PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN GURU

  • Herlinah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Erwin Hafid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen Berbasis Madrasah, Manajemen Madrasah, Kesejahteraan Guru

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan manajemen berbasis madrasah dalam mewujudkan kesejahteraan guru di MTs Pesantren Tarbiyah Palleko Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara dengan kepala madrasah, bendahara, dan guru Madrasah Tsanawiyah Pesantren Tarbiyah Palleko. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) di MTs Pesantren Tarbiyah Takalar dilakukan secara kolaboratif dengan fokus pada penyusunan RKAM untuk memastikan alokasi sumber daya yang tepat demi kesejahteraan guru. Pelaksanaan MBM yang transparan dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan telah meningkatkan kesejahteraan guru dan kualitas pendidikan. Pengawasan yang berkelanjutan melalui monitoring dan evaluasi memastikan bahwa program yang direncanakan berjalan sesuai tujuan, menjaga akuntabilitas, dan mendukung kesejahteraan guru.

Referensi

Ardiansyah, D., Mujakir, & Fathan, A. R. (2018). Manajemen Berbasis sekolah: Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud.

Arifin, I. S., Bisri, H., & Ichsan, M. (2016). Model Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah Menengah Kejuruan (Model Management Based School In Improving The Quality of Vocational High Schools). Ta’dibi, 5(2), 98–116. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i2.325

Arifin, M. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Kualitas Guru di SD IT Al-Hamidiyah Kota Depok [UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/63089

Aulia, N. R., Shodiqoh, E. L., & Cahyaningrum, S. P. (2023). Analisis Kebijakan Kesejahteraan Guru terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan. BASA Journal of Language & Literature, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.33474/basa.v3i1.19706

Azizah, N., Simanjuntak, S. K., & Neliwati. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Kutacane. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(2), 506–514. https://doi.org/10.47476/manageria.v3i2.3179

Damayanti, S. I. (2017). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru di SD Muhammadiyah Terpadu (SDMT) Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017. 1–80.

Hasanah, S. N., & Zainuddin, A. (2024). Pengaruh Kesejahteraan Guru Terhadap Kinerja Guru SD Muhammadiyah PK Kottabarat dan SD Muhammadiyah 10 Tipes. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 902–908. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.992

Kasmawati. (2019). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Lembaga Pendidikan Islam. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 138–147. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.9073

Meilani, H., Lubis, M. J., & Darwin, D. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4374–4381. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2840

Meriza, I. (2018). Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 37–46. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/113

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). United States, America: SAGE Publications, Inc.

Prawasto, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Pennelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahman, A. (2021). Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 12(2), 50–65. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/7293

Riski, A. (2019). Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di Indonesia. INA-Rxiv Papers, 1–8. https://doi.org/10.31227/osf.io/2pcs4

Sa’adah, L. R., & Budi, M. H. S. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SD Plus Al Hikmah Kediri. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 100–117. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/341

Setyaningsih, R., Suci, A. N., & Puspasari, F. A. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Di Smp Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru). Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3363

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, D. R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 51–56.

Tadjudin. (2013). Pengawasan dalam Manajemen Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 195–204. https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.195-204

Tagela, U., Sanoto, H., & Paseleng, M. C. (2023). Korelasi Pengalaman Kerja, Kesejahteraan Dengan Motivasi Kerja Guru-Guru SMA Swasta. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 188–194. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p188-194

Triwiyanto, T. (2013). Pemetaan Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Melalui Audit Manajemen Pendidikan. Manajemen Pendidikan, 24(2), 125–134. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-234-43.pdf

Ulfa, M. (2020). Akuntabilitas dan Transparansi Manajemen Keuangan dalam Mensejahterakan Guru dan Anak Didik di TK Alfadlillah Maguwoharjo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 27–32. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.29110

Usman, A. S. (2014). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(1), 13–31. https://doi.org/10.22373/jid.v15i1.554

Veirissa, A. H. (2021). Kualitas guru di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4, 267–272. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/861

Wachidah, R. A. (2019). Pengaruh Kesejahteraan Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Smp Negeri se-Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo [Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/16148/

Wahyuningtyas, P. (2021). Optimalisasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia pada MTs Negeri 1 Ponorogo. Excelencia: Journal of Islamic Education & Management, 1(2), 15–30. https://doi.org/10.21154/excelencia.v1i02.208

Yusuf, F. M., Ali, Y., & Bouti, S. P. (2021). Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Ombulo Tango Kecamatan Tolangohula. JSAP : Journal Syariah and Accounting Public, 4(2), 77. https://doi.org/10.31314/jsap.4.2.77-88.2021

Diterbitkan
2024-09-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 142 times