MANAJEMEN PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AL-FITYAN SCHOOL GOWA

  • Hamzah Patawari Abd Hamid Yayasan Pendidikan Ar-Rahman Ar-Rahim
    (ID)
  • Arifuddin Siraj Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Maulana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen Program, Program Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen program pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta faktor pendukung dan penghambatnya di SMA Islam Terpadu Al-Fityan School Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Sumber dada penelitian ini diperoleh langsung dari orang-orang uang terlibat dalam pelaksanaan manajemen program pembelajaran pada SMA Islam Terpadu Al-Fityan School Gowa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: manajemen pengembangan program pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Terpadu Al-Fityan School Gowa sesuai dengan fungsi manajemen, mulai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Hal ini terlihat mulai dari perencanaannya, yaitu menyusun program dan membuat perangkat pembelajaran. Pengorganisasiannya diserahkan langsung kepada guru PAI dan beberapa guru lain pada kegiatan kokurikuler. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dalam bentuk supervisi pembelajaran dan monitoring evaluasi (monev). Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan adalah SDM yang baik, pendanaan yang cukup, sinergitas orangtua dengan sekolah dan yayasan, dukungan dari pemerintah, fasilitas yang lengkap, pengalaman guru dalam membuat program, serta antusiasme peserta didik terhadap kegiatan sekolah. Adapun faktor penghambat pada saat perencanaan terkadang ada beberapa kegiatan yang tidak terbahas secara rinci. Implikasi dari penelitian ini diharapkan: kepada guru PAI agar program yang tidak terlaksana yang disebabkan adanya kegiatan insidentil untuk tetap dilaksanakan di waktu yang lain.

Referensi

Arikunto, S., & Jabbar, C. S. A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chomaidi, & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Hasibuan, M. (2021). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SD Negeri Bahal Padanglawas Utara. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(3), 95–107. https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12185

Hertanti, S., Nursetiawan, I., Garvera, R. R., & Nurwanda, A. (2019). Pelaksanaan Program Karang Taruna dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 305–315. https://doi.org/10.25147/moderat.v5i3.2713

Irwansyah. (2006). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung: Media Pratama.

Jalil, J. (2018). Pendidikan Karatker: Implementasi oleh Guru, Kurikulum, Pemerintah dan Sumber Daya Pendidikan. Sukabumi: Jejak.

Kulsum, U. (2019). Manajemen Pembelajaran PAI dalam Mewujudkan Budaya Religius (Studi di MAN 1 dan SMKN 1 Kota Metro). Disertasi: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, Sutiah, & Prabowo, S. L. (2009). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah. Jakarta: Kencana.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Mulyono, D. D. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surakarta. Tesis: Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Murtadlo, A. (2015). Manajemen Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Komparasi Manajemen Program Pembelajaran PAI antara SMA Islam Sudirman Ambarawa dan SMA Muhammadiyah Plus Salatiga). Tesis: Institut Agama Islam (IAIN) Salatiga.

Muslim, B. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Intrakurikuler, Kokurikuler dan Ekstrakurikuler di MI Pembangunan UIN Jakarta. Tesis: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Peraturan Presiden RI. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. https://setkab.go.id/inilah-materi-perpres-no-87-tahun-2017-tentang-penguatan-pendidikan-karakter/

Permendikbud. (2017). Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. 1–9.

Salim, A. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah (Sebuah Konsep dan Penerapannya). Tarbawi, 1(2), 1–16. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v1i02.1999

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Sulahudin, A., & Sasongko, R. N. (2019). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/mapen.v13i1.7245

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Tayibnapis, F. Y. (2000). Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Palembang: Grafika Telindo Press.

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winardi. (2016). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta.

Diterbitkan
2022-09-28
Bagian
Vol 2 No 1
Abstrak viewed = 129 times