Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Upaya Komunikatif melalui Model Means-End Analysis Berbasis Pembelajaran Daring Siswa Kelas V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar
Abstrak
Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Means-End Analysis Berbasis Pembelajaran Daring Siswa Kelas V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Dibimbing oleh Nurhadifah Amaliyah dan R. Supardi.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model komunikasi pembelajaran Means-End Analysis dikelas V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penelitian tindakan kelas atau PTK yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus tiga kali pertemuan dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, Obsevasi, tes, Dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 26 Orang siswa.
Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa siklus I dan siklus II. Dari 26 jumlah siswa 15 siswa yang mencapai kategori tidak tuntas dengan presentase 58% siswa yang berada pada kategori tuntas 11 siswa dengan presentase 42%. Nilai rata-rata pada siklus I 63,33%. Pada siklus II terdapat 5 siswa yang mencapai kategori tidak tuntas dengan presentase 19% sedangkan 21 dengan presentase 81% siswa yang berada pada kategori tuntas dan nilai rata-rata pada siklus II 81,42%. Sehingga dapat dilihat hasil belajar siswa pada siklus I dan hasil belajar pada siklus II yang mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran Means-End Analysis dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Amaliyah, Nurhadifah. 2019. Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPS. Satya Widya, 35(2), 126-139.
Ahmad Susanto, M.Pd. 2016.Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.Penerbit Prenadamedia Group. Jakarta.
Aunurrahman, M.Pd. 2016.Belajar dan Pembelajaran.Penerbit Alfabeta, Bandung.
Aprida Pane. 2017. Belajar dan Pembelajaran. IAIN Padangsidimpuan
Andasia Malyana. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutandan Pengajaran Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial.Universitas Negeri Yogyakarta.Luring
Budi Wahyono. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Means - Ends Analysis (Mea) Pada Pembelajaran Matematika Materi Ajar Perbandingan. : Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Vol. 18, No. 2, April 2017. SMP Negeri 3 Tanjung Brebes.
Edy Surahman, Mukminan. 2017. Peran Guru IPS Sebagai Pendidikan
Andri Anugrahana. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. PGSD Universitas Sanata Dharma.
Ending Titik Lestari, M.Pd. 2020.Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Penerbit CV BUDI UTAMA. Yogyakarta.
Feida Noorlaila Isti Adah, M.Pd. 2020.Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan.
Karwono, M.Pd. dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. PT RajaGrafindo Persada, Depok.
Khalida Rozana Ulfa. 2016. Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar IPS. Universitas Negeri Malang.
Kuntanto, E. 2017.Pembelajaran Daring dan Interaksi pembelajaran dengan Batuan Internet.Volume 6, Nomor 02. P Universitas Jambi Kampus Pinang Masak Jl. Jambi
Hasibuan.dkk. 2019.Metode Belajar dan Pembelajaran Daring.Kota Bandar Lampung
Metta Ariyanto. 2016. Peningkatan Hasil Belajar. Univeraitas Kristen Satya Wacana
Moh Suardi. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta