STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN ANIMO PESERTA DIDIK MTS MUHAMMADIYAH BONTORITA
Abstrak
Penelitian ini mengkaji strategi kepala madrasah di MTs Muhammadiyah Bontorita Kabupaten Takalar dalam upaya meningkatkan animo peserta didik baru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui penggunaan teknik observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini, meliputi kepala madrasah, guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. triangulasi teknik dan sumber digunakan untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dimulai dari analisis internal dan eksternal, sosialisasi, kerja sama dengan instansi, serta promosi melalui media sosial, dengan pendekatan analisis SWOT. Dalam pelaksanaannya, strategi ini melibatkan seluruh komponen madrasah dan difokuskan pada sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah, peningkatan kualitas pendidikan, serta peningkatan citra madrasah melalui kegiatan-kegiatan yang menarik bagi calon peserta didik. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan jumlah pendaftar setiap tahun, meskipun terdapat tantangan yang perlu diatasi, seperti kompetensi sumber daya manusia dan persepsi masyarakat. Penelitian ini menekankan pentingnya pengembangan promosi yang lebih terfokus serta penguatan kerja sama dengan pihak eksternal untuk meningkatkan efektivitas promosi dan memperkuat citra madrasah di masyarakat.
Referensi
Ali Imron. (2016). Manajemen Peserta didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.
Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.7
Fauzi, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 42–53. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v2i2.31
Habibah, A., & Hidayati, D. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Siswa Baru di SMA Swasta. Academy of Education Journal, 14(1), 107–123. https://doi.org/10.47200/aoej.v14i1.1298
Irawan, M. N. L., Yasir, A., Anita, & Hasan, S. (2022). Strategi Lembaga Pendidikan Islam dalam Menjawab Tantangan Pendidikan Kontemporer. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4273–4280. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8887
Kamal, S. I. M., Qamar, S., & Chaerat, M. (2022). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Animo Masyarakat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Soppeng. Jurnal Manajemen Stratejik Dan Simulasi Bisnis, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.25077/mssb.3.2.21-30.2022
Kurniadin, D. (2016). Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengolahan Pendidikan. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Kusnandi. (2019). Mengaktualisasikan Perencanaan Pendidikan di Era Digital. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.25157/wa.v6i1.2023
Ma’sum, T., Inam, A., & Alpianingsih, D. P. (2023). Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 3(2), 35–52. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/jiem/article/view/426/451
Masruroh, D. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membentuk Karakter Siswa. Global Education Journal, 1(2), 134–145. https://doi.org/10.59525/gej.v1i2.290
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). United States, America: SAGE Publications, Inc.
Muhaimin, Sutiah, & Prabowo, S. L. (2012). Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah. Jakarta: Kencana.
Nurhayati, & Afrizawati. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam pada Prodi PBA Institut Agama Islam Abdullah Said Batam. Jurnal Mumtaz, 3(1), 1–10. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/mumtaz/article/view/90
Qarlina, C. D., Purwanto, & Fitri Wulandari. (2023). Pengaruh Media Sosial Sebagai Alat Promosi terhadap Minat Peserta Didik di SMA Batik Surakarta. Technomedia Journal, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1sp.2054
Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Rahmanto, W., & Darmadji, A. (2018). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatakan Penerimaan Peserta Didik Baru di MIN Melikan Rongkop Gunung Kidul Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Universitas Islam Indonesia, 1–21. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10657
Sagala, S. (2016). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education (Manajemen Mutu Pendidikan). Yogyakarta: IRCisoD.
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta : Prenadamedia Group.
Susilo, M. J. (2022). Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Animo Siswa dan Awareness Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(1), 1–6. http://jurnal.pendidikandd.org/index.php/JPD/article/view/278%0A
Turmudzi, I. (2017). Strategi Pemasaran di Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MTs Ihsanniat Jombang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 2(2), 188–196. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/358
Walker, B. (2000). Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.
Yusuf, M., & Maula, F. N. (2023). Strategi Promosi Madrasah di Media Sosial dalam Menarik Animo Peserta Didik Baru. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 180–191. https://doi.org/10.37348/aksi.v1i3.254
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).