PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PEMANFAATAN SARANA MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN

  • Musdalipa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Umar Sulaiman Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Yuspiani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kompetensi Profesional, Media Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi profesional guru dan pemanfaatan sarana media pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran di SMA Swasta Guppi Samata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik di SMAS Guppi Samata yang berjumlah 42 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan angket. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan berganda melalui bantuan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa kompetensi profesional guru dan pemanfaatan media pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas pembelajaran di SMAS Guppi Samata. Guru yang memiliki kompetensi profesional dapat memanfaatkan media pembelajaran secara kreatif untuk meningkatkan pemahaman, keterlibatan, serta keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik. Oleh karena itu, kompetensi profesional dan pemanfaatan media pembelajaran dapat membantu guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih bermakna, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Referensi

Annisa, N., Akrim, & Manurung, A. A. (2020). Development of Teacher’s Professional Competency in Realizing Quality of Human Resources in the Basic School. IJEMS : Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 91–95. https://www.academia.edu/download/91602893/4590-11757-2-PB.pdf

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, S. N., & Sri, M. A. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa. Oikos: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan IImu Ekonomi, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.23969/oikos.v5i1.3037

Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12

Hadziq, A. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management) dalam Mewujudkan Sekolah Efektif (Studi Kasus di MTs Nu Sabilul Muttaqin Jepang Mejobo Kudus). Quality, 4(2), 351–371. https://doi.org/10.21043/quality.v4i2.2176

Hasanah, N. (2015). Dampak Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Kota Salatiga. Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 445–466. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.445-466

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Jaya, H. N. (2017). Keterampilan Dasar Guru untuk Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. Didaktis: Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23–35.

Jaya, H. N., & Ekawati, T. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran di MTs Aulia Cendekia Palembang [Palembang: UIN Raden Fatah Palembang]. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1555/1275

Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628

Mandalika, & Syahril. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 85–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.725

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhidayati, V. N., Ramadani, F., Melisa, F., & Putri, D. A. E. (2023). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI. Jurnal Binagogik, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.428

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 163–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693

Rachmat, L., & Winata, H. (2019). Kompetensi Profesional Guru dan Media Pembelajaran Powerpoint sebagai Upaya untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 38. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14953

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Yayasan Peduli Anak Negeri.

Said, S. (2023). Peran Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan & Ekonomi, 6(2), 194–202. https://doi.org/10.33627/pk.62.1300

Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 105–113. https://doi.org/10.36709/jpm.v1i2.1946

Saputra, P. W., & Gunawan, I. G. D. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital dalam UpayaMeningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Masa Covid-19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL IAIN Tampung Penyang Palang Karaya, 3, 86–95. https://prosiding.iahntp.ac.id

Sirait, J. E. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. Diegesis: Jurnal Teologi, 6(1), 49–69. https://doi.org/10.46933/dgs.vol6i149-69

Susanto, H. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197–212. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028

Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). Memahami Media untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and Technology, 4(2), 111–123. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2907

Van Mok Er, L., & Rahman, D. (2019). Kinerja Pegawai (Analisis Komparatif Berdasarkan Gender) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone. Manajemen Pendidikan, 14(2), 137–143. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9165

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yunica, Y. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru dan Sarana Media Pembelajaran terhadap Efektivitas Pembelajaran (Studi Penggunaan Sarana Media Pembelajaran Berbasis Komputer di SMP Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat). Bandung: Universitas Pasundan.

Diterbitkan
2024-09-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 81 times