PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP PELAYANAN APARATUR SIPIL NEGARA

  • Kudrawaty Basri Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mamuju
    (ID)
  • Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syamsuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kepemimpinan, Pelayanan ASN, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kepemimpinan terhadap pelayanan ASN pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Pendekatan keilmuan yang digunakan adalah pendekatan manajerial dan sosiologis. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai ASN yang berjumlah 66 orang pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Mamuju. Teknik penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling melalui sampel jenuh sehingga jumlah responden sebanyak 66 orang pegawai ASN. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar angket kepada responden dan data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Mamuju membuktikan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif terhadap pelayanan aparatur sipil negara. Hal tersebut membuktikan bahwa jika variabel kepemimpinan diterapkan secara efektif, kualitas pelayanan pegawai aparatur sipil negara terhadap masyarakat akan meningkat pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Mamuju. Oleh karena itu, pemimpin harus dapat menerapkan kepemimpinannya secara efektif agar suasan kerja dapat mendukung pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Referensi

Akilah, F., & Rahman, D. (2020). Telaah Fungsional Konsepsi Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 187–196. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.998

Anggraini, Y. W., Nugroho, P. J., & Berliani, T. (2021). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Equity in Education Journal (EEJ), 3(2), 60–66. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2700

Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.

Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1991). Marketing Services: Competing Through Quality. University of California: Free Press.

Irawan, H. (2004). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: New Ratna Motor Elex Media Komputindo.

Kartono, K. (2013). Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu? Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kholipatun, & Rodiyah, I. (2014). Kualitas Pelayanan Administrasi Pendidikan di UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo. JKMP: Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 103–120. https://doi.org/10.21070/jkmp.v2i2.437

Mardesah, M., & Zainal, R. I. (2021). Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan. Mbia: Journal Management, Business, and Accounting, 20(2), 123–140. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i2.1408

Merdekawati, I., & Kartikowati, S. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Iklim Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi. JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 6(2), 211–210. https://doi.org/10.31258/jmp.6.2.p.211-220

Nahrun, Mas’ud, M., & Sufri, M. (2024). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang. Journal of Management Science (JMS), 5(2), 73–91. https://doi.org/10.52103/jms.v5i2.281

Nasution, L., & Ichsan, R. N. (2021). Pengaruh Penerapan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Karo. Jurnal Ilmiah Metadata, 3(1), 308–320. https://doi.org/10.1010/metadata.v3il

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik: Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Surabaya: Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Permana, M. V. (2013). Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Kualitas Produk dan Kualitas Layanan. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 115–131. 10.15294/jdm.v4i2.2756

Saebani, B. A. (2017). Pedoman Aplikatif Metode Penelitian dalam Penyusunan Karya Ilmiah, Skripsi, Tesis, dan Disesrtasi. Bandung: Pustaka Setia.

Subardjono. (2017). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada Dinas Pendidikan Nasional (Disdiknas) dan Kebudayaan Kabupaten Oku Timur. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.47232/aktual.v15i1.8

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, Rama, B., Baharuddin, Achruh, A., & Rahman, D. (2022). The Effect of Madrasah Principal Leadership and Compensation on Teacher Job Satisfaction. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 93–103. https://doi.org/10.21580/nw.2022.16.1.13694

Van Mok Er, L., & Rahman, D. (2019). Kinerja Pegawai (Analisis Komparatif Berdasarkan Gender) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone. Manajemen Pendidikan, 14(2), 137–143. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9165

Widiastuti, I. (2017). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kota Bandung. Jurnal Ilmiah WIDYA, 4(2), 281–286. http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_944650207179.pdf

Wijaya, A. F., Prastyari, C. A., & Armanu, A. (2019). The Influence of Leadership Style on Service Quality in Higher Education: A Study at a Social Science Faculty. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(3), 426–433. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.03.06

Diterbitkan
2024-09-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 59 times