (2024). Mengembangkan Fungsi Rekreasi Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan di Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 16(1), 31–43.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License