PERSEPSI GURU TERHADAP KONDISI LINGKUNGAN KERJA PADA SMA NEGERI 20 BONE
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kondisi lingkungan kerja berdasarkan persepsi guru di SMA Negeri 20 Bone. Penelitian dilakukan dengan menggunakan field research melalui pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 28 orang guru yang diambil secara keseluruhan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang disebar kepada semua responden kemudian data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja berdasarkan persepsi guru di SMA Negeri 20 Bone sudah kondusif dengan tingkat persentase sebesar 90,25%. Tingginya tingkat persentase tersebut mengindikasikan bahwa lingkungan kerja yang dirasakan oleh guru sudah kondusif sehingga hal tersebut perlu dijaga dan dipertahankan agar tetap kondusif sehingga dapat merasakan kenyamanan dalam bekerja. Kondisi lingkungan kerja yang kondusif akan berdampak pada berbagai aspek, terutama terhadap sumber daya manusia yang bekerja di dalamnya, baik pada organisasi profit maupun organisasi nonprofit. Oleh karena itu, pengelola organisasi harus memberikan perhatian terhadap terciptanya lingkungan kerja yang kondusif agar orang-orang dapat merasa nyaman dan termotivasi dalam mengerjakan berbagai aktivitas sehingga mengarah pada pencapaian hasil atau tujuan yang optimal sesuai yang diharapkan.
Referensi
Akilah, F., & Rahman, D. (2020). Telaah Fungsional Konsepsi Insentif terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 187–196. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.998
Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.21831/economia.v9i2.1809
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asfiadi, Siraj, A., & Tahir, M. Y. (2019). Pengaruh Komunikasi dan Lingkungan Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 91–99. http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/8819
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019a). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019b). Hubungan antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Manajemen Pendidikan, 14(1), 60–72. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8357
Kusumastuti, I., Kurniawati, N., Loka Satria, D., & Wicaksono, D. (2019). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi oleh Kepuasan Kerja Karyawan pada SP Alumunium di Yogyakarta. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 3(1), 43–53. https://doi.org/10.31002/rn.v3i1.1540
Laoli, M. I. (2015). Analisis Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan serta Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli 2015), h. 20-21. In Tesis (Program Pascasarjana Universitas Terbuka). Program Pascasarjana Universitas Terbuka.
Manihuruk, C. P., & Tirtayasa, S. (2020). Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Semangat Kerja Pegawai. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 296–307.
Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Sari, F. M. (2013). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru di SD Negeri Kecamatan Gondang Mojokerto. DiE: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 9(2), 137–153. https://doi.org/10.30996/die.v9i2.213
Sunarsi, D. (2020). Panduan Meningkatkan Kinerja dan Kepuasan Guru. Banten: Desanta Muliavisitama.
Supardi. (2015). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Syamsudduha, S., Yunus, A. R., & Rahman, D. (2020). Tinjauan Riset Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Alauddin Makassar (Analisis Kecenderungan dan Bidang Kajian Penelitian Mahasiswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 273–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.17731
Tjibrata, F. R., Lumanaw, B., & Dotulang O.H, L. (2017). The Influence of Workload and Workplace of The Perfomance of An Employee of PT. Sabar Ganda Manado. Jurnal EMBA, 5 No.2(Juni), 1570–1580. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/F.R.Tjiabrat
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).