STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DI MI TARBIYAH TAKALAR
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Takalar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan manajemen. Data diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Beberapa informan yang menjadi sumber data penelitian ini adalah data kepala madrasah, pengawas, dan guru Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Takalar. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru dilakukan melalui strategi transformasional dan strategi fasilitatif. Beberapa bentuk pengembangan kompetensi guru yang dilakukan kepala Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyah Takalar, yaitu: 1) menginspirasi dan memotivasi guru untuk terus mengembangkan kompetensinya melalui kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG); 2) memfasilitasi guru dengan membantu untuk mengembangkan kemampuan diri setiap guru dengan mengadakan pelatihan workshop yang menunjang kompetensi pedagogik; 3) mengevalusi dan mensupervisi guru dengan melakukan penilaian kinerja guru (PKG) untuk melihat guru mengajar dengan baik dan profesional. Penelitian ini mengimplikasikan pentingnya melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kompetensi guru, seperti workshop yang lebih intensif untuk guru, dan memfasilitasi guru agar dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, karena dengan guru yang profesional akan melahirkan peserta didik yang berkualitas.
Referensi
Ahmad, M. Y., Arisanti, D., & Nasution, R. (2017). Strategi Kepala Madrasah dalam Mewujudkan Madrasah Unggulan di MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 136–159. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1026
Alviana, F. L., Romawanti, I., Zahro, A., & Anggraini, A. E. (2023). Peran Peran Penilaian Kinerja Guru: Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogig Guru MI Perwanida. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(1), 85–94. https://doi.org/10.30957/cendekia.v17i1.805.Peran
Anam, N., & Malikkhah, Z. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Mu’allim, 2(2), 242–259. https://doi.org/10.35891/muallim.v2i2.2263
Assingkily, M. S., & Mesiono, M. (2019). Karakteristik Kepemimpinan Transformasional di Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Relevansinya dengan Visi Pendidikan Abad 21. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 147–168. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-09
Dhita, D. R. T. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Proses Pembelajaran di SDN 55 Seluma.
Hadi, M. (2014). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada MIN Buengcala Kecamatan Kuta Baro Kab. Aceh Besar.
Itje, T. (2023). Dampak Implementasi Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Terhadap Kualitas Pembelajaran. Matheteuo: Religious Studies, 3(1), 26–42. https://doi.org/10.52960/m.v3i1.165
Jasiah. (2018). Penerapan Strategi Think Talk Write (TTW) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Kota Palangkaraya. IAIN Palangkaraya.
Kadir, A., Fauzi, A., Yulianto, E., Baehaqi, Kurnianto, R., Rosmiati, & Nu’man, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Kurniawan, A. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Sultan Agung Cirebon. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.8323
Mahmud, C. (2010). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Malikkhah, Z., & Anam, N. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 242–259. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/download/2263/1658/
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). United States, America: SAGE Publications, Inc.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 ttentang Guru dan Dosen.
Sofiah, S. (2023). Strategi Kepala Madrasah dalam Mencapai Kompetensi Pedagogik Guru di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Tangsil Kulon Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.
Suheriyantini, Al Idrus, A., Asrin, Fahruddin, & Hakim, M. (2023). Pengelolaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Memperbaiki Kompetensi dan Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) Kabupaten Lombok Barat. (JPAP) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan), 7(1), 22–30. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i1.507
Susanto, E., & Mustafida. (2024). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru di SMK AL-Huda Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Unisan Jurnal, 3(5), 376–385. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2571
Susiloningsih, M. M. (2023). Strategi Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa di MTs Negeri 1 Karanganyar. Academy of Education Journal, 14(2), 186–211. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1218
Sutikno, A. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 4(2), 45–57. https://doi.org/10.32729/edukasi.v4i2.177
Tatang S. (2016). Supervisi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Wahyudi, Y., & Julaiha, S. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 6 Samarinda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 74–86. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2046
Wardani, I. K., Ibrahim, M. M., Baharuddin, B., & Rahman, D. (2022). Supervisi Akademik dan Kompetensi Pedagogik Sebagai Determinan Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan, 17(1), 50–61. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16261
Wijayanti, R. A. (2018). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Melalui KKG (Kelompok Kerja Guru) di SDN 02 Genengan. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).