Hubungan Kualitas Informasi Aplikasi Goodreads dengan Penentuan Preferensi Buku pada Bibliofilia

  • Aliyah Yasyfi Saffanah Universitas Padjadjaran
    (ID)
  • Agus Rusmana Universitas Padjadjaran
    (ID)
  • Rully Khairul Anwar Universitas Padjadjaran
    (ID)
Kata Kunci: Bibliofilia, Kualitas informasi, Preferensi buku, Situs katalogisasi buku

Abstrak

Era digital mendorong situs daring untuk menyediakan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Aksesibilitas informasi dapat membantu bibliofilia dalam menelusuri informasi buku dan menentukan preferensi buku secara efektif dan efisien. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis hubungan kualitas informasi Goodreads dengan preferensi buku bibliofilia. Kualitas informasi memiliki tiga (3) indikator berupa akurasi, ketepatan waktu, dan relevansi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan menyebarkan kuesioner kepada pengikut akun X @basebuku sekaligus pengguna Goodreads. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana (simple random sampling) karena populasi cenderung homogen dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang dari total populasi 230 orang. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman menunjukkan bahwa kualitas informasi memiliki hubungan dengan preferensi buku dan keeratan hubungan sedang. Sementara itu, ketiga indikator kualitas informasi memiliki hubungan dengan preferensi buku dan perbedaan keeratan hubungan antarvariabel, yakni keeratan hubungan rendah pada subvariabel akurasi; keeratan hubungan sedang pada subvariabel ketepatan waktu; keeratan hubungan kuat pada subvariabel relevansi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Asy’ari, Maulidya Makalao, D. A., & Irawan. (2023). Analisis Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 152–175. https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i2.3796

Daghall, A., & Parazajder, M. (2024). Shared book reading communities: A comparative study of the StoryGraph as an alternative to Goodreads. University of Borås.

Foo, Z.-Y., Ng, K.-W., Haw, S.-C., & Anaam, E. A. (2024). Analysis of Book Preferences Among Visitors in Library. TEM Journal, 13(1), 422–430.

Frederico, M. C. V. (2020). A Rua dos Livros: Cartografia Multissituada do Garimpo e Comércio Literário no Rio de Janeiro. PPontifícia Universidade Católica do Rio de Janeiro.

Htait, A., Fournier, S., Bellot, P., Azzopardi, L., & Pasi, G. (2020). Using Sentiment Analysis for Pseudo-Relevance Feedback in Social Book Search. ICTIR 2020 - Proceedings of the 2020 ACM SIGIR International Conference on Theory of Information Retrieval, 29–32. https://doi.org/10.1145/3409256.3409847

Jafari, Y., Sabri, N., & Bahrak, B. (2020). Investigating the effects of Goodreads challenges on individuals reading habits. CoRR, 1–9. http://arxiv.org/abs/2012.03932

Kostic, Z., Jessup, J., Baglioni, J., Weeks, N., Dreessen, J. P., Chen, N., & Liu, T. (2020). Visual Companion for Booklovers. ArXiv. http://arxiv.org/abs/2011.00329

Kumar, R., & Pamula, R. (2020). Social Book Search: a survey. Artificial Intelligence Review, 53(1), 95–139. https://doi.org/10.1007/s10462-018-9647-x

Lee, S., & Son, Y. J. (2020). Extended decision field theory with social-learning for long-term decision-making processes in social networks. Information Sciences, 512, 1293–1307. https://doi.org/10.1016/j.ins.2019.10.025

Lujia, Y. (2023). The Development Characteristics of Modern Private Book Collection in Jiangsu and Its Social Direction. Library Journal, 42(8), 34–45. https://doi.org/10.13663/j.cnki.lj.2023.08.005

Namjoo, C., & Soohyung, J. (2015). BookLovers’ World: An Examination of Factors Affecting Continued Usage of Social Cataloging Sites. Journal of the Association for Information Science and Technology, 67(12), 3022–3035. https://doi.org/10.1002/asi

Sabri, N., Sadeghian, S., & Bahrak, B. (2020). A cross-country study on cultural similarities based on book preferences. Social Network Analysis and Mining, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.1007/s13278-020-00695-y

Salsabil, Z., & Arfa, M. (2019). Efektivitas Website femaledaily.com dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pengguna. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 199–210.

Sholihudin, N., Ulfa, N. S., & Setyabudi, D. (2015). Pengaruh Kelengkapan Informasi, Akurasi Informasi, Kepercayaan Streamer, dan Streamer Attractiveness terhadap Perceived Persuasiveness yang Dialami Penonton Shopee Live. Interaksi Online, 12(3), 1–13.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Wahyuningsih, S. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Audit Delay (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 1–12.

Windiani, N. A., Hasyim, A., & Hutari, N. A. (2024). Pergeseran Sumber Informasi dari Youtube ke TikTok pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 159–166. https://jurnal.unusultra.ac.id/index.php/jisdik

Diterbitkan
2025-03-14
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 21 times