PENGARUH KOMPETENSI DAN KINERJA PEGAWAI ADMINISTRASI TERHADAP MUTU LAYANAN ADMINISTRASI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap efektivitas manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 19 Bone dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 41 orang yakni kepala sekolah 1 orang, tenaga pendidik 22 orang, tenaga kependidikan lainnya 7 orang dan pengurus komite sekolah 11 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh karena jumlah populasi yang relatif kecil. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen angket dan dianalisis dengan menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian yang diperoleh di SMA Negeri 19 Bone menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap efektivitas manajemen berbasis sekolah sebesar 10,3% dengan koefisien regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 40.878 + 0,278X. Peran komite sekolah berpengaruh positif terhadap efektivitas manajemen berbasis sekolah sebesar 21,1% dengan koefisien regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 49,822 + 0,432. Kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah secara simultan terhadap efektivitas manajemen berbasis sekolah sebesar 23,6% dengan koefisien regresi Ŷ = 49,822 + 0,432X1 + 0,241X2. Oleh karena itu, kepemimpinan kepala sekolah dan peran komite sekolah merupakan dua aspek yang berkontribusi terhadap keberhasilan implementasi manajemen berbasis sekolah.
Referensi
Abu-Duhou, I. (2012). School Based Management (Manajemen Berbasis Sekolah). Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Baidan, N., & Aziz, E. (2014). Etika islam dalam Berbisnis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Engkoswara, & Komariah, A. (2012). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Febriyanti, E., Amri, M., Baharuddin, & Rahman, D. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2), 171–181. https://doi.org/10.24252/jme.v1i2.25908
Fikriadi, Rusdiawan, & Wilian, S. (2017). Kontribusi Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap terhadap Mutu Pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.29303/jipp.v2i1.38
Hermino, A. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Jayanti, R., Siraj, A., Achruh, A., & Rahman, D. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Kerja Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 34–45. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.25815
Mulyasa, E. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2020 tentang Komite Sekolah. https://bpm.unair.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/Permendikbud75-2016KomiteSekolah.pdf
Rohmah, N., & Fannani, Z. (2017). Pengantar Manajemen Pendidikan. Malang: Madani.
Seriyanti, N., Ahmad, S., & Destiniar. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 15–33. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3922
Siregar, G. G. S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peran Komite Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah di MAN Kota Medan. Jurnal EduTech, 6(2), 215–228. https://doi.org/10.30596%2Fedutech.v6i2.4928
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirno. (2016). Pedoman Kerja Komite Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Terry, G. R. (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyudin, Syamsudduha, S., & Qamar, S. (2022). Pelaksanaan Tugas Komite Madrasah dalam Mendukung Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. NAZZA : Journal of Management Education, 1(2), 112–122. https://doi.org/10.24252/jme.v1i2.27503
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).