STRATEGI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NURUL IHSAN TOLITOLI

  • Nur Afni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Misykat Malik Ibrahim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardhiah Mardhiah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Manajemen Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan di SMP Nurul Ihsan Tolitoli.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui kepala sekolah, peserta didik, tenaga kependidikan, dan tenaga pendidik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan tahapan yang dikemukakan Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode pengabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi manajemen kepala sekolah meningkatkan jumlah peserta didik melalui penerimaan peserta didik baru dengan melakukan sosialisasi ke sekolah dasar, sosialisasi melalui media sosial, pemberian gratis baju batik, biaya pendidikan gratis, beasiswa program Indonesia pintar; 2) strategi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan melalui beberapa strategi,  yaitu supervisi administrasi tenaga kependidikan,  dan mengikuti pelatihan optimalisasi dan pemanfaatan chrome book; 3) strategi manajemen kepala sekolah meningkatkan tenaga pendidik dilakukan melalui supervisi administrasi, supervisi proses pembelajaran, pemanfaatan platform merdeka belajar, sosialisasi penyusunan  perencanaan berbasis data, MGMP (musyawarah guru mata pelajaran), pemanfaatan media pembelajaran, dan bimtek  implementasi kurikulum merdeka.  Dengan melakukan berbagai upaya tersebut, SMP Nurul Ihsan Toli-Toli dapat meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian memberikan kontribusi positif terhadap lembaga pendidikan, khususnya pada strategi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Referensi

Anggara, R., & Chotimah, U. (2012). Penerapan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PKn SMP Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, 5(2), 188–197. http://eprints.unsri.ac.id/1421/

Ayuningtyas, A. E., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p171-183

Djafri, N. (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi. Deepublish.

Fadlilah, A. N., & Masfiah, S. (2021). Implementasi Strategi Marketing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Tk Al Huda Kota Malang. Journal Evaluasi, 5(1), 148–165. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.575

Firmansyah, T., Mustiningsih, M., & Sunandar, A. (2020). Proses Manajemen Peserta Didik di SMA Binaan Universitas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1623–1629. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14179

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Khatimah, N. H., Kurniasi, A. Z., Rahman, D., & Nursita, L. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 3(1), 39–54. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nazzama/article/view/40058

Latifah, N. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 175–183. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307

Manueke, T., Rawis, J. A. ., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 70. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115416

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Muhajirin, M., Prihatin, T., & Yusuf, A. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik dan Partisipasi Guru pada MGMP Melalui Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMA/MA. Educational Management, 6(2), 170–177. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/22783

Nasmin, A. ur A., Arifin, N., & Rahman, D. (2023). Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Nazzama: Journal of Management Education, 3(1), 97–108. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/16261

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99

Pasaribu, V. L. D., & Prayoga, M. Y. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Baju Batik Hem Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Home Industri Batik Sahara Indah. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 77. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2461

Peraturan Pemerintah RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional.

Rosfiani, O., Hermawan, C. M., Abdullah, S., Zahraningtyas, F., & Fitriani, S. (2023). Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah dalam Lingkungan Kementerian Agama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1992–1999. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i9.456

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. Kanisius.

Suwardi, & Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. Gava media.

Utari, L., Kurniawan, & Fathurrochman, I. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 75–89.

Widiansyah, A. (2019). Pengendalian Mutu: Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Optimalisasi Fungsi Pengendalian Dalam Dunia Pendidikan. Cakrawala, Jurnal Humaniora, 19(1), 21–26.

Wolio, A., Saidah, U., & Rajab, L. (2022). Hubungan Implementasi Biaya Pendidikan Gratis dengan Minat Belajar Siswa. PEDAGOGIC: Indonesian Journal of Science Education and Technology, 1(1), 12–26. https://doi.org/10.54373/ijset.v1i1.58

Zulaikah, Nurwahidin, M., & Riswandi. (2022). In House Training (IHT) sebagai upaya peningkatan kinerja guru. Teknologi Pendidikan, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.24

Diterbitkan
2024-03-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 147 times