PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kepustakaan (library research) yang bersifat literatur. Pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran berbagai sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian yang berasal dari buku dan jurnal ilmiah. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif yang meliputi mengidentifikasi topik dan fokus penelitian, pengumpulan literatur dan sumber terkait, mengelompokkan informasi berdasarkan tema atau konsep, menyajikan data secara sistematis, pemahaman konteks, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa supervisi akademik memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui bimbingan yang konstruktif, evaluasi yang sistematis, serta umpan balik yang positif. Supervisi ini tidak hanya berfokus pada peningkatan kinerja guru, tetapi juga mendorong inovasi dan kolaborasi, sehingga meningkatkan pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna. Selain itu, prinsip-prinsip seperti hubungan harmonis, keberlanjutan, dan pendekatan demokratis menjadi elemen kunci dalam implementasinya. Penerapan supervisi akademik yang efektif berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran pada peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berbasis supervisi akademik untuk memaksimalkan dampaknya terhadap mutu pendidikan.
Referensi
Abbas. (2018). Implementasi Teknik Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(1), 15–30. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.173
Amanda, Wulandari, F., Mariana, & Subandi. (2024). Implementasi Prinsip Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru. IJRC : Indonesian Journal Religious Center, 2(3), 31–35. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJRC/article/view/624
Andayani, N. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Bimbingan Berkelanjutan dan Supervisi Akademik di SMKN 2 Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 11(2), 98–115. https://doi.org/10.26877/jmp.v11i2.13935
Cay, S. (2023). Lingkungan Organisasi. Bandung: Widiana Bhakti Persada.
Dacholfany, M. I., Ningsih, N. S., & Aminin, S. (2020). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA dan SMK Se-Kecamatan Abung Semuli Lampung Indonesia Nining. El-Ghiroh, 18(2), 179–193. https://doi.org/10.37092/el-ghiroh.v18i2.243
Fajarwati, F., & Arsyadana, A. (2024). Konsep Teoritik Supervisi Pendidikan dan Implementasi di SMAN 1 Plosiklaten. Sindoeo Cendekia Pendidikan, 10(3), 1–14. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Fauzan, R. H., & Subandi. (2024). Langkah-Langkah Pelaksanaan Supervisi Akademik. IJSH: Indonesian Journal of Social and Humanities, 2(3), 30–40. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJSH/article/view/626
Hayati, R. (2023). Meningkatan Kemampuan Guru melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 24 Sungai Cubadak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20702–20708. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9553
Irawan, T., Hasan, M., & Fernadi, Feri, M. (2021). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in Jati Agung Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(2), 47–67. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/97
Iskandar, A. (2020). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah . Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 69–82. https://doi.org/10.15575/isema.v5i1.5976
Maulana, A. D., & Suryana, S. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Dirasah, 6(1), 93–103. https://doi.org/10.58472/mnq.v4i2.156
Messi, Sari, W. A., & Murniyati. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) Volume, 3(1), 114–125. https://doi.org/10.47647/jsr.v8i2.43
Muhsin, Sudadi, Mahmud, M. E., & Muadin, A. (2023). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran dan Pengembangan Budaya Mutu. Journal of Education Research, 4(4), 2393–2398. https://doi.org/10.37985/jer.v4i4.569
Nasution, I. (2021). Supervisi Pendidikan. Medan: Pusdikra Mitra Jaya.
Nasution, L., & Siregar, A. N. (2023). Dampak Implementasi Supervisi Akademik Pada Mutu Pembelajaran di SMKN 1 Galang. Jurnal Ilmiah Metadata, 5(2), 342–349. https://doi.org/10.47652/metadata.v5i2.388
Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.
Riwanto, A., Haryati, T., & Sudana, I. M. (2023). Supervisi Akademik dalam Peningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 12(2), 237–250. https://doi.org/10.26877/jmp.v12i2.15310
Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Sahertian, P. A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka cipta.
Shidiq, M., & Dewi, D. E. C. (2023). Optimalisasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPIT Bengkulu Selatan. Jurnal Ilmiah Edukatif, 9(2), 205–214. https://doi.org/10.37567/jie.v9i2.2599
Sholihah, Q. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Sola, E. (2019). Supervisi Akademik versus Kualitas Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 148–154. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i1.8407
Sudiana, N. (2023). Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Teori dan Praktik). Indramayu: Adanu Abimata.
Wulandari, D. Y. (2021). Studi tentang Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Kualitas Pembelajaran di SMK Negeri 1 Cipeundeuy. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(1), 83–93. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).