STRATEGI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NURUL IHSAN TOLITOLI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan di SMP Nurul Ihsan Tolitoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui kepala sekolah, peserta didik, tenaga kependidikan, dan tenaga pendidik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan tahapan yang dikemukakan Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode pengabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi manajemen kepala sekolah meningkatkan jumlah peserta didik melalui penerimaan peserta didik baru dengan melakukan sosialisasi ke sekolah dasar, sosialisasi melalui media sosial, pemberian gratis baju batik, biaya pendidikan gratis, beasiswa program Indonesia pintar; 2) strategi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan melalui beberapa strategi, yaitu supervisi administrasi tenaga kependidikan, dan mengikuti pelatihan optimalisasi dan pemanfaatan chrome book; 3) strategi manajemen kepala sekolah meningkatkan tenaga pendidik dilakukan melalui supervisi administrasi, supervisi proses pembelajaran, pemanfaatan platform merdeka belajar, sosialisasi penyusunan perencanaan berbasis data, MGMP (musyawarah guru mata pelajaran), pemanfaatan media pembelajaran, dan bimtek implementasi kurikulum merdeka. Dengan melakukan berbagai upaya tersebut, SMP Nurul Ihsan Toli-Toli dapat meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian memberikan kontribusi positif terhadap lembaga pendidikan, khususnya pada strategi manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Referensi
Anggara, R., & Chotimah, U. (2012). Penerapan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PKn SMP Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, 5(2), 188–197. http://eprints.unsri.ac.id/1421/
Ayuningtyas, A. E., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p171-183
Djafri, N. (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi. Deepublish.
Fadlilah, A. N., & Masfiah, S. (2021). Implementasi Strategi Marketing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Tk Al Huda Kota Malang. Journal Evaluasi, 5(1), 148–165. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.575
Firmansyah, T., Mustiningsih, M., & Sunandar, A. (2020). Proses Manajemen Peserta Didik di SMA Binaan Universitas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1623–1629. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14179
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Khatimah, N. H., Kurniasi, A. Z., Rahman, D., & Nursita, L. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 3(1), 39–54. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nazzama/article/view/40058
Latifah, N. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 175–183. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307
Manueke, T., Rawis, J. A. ., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 70. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115416
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Muhajirin, M., Prihatin, T., & Yusuf, A. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik dan Partisipasi Guru pada MGMP Melalui Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMA/MA. Educational Management, 6(2), 170–177. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/22783
Nasmin, A. ur A., Arifin, N., & Rahman, D. (2023). Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Nazzama: Journal of Management Education, 3(1), 97–108. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/16261
Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99
Pasaribu, V. L. D., & Prayoga, M. Y. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Baju Batik Hem Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Home Industri Batik Sahara Indah. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 77. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2461
Peraturan Pemerintah RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional.
Rosfiani, O., Hermawan, C. M., Abdullah, S., Zahraningtyas, F., & Fitriani, S. (2023). Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah dalam Lingkungan Kementerian Agama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1992–1999. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i9.456
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. Kanisius.
Suwardi, & Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. Gava media.
Utari, L., Kurniawan, & Fathurrochman, I. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 75–89.
Widiansyah, A. (2019). Pengendalian Mutu: Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Optimalisasi Fungsi Pengendalian Dalam Dunia Pendidikan. Cakrawala, Jurnal Humaniora, 19(1), 21–26.
Wolio, A., Saidah, U., & Rajab, L. (2022). Hubungan Implementasi Biaya Pendidikan Gratis dengan Minat Belajar Siswa. PEDAGOGIC: Indonesian Journal of Science Education and Technology, 1(1), 12–26. https://doi.org/10.54373/ijset.v1i1.58
Zulaikah, Nurwahidin, M., & Riswandi. (2022). In House Training (IHT) sebagai upaya peningkatan kinerja guru. Teknologi Pendidikan, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.24
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).