PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kepemimpinan terhadap pelayanan ASN pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Pendekatan keilmuan yang digunakan adalah pendekatan manajerial dan sosiologis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai ASN yang berjumlah 66 orang pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Mamuju. Teknik penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling melalui sampel jenuh sehingga jumlah responden sebanyak 66 orang pegawai ASN. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar angket kepada responden dan data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Mamuju membuktikan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif terhadap pelayanan aparatur sipil negara. Hal tersebut membuktikan bahwa jika variabel kepemimpinan diterapkan secara efektif, kualitas pelayanan pegawai aparatur sipil negara terhadap masyarakat akan meningkat pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Mamuju. Oleh karena itu, pemimpin harus dapat menerapkan kepemimpinannya secara efektif agar suasan kerja dapat mendukung pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Referensi
Akilah, F., & Rahman, D. (2020). Telaah Fungsional Konsepsi Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 187–196. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.998
Anggraini, Y. W., Nugroho, P. J., & Berliani, T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Equity in Education Journal (EEJ), 3(2), 60–66. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2700
Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.
Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1991). Marketing Services: Competing Through Quality. University of California: Free Press.
Irawan, H. (2004). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: New Ratna Motor Elex Media Komputindo.
Kartono, K. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu? Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Kholipatun, & Rodiyah, I. (2014). Kualitas Pelayanan Administrasi Pendidikan di UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. JKMP: Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 103–120. https://doi.org/10.21070/jkmp.v2i2.437
Mardesah, M., & Zainal, R. I. (2021). Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan. Mbia: Journal Management, Business, and Accounting, 20(2), 123–140. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i2.1408
Merdekawati, I., & Kartikowati, S. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Iklim Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi. JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 6(2), 211–210. https://doi.org/10.31258/jmp.6.2.p.211-220
Nahrun, Mas’ud, M., & Sufri, M. (2024). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang. Journal of Management Science (JMS), 5(2), 73–91. https://doi.org/10.52103/jms.v5i2.281
Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2021). Pengaruh Penerapan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Karo. Jurnal Ilmiah Metadata, 3(1), 308–320. https://doi.org/10.1010/metadata.v3il
Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik: Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Permana, M. V. (2013). Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 115–131. 10.15294/jdm.v4i2.2756
Saebani, B. A. (2017). Pedoman Aplikatif Metode Penelitian dalam Penyusunan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan Disesrtasi. Bandung: Pustaka Setia.
Subardjono. (2017). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Nasional (Disdiknas) dan Kebudayaan Kabupaten Oku Timur. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.47232/aktual.v15i1.8
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, Rama, B., Baharuddin, Achruh, A., & Rahman, D. (2022). The Effect of Madrasah Principal Leadership and Compensation on Teacher Job Satisfaction. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 93–103. https://doi.org/10.21580/nw.2022.16.1.13694
Van Mok Er, L., & Rahman, D. (2019). Kinerja Pegawai (Analisis Komparatif Berdasarkan Gender) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone. Manajemen Pendidikan, 14(2), 137–143. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9165
Widiastuti, I. (2017). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kota Bandung. Jurnal Ilmiah WIDYA, 4(2), 281–286. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_944650207179.pdf
Wijaya, A. F., Prastyari, C. A., & Armanu, A. (2019). The Influence of Leadership Style on Service Quality in Higher Education: A Study at a Social Science Faculty. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(3), 426–433. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.03.06
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).