KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Tinjauan Melalui Pengelolaan Kurikulum serta Tenaga Pendidik dan Kependidikan

  • Supriadi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Ramli Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhaemin Latif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Manajerial, Mutu Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan ditinjau dari pengelolaan kurikulum serta tenaga pendidik dan kependidikannya. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 1 Wonomulyo dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui berbagai teknik yang digunakan, seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan teknik pengujian keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah melalui kompetensi manajerialnya telah melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pengelolaan kurikulum serta pendidik dan tenaga kependidikan. Pengelolaan kurikulum dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Begitu pula dengan pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan dengan cukup baik melalui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Oleh karena itu, kepala SMA Negeri 1 Wonomulyo telah melakukan upaya perbaikan mutu sekolah untuk meningkatkan kembali akreditasi yang pernah “down” dari akreditasi A menjadi akreditasi B. Kepala sekolah dalam melakukan pengelolaan melibatkan berbagai pihak, seperti wakil kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik, serta stakeholders lainnya yang turut membantu upaya peningkatan mutu pendidikan.

Referensi

Adipratama, Z., Sumarsono, R. B., & Ulfatin, N. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu di Sekolah Alam Berciri Khas Islam. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 372–380. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p372

Amanah, I. M., Hermawan, A. H., & Hidayat, W. (2021). Manajemen Tenaga Pendidik dalam Meningkatkan ‎Kompetensi Profesional. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(1), 55–62. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6121

Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Manajemen Pendidikan, 14(1), 60–72. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8357

Febriyanti, E., Amri, M., Baharuddin, & Rahman, D. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2), 171–181. https://doi.org/10.24252/jme.v1i2.25908

Hanson. (1985). Educational Administration and Organizational Behavior. Boston: Allyn Bacon Inc.

Harahap, A. (2019). Manajemen Tenaga Pendidik di MTs.S Darul Falah Langgapayung Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jurnal Ecobisma, 6(1), 29–36.

Jatirahayu, W. (2013). Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 17(2), 46–53. https://doi.org/10.21831/jig%20cope.v0i0.3005

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157–182. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Kunandar. (2013). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Lubis, A. Y. (2015). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum pada SMA Negeri 1 Buengcala. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 3(1), 13–33.

Minarti, S. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahman, D., & Akbar, A. R. (2021). Problematika yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 1(1), 76–89. https://doi.org/10.24252/jme.v1i1.25242

Rois, M., Ifriqia, F., & Susanti, D. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Edudeena, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.30762/ed.v1i2.449

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutrisno, & Agustang, A. (2018). Peranan Pengawas Sekolah terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 17 Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 5(3), 100–105. http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2376

Syafaruddin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan: Konsep, Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Gramedi Widiasarana Indonesia.

Syahrul, S., & Yuniarni, Y. (2020). Pengelolaan Tenaga Pendidik pada Lembaga Pendidikan Nonformal Bidang Keagamaan Islam. Shautut Tarbiyah, 26(2), 316–340. https://doi.org/10.31332/str.v26i2.2162

Syamsudduha, S., Yunus, A. R., & Rahman, D. (2020). Tinjauan Riset Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar (Analisis Kecenderungan dan Bidang Kajian Penelitian Mahasiswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 273–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.17731

Terry, G. R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Winarti, E. (2018). Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Tarbiyatuna, 3(1), 1–26. https://core.ac.uk/download/pdf/231315803.pdf

Diterbitkan
2022-09-28
Bagian
Vol 2 No 1
Abstrak viewed = 202 times