Peluang dan Tantangan Pengintegrasian Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan Literasi Informasi

  • Ismaya Universitas Muhammadiyah Enrekang
    (ID)
  • Madinatul Munawwarah Ridwan Universitas Muhammadiyah Enrekang
    (ID)
  • Andi Ahmad Chabir Galib Universitas Muhammadiyah Enrekang
    (ID)
  • Syahdan Universitas Muhammadiyah Enrekang
    (ID)
Kata Kunci: kecerdasan buatan; literasi informasi; pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan literasi informasi, khususnya dalam memahami pengalaman dan pandangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Enrekang terhadap penerapan teknologi ini. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara dan analisis tematik dokumen. Proses analisis melibatkan identifikasi pola atau tema dalam teks melalui seleksi, pengkodean, dan interpretasi guna memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi AI dalam pendidikan literasi informasi berpotensi meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan kualitas pembelajaran. Mayoritas mahasiswa memberikan respons positif terhadap teknologi AI, dengan menyoroti manfaat seperti akses informasi yang lebih cepat dan relevan serta umpan balik yang dipersonalisasi. Hal ini menunjukkan bahwa AI dapat menjadi alat yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan mendorong inovasi dalam pembelajaran di masa depan. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam integrasi AI, seperti isu privasi data, keberlanjutan teknologi, dan kesenjangan sumber daya. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk menggali lebih dalam persepsi pemangku kepentingan lainnya serta mengeksplorasi penerapan AI dalam berbagai konteks pendidikan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Armanto, K. A. (2024). Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada Bimbingan Belajar (BIMBEL) Praja Edukasi Banda Aceh. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(2), 13-23.

Bruce, C. (2003). Information literacy as a catalyst for educational change: A background paper. In International information literacy conferences and meetings (pp. 1-17). NCLIS. gov.

Dralega, C.A. (2023). An agenda for developing critical literacies for journalism education in an era of datafication. Digitization, AI and Algorithms in African Journalism and Media Contexts: Practice, Policy and Critical Literacies, 155-160. https://doi.org/10.1108/978-1-80455-135-620231010

Farman, I. (2024). Analisis Penggunan Chatgpt Sebagai Asisten Virtual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6636-6639. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29138

Fatiman, A. I., & Lokawati, M. I. (2024, October). Pengembangan Literasi Media, Informasi, dan Komunikasi Teknologi dalam Paradigma Pendidikan Abad 21. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 45, pp. 129-136).

Gerhana, Y. A., Kurahman, O. T., Lukman, N., & Atmadja, A. R. (2020). Personalized Learning: Tantangan Pengembangan LMS di Era Pendidikan 4.0. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN SGD Bandung, 1-12.

Ghafara, S. T., Jalinus, N., Ambiyar, A., Waskito, W., & Rizal, F. (2023). Pembelajaran menggunakan TIK dapat meningkatkan literasi peserta didik generasi Z pada Kurikulum Merdeka. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 22(2), 241-251. https://doi.org/10.53513/jis.v22i2.8503

Gormally, C. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates' evaluation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education, 11(4), 364-377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026

Ilver, D.. (2018). A general reinforcement learning algorithm that masters chess, shogi, and Go through self-play. Science 362(6419):1140-1144. https://doi.org/10.1126/science.aar6404

Kakeshita, T. (2022). Development of IPSJ Data Science Curriculum Standard. IFIP Advances in Information and Communication Technology, 642, 156-167. https://doi.org/10.1007/978-3-030-97986-7_13

Kerr, P. (2016). Adaptive learning. ELT journal, 70(1), 88-93. https://doi.org/10.1093/elt/ccv055

Lien, D. A., Gunawan, A. W., Aruan, D. A., Kusuma, S., & Adriyanto, S. (2020). Literasi informasi: 7 langkah knowledge management. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 110-124. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.792

Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192-5201.

Mathar, T., Ismaya, I.. (2024). Overview of the Library Automation System in South Sulawesi Libraries. Information Technology and Libraries, 43(1). https://doi.org/10.5860/ital.v43i1.15853

Owoc, M. L., Sawicka, A., & Weichbroth, P. (2019). Artificial intelligence technologies in education: benefits, challenges and strategies of implementation. In IFIP International Workshop on Artificial Intelligence for Knowledge Management (pp. 37-58). Cham: Springer International Publishing.

Rahayu, S. (2023). The Impact of Artificial Intelligence on Education: Opportunities and Challenges. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2132-2140. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6110

Ridwan, M. M., Prasetyawati, R., & Rifqi, A. N. (2023). Peran Intervensi Pustakawan dalam Meningkatkan Literasi Informasi: Studi Kualitatif dalam Lingkungan Akademik di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. LibTech: Library and Information Science Journal, 4(2), 30-37.

Robinson, L. (2017). “The story of data”: A socio-technical approach to education for the data librarian role in the CityLIS library school at City, University of London. Library Management, 38(6), 312-322. https://doi.org/10.1108/LM-01-2017-0009

Saragih, MG, Saragih, L, Purba, JWP, Panjaitan, PD. (2021). Metode Penelitian: Dasar–Dasar Memulai Penelitian. Yayasan Kita Menulis.

Simonigar, J., Rotty, G. V., & Setijadi, N. N. (2023). Membangun Masyarakat 5.0 di Era Digital Melalui Pendidikan dan Komunikasi Berkelanjutan. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 4(3), 1665-1676. https://doi.org/10.36312/jcm.v4i3.2448

Taruklimbong, E. S. W., & Sihotang, H. (2023). Peluang dan tantangan penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26745-26757. https://jptam.org/index.php/jptam/index

Wang, X. (2023). Twenty Years of Left-Behind Children Education in Rural China: Based on Structural Topic Model. Journal of Library and Information Science in Agriculture, 35(9), 43-56. https://doi.org/10.13998/j.cnki.issn1002-1248.23-0691

Xu, M. (2022). The Teaching Mode of Martial Arts in Colleges and Universities Based on Artificial Intelligence Assistance. Mobile Information Systems. https://doi.org/10.1155/2022/6162784

Yang, Q.. (2019). Federated machine learning: Concept and applications. ACM Transactions on Intelligent Systems and Technology, 10(2). https://doi.org/10.1145/3298981

Diterbitkan
2025-03-13
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 45 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##