KOMPETENSI GURU DALAM PENERAPAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA KURIKULUM 2013

  • Khusnul Khatimah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Azisah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Maulana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kompetensi guru dalam penerapan penguatan pendidikan karakter peserta didik pada kurikulum 2013 di SDN 043 Kebundalam Kecamatan Wonomulyo, Polman. Penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan pedagogik, sosiologis, dan psikologis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru di SDN 043 Kebundalam terdapat guru dengan kemampuan mengembangkan materi ajar yang masih kurang tetapi memiliki strategi penerapan pembelajaran yang mendidik sehingga menunjukkan bahwa guru memiliki kompetensi kepribadian karena mampu menjadi teladan yang baik bagi peserta didik. Karakter yang terbentuk pada peserta didik yaitu religius, disiplin, dan peduli sosial namun karakter disiplin yang masih perlu untuk ditinjau kembali dan dilakukan penguatan ulang. Faktor penghambat guru dalam menerapkan kurikulum 2013 adalah faktor kesiapan guru, dukungan dari sekolah, dan juga pemerintah. Dengan demikian, kepala Sekolah hendaknya mempertahankan kompetensi guru yang dimilikinya dan meningkatkan kompetensi yang masih belum maksimal. Guru lebih melakukan pembinaan pada nilai karakter disiplin peserta didik. Orang tua atau wali dari setiap peserta didik membina dan membiasakan peserta didik untuk selalu bersikap baik.

 

Referensi

Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 . Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arifin, M. (2003). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Azisah, S. (2014). Guru dan Pengembangan Kurikulum Berkarakter. Makassar: Alauddin University Press.

Bafadal, I. (2004). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, H. (2010). Kamus Ilmiah Populer Lengkap. Yogyakarta: Bintang Cemerlang.

Daryanto. (2012). Standar Kompetensi dan Penilaian Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Eka Sapti Cahyaningrum, S. N. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 203-213.

Hambali Alman Nasution, D. (2020). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: K-Media.

Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Grafindo.

Lestari, R. P. (2019). Skripsi Survey Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Linda Yulianti, N. M. (2021). Analisis Peran Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Pada Proses Belajar Dari Rumah Kelas V SD Negeri 19 Lubuklinggau. Bina Gogik, 99-109.

Narwanti, S. (2014). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Nurhayati, Y. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Tanggerang Selatan. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 165-180.

Permendikbud. (2017). No 87 Tahun 2017. Jakarta: Permendikbud.

Permendikbud. (2017). Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Sagala. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudarman. (2019). Pengembangan Kurikulum Kajian Teori dan Praktik. Samarinda: Mulawarman University Press.

Suseno, T. I.-T. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madarasah. Surabaya: Prenada Media.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Agama dengan Pendekatan Baru . Bandung: Rosdakarya.

Wibowo, C. H. (2015). Tesis Problematikan Profesi Guru dan Solusinya Bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs Negerti Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. Surakarta: Pascasarjana IAIN Surakarta.

Zaini, M. (2009). Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Teras.

Diterbitkan
2022-09-28
Bagian
Vol 2 No 1
Abstrak viewed = 165 times