PROBLEMATIKA DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN
Abstrak
Pelaksanaan supervisi pendidikan merupakan salah satu hal yang penting. Pengawas diharapkan dapat memberikan dukungan dan solusi inovatif terhadap masalah pendidikan dan meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan pelaksanaan yang dihadapi oleh pengawas dan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan. Untuk mencapai tujuan tersebut, artikel ini merupakan study kepustakaan atau library research dan analisis yang digunakan yaitu analisis isi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui buku-buku, website dan artikel terkait problematika supervisi pendidikan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan supervisi pendidikan memiliki beberapa problematika baik dalam supervisi akademik maupun supervisi manajerial. Dalam supervisi akademik, problematika yang ditemui antara lain kurangnya supervisi yang dilakukan, keterbatasan waktu, kurangnya guru senior/sejawat, dan kurangnya dana. Untuk mengatasi problematika tersebut, dapat dilakukan upaya meningkatkan ketersediaan sumber daya, meningkatkan efektivitas supervisi, meningkatkan ketersediaan dana, dan meningkatkan partisipasi guru. Upaya mengatasi problematika supervisi pendidikan, yaitu meningkatkan efektivitas supervisi dengan perencanaan yang matang dan memprioritaskan aspek-aspek yang penting, serta melibatkan semua pihak yang terlibat dalam proses supervisi.
Referensi
Ali, J. H. (2019). Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru Mata Pelajaran pada SDN Roja 1 Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 50–56. https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.114
Aliyas, R., Ismail, M. I., & Maulana, A. (2019). Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Islamic Education Management, 5(1), 46–60.
Anis, H. (2021). Supervisi Manajerial dan Permasalahannya. https://hermananis.com/permasalahan-supervisi-pendidikan/
Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ekawaty, A. E., Khairuddin, & Ibrahim, S. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial oleh Pengawas Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 3 Percontohan Peasungan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 6(3), 183–191. https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/13137/10042
Halimatussa’diyyah, & Gumiandari, S. (2021). Analisis Problematika Pelaksanaan Supervisi Dalam Kegiatan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mii Purwawinangun Cirebon. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 5(1), 11–29. https://doi.org/10.24235/jiem.v5i1.8429
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research) : Kajian Filosofis, Teoretis dan Aplikatif. Malang: Literasi Nusantara.
Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mainuddin. (2021). Supervisi Pendidikan. Sukoharjo: Tahta Media Group.
Marmoah, S. (2018). Adsministrasi dan Supervisi Pendidikan: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Deepublish.
Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurastati. (2018). Kondisi Supervisi Pendidikan yang Seharusnya Terjadi. Journal of Materials Processing, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31227/osf.io/b2g4k
Nurmayuli. (2018). Realita, Problematika Dan Harapan Dalam Supervisi Pendidikan. Jurnal Artikel Sosial, 3(1), 59–85.
Permendiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.
Rahman, D., & Akbar, A. R. (2021). Problematika yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam sebagai Tantangan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 1(1), 76–89. https://doi.org/10.24252/jme.v1i1.25242
Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Rusiana, & Irwanto. (2019). Peranan Pengawas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas. Administraus: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 3(3), 27–56. https://doi.org/10.56662/administraus.v3i3.83
Shinta, D. A. (2015). Pelaksanaan Supervisi PAUD oleh Pengawas UPPD Kecamatan Tegal Barat di Taman Kanak-Kanak Little Star Tegal. In Under Graduates Thesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sulistyorini. (2021). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Riau: DOTPLUS Publisher.
Syahreza, K. (2010). Supervisi Akademik Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Sosiologi dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 4(1), 41–60. https://doi.org/10.21831/dimensia.v4i1.3427
Wardani, I. K., Ibrahim, M. M., Baharuddin, B., & Rahman, D. (2022). Supervisi Akademik dan Kompetensi Pedagogik Sebagai Determinan Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan, 17(1), 50–61. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16261
Zahro, A. M., Sobri, A. Y., & Nurabadi, A. (2018). Kepemimpinan Perubahan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 358–363. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p3358
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).