KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan mutu pendidikan pada SMP Islam Terpadu Al-Ashri Makassar. Jenis penelitian ini yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data primer dari penelitian ini berasal dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan informan yang tergabung di SMPIT Al-Ashri Makassar, seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tenaga pendidik dan kependidikan, komite sekolah, orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkan ke dalam unit-unit analisis, melakukan sintesa, menyusun ke dalam pola, dan membuat kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah perempuan di SMPIT Al-Ashri Makassar membuktikan efektivitas dalam mengatasi tantangan gender dengan pendekatan yang empatik dan kolaboratif, menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Pendekatan multidimensi yang melibatkan supervisi akademik, pelatihan, serta keterlibatan aktif orang tua dan komite sekolah, berhasil meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan.
Referensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Achmad, S. (2019). Membangun Pendidikan Berwawasan Gender. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 14(1), 70–91. https://doi.org/10.24090/yinyang.v14i1.2843
Afandi, R., Mardliyah, L., & Sugiarti, I. (2023). Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan di Sekolah Berbasis Islam. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 228–241. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.377
Afriani, Malik, I., & Madani, M. (2021). Kepemimpinan Perempuan dalam Jabatan Publik (Studi Kasus pada Kantor Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan). Universitas Muhammadiyah Makassar, 2(6), 2153–2166. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/article/view/6398/4489
Al-Sheikh, A. bin M. bin A. bin I. (2004). Lubaabut Tafsir min Ibnu Katsiir (Tafsir Ibnu Katsir) (M. A. Ghoffar, A. Mu’thi, & A. I. Al-Atsari (trans.)). Bogor: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Alwaris, S. A. A. P., Misbahuddin, & Suhufi, M. (2024). Komparasi Peranan Perempuan Lingkup Domestik dan Publik. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(1), 84–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.10493147
Andriani, T. (2019). Peran Kepala Sekolah Perempuan dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Pekanbaru. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 15–28. https://doi.org/10.24014/potensia.v5i1.6021
Da Meisa, E. A., & Anzari, P. P. (2021). Perspektif Feminisme dalam Kepemimpinan Perempuan di Indonesia. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(6), 711–719. https://doi.org/10.17977/um063v1i6p711-719
Enardi, Nirzalin, & Fauzi. (2023). Kepemimpinan Perempuan dalam Jabatan Publik Perguruan Tinggi Keagamaan. Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 11(1), 65–82. https://journal.lsamaaceh.com/index.php/kalam/article/view/178
Fitriani, A. (2015). Gaya Kepemimpinan Perempuan. Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 11(2), 1–24. https://doi.org/10.24042/tps.v11i2.845
Halilah. (2015). Kepemimpinan Wanita dalam Manajemen Kependidikan. Jurnal: Management of Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.18592/moe.v1i1.341
Hida, Z. N., Anjarwati, A. N., Anzani, F. N., & Jannah, H. S. (2020). Kepemimpinan Perempuan dalam Islam. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 5(2), 92–113. https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3766.
Hikmawati, N., & Salsabila, E. Z. (2024). Peran Perempuan dalam Membangun Pemerintahan Desa Ciseeng. Jurnal Relasi Publik, 4(1), 166–175. https://doi.org/10.59581/jrp-widyakarya.v2i1.2157
Kementerian Agama RI. (2013). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: Mikhraj Khazanah Ilmu.
Khaidir, E. (2010). Pendidikan Islam dan Peningkatan Sumber Daya Perempuan. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 9(1). https://doi.org/10.24014/marwah.v9i1.473
Khomeini, A. (2004). Kedudukan Wanita. Jakarta: Pustaka Lentera.
Manembu, A. E. (2017). Peranan Perempuan dalam Pembangunan Masyarakat Desa (Suatu Studi di Desa Maumbi Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara). POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 7(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/politico/article/view/16329
Sahban, H. (2016). Peran Kepemimpinan Perempuan dalam Pengambilan Keputusan di Indonesia. Jurnal Imiah BONGAYA (Manajemen & Akuntansi, 1(1), 56–71. https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/JIB/article/view/8
Silmana, I. B., & Karwanto. (2021). Profesionalisme Kepala Sekolah Perempuan dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 37–49. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38357
Sulistyowati, Y. (2021). Kesetaraan Gender dalam Lingkup Pendidikan dan Tata Sosial. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317
Sutapa, M. (2007). Buku Pegangan Kuliah Komunikasi Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY.
Wulandari, Y., Dwi Sartika, E., & Perawati. (2018). Strategi Kepala Sekolah Perempuan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 126–136. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1584
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).