PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL DAN KOMPETENSI PROFESIONAL PEGAWAI TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI

  • Sri Rahayu
    (ID)
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ermi Sola Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional, Pelayanan Administrasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi sosial dan kompetensi profesional pegawai terhadap pelayanan administrasi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 93 orang pegawai dengan teknik penentuan sampel menggunakan simple random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 20 orang pegawai pada bagian ketenagaan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur masing-masing variabel adalah kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa: kompetensi sosial pegawai berpengaruh secara positif terhadap pelayanan administrasi sebesar 22,6%; kompetensi profesional pegawai berpengaruh secara positif terhadap pelayanan administrasi sebesar 21,4%; dan kompetensi sosial dan kompetensi profesional pegawai secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap pelayanan administrasi sebesar 22,7%. Dengan demikian, seorang pegawai harus terus berupaya meningkatkan kompetensi sosial dan kompetensi profesionalnya agar mampu memacu mereka untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal. Seorang pegawai harus lebih meningkatkan kualitas kerja, kualitas personal pegawai, kuantitas kerja, kreativitas, pengetahuan kerja dan kemandirian.

Referensi

Abubakar, R. R. T. (2018). Pengaruh Kompetensi Pegawai Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Bandung. Jurnal Administrasi Negara, 24(1), 17–32. https://doi.org/10.33509/jan.v24i1.63

Baderan, U. S., & Ingo, Y. (2018). Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Administrasi di Kantor Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Ilmu Administrasi, 6(2), 127–134.

Baroroh, L. (2017). Pengaruh motivasi dan kompetensi profesional. Jurnal Magisma, 5(1), 38–46. https://doi.org/10.35829/magisma.v5i1.4

Er, L. V. M., & Rahman, D. (2019). Kinerja Pegawai (Analisis Komparatif Berdasarkan Gender) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone. Manajemen Pendidikan, 14(2), 137–143. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9165

Hermawan, A. (2015). Profesionalisme Pegawai Negeri Sipil Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Reformasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(1), 8–18. https://doi.org/10.33366/rfr.v7i1.684

Komara, E. (2019). Kompetensi Profesional Pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) di Indonesia. Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 73–84. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16971

Luh Aristarini, Kriya, I. K., & Yulianthini, N. N. (2014). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Sosial dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Pemasaran PT Adira Finance Singaraja. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, 2(3), 3–8.

Luhur, R. Y. (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerrja terrhadap Kinerja Karyawan pada Biro Pengawasan dan Pemeriksaan PT Bank Panin TBK. Operations Excellence: Journal of Applied Industrial Engineering, 6(3), 327–344.

Maulana, A. K., & Larasati, E. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Journal Of Public Policy And Management Review, 6(2), 1–6. https://doi.org/10.14710/jppmr.v6i2.16173

Mulyono. (2017). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurpatmawiti. (2020). Hubungan antara Kompetensi Profesional, Budaya Kerja dan Gaya Kepemimpinan dengan Mutu Pelayanan Publik di Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. Jurnal Syntax Transformation, 1(2), 53–65.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERQUAL: A Multiple-Item scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(January), 12–40. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00084-3

Prayogi, M. A., Lesmana, M. T., & Siregar, L. H. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 666–670. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.92

Republik Indonesia. (2012). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan. 1–56. https://www.unm.ac.id/files/surat/Permenpan-36-Th-2012.pdf

Rosdiana, Baharuddin, Syamsuddin, & Rahman, D. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Yayasan Yatim Mandiri Makassar. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2), 91–104. https://doi.org/10.24252/jme.v1i2.25908

Saleh, S. (2016). Pelayanan Administrasi Kepegawaian. Jurnal Elektika, 4(1), 3–19.

Santiasih, N. W. (2013). Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Camat Pupuan Kabupaten Tabanan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.

Saputri, R., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Departemen Production Di Pt Cladtek Bi-Metal Manufacturing Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(2), 307–316. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i2.1109

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Verayanti, P. D., Nuridja, M., & Indrayani, L. (2014). Pengaruh Kompetensi Sosial Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiskha, 4(1), 1–12.

Wahyudi, F. (2014). Peran Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Bagian Sosial Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Paradigma, 3(2), 186–197. https://doi.org/10.30872/jp.v3i2.389

Wathani, M. Z., & Kurniaasih, A. (2015). Konsep Service Excellence Perbankan Syariah Berdasarkan Al-Qur’an Concept Of Islamic Banking Service Excellence By The Qur’an. Jurnal Nisbah, 1(1), 1–22.

Wiharsetyanti, R., Nariyah, H., & Permana, I. (2013). Analisis Kompetensi Pegawai di Kelurahan Jagasatru Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Jurnal Ilmiah Publika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.33603/publika.v1i1.592

Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013

Diterbitkan
2022-09-28
Bagian
Vol 2 No 1
Abstrak viewed = 215 times