PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN DAN PERANNYA DALAM SUPERVISI PENDIDIKAN
Abstrak
Penelitian ini berfokus pada pentingnya pengawasan dalam pendidikan, terutama dalam konteks pengalaman belajar siswa yang dipengaruhi oleh efektivitas pengajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi teknik dan strategi supervisi yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur yang diperoleh dari perpustakaan dan dokumen tertulis seperti jurnal dan buku. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, sementara analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang menggambarkan dan menjelaskan data secara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis dan perencanaan kegiatan pengajaran adalah dua teknik utama yang digunakan dalam supervisi pendidikan Islam. Supervisi klinis melibatkan observasi langsung dan diskusi reflektif antara supervisor dan guru, sedangkan perencanaan mencakup pemilihan materi, metode, dan tujuan pengajaran. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa penguatan kompetensi pengawas melalui pelatihan dan strategi inovatif sangat diperlukan untuk menghadapi dinamika pendidikan yang terus berkembang.
Referensi
Ali, Z., Masaong, A. K., & Arsyad, A. (2017). Analisis Pemetaan Kompetensi Pengawas Sekolah Menengah Kabupaten Boalemo. JPs : Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(1), 194–199. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JPS/article/view/135
Ambarrukmi, S., Santosa, H., Nusyirwan, Triatna, C., & Prayitno, W. (2019). Bahan Ajar Pengantar Supervisi Akademik. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (pp. 156–159).
Arifannisa, & Muliyani. (2024). Supervisi Pendidikan Islam: Konsep Dasar dan Implementasi Nilai-Nilai Islami. Bandung: Widina Media Utama.
Aris Dwi Cahyono. (2021). (Library Research) Peranan Pengembangan Manajemen Kinerja Tenaga Administrasi Kesehatan Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. Jurnal Ilmiah Pamenang, 3(2), 28–42. https://doi.org/10.53599/jip.v3i2.81
Cholid, N., Hasibuan, I. M., Juwita, D. H. K., Astuti, W., Latif, A., Santoso, N. L., Sari, M., Arifa, N., Hasan, N., Lathifah, N., Zami, M. R. Z., Nofik, K., Syifa’udin, M., Lailah, S., Mazaya, N. W., Jauhari, R., & Hafizh, M. (2024). Supervisi Pendidikan. Semarang: Wahid Hasyim University Press.
Damayanti, I., Utami, A. I., & Subandi. (2024). Teknik Individu dan Kelompok dalam Supervisi Pendidikan. Jurnal Media Akademik, 2(6), 1–11. https://doi.org/10.62281/v2i6.360
Direktorat Tenaga Kependidikan. (2010). Supervisi Akademik: Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Elmanisar, V., Rifma, & Marsidin, S. (2024). Peran Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan. Journal of Education Research, 5(3), 2637–2642. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1191
Herman, Panjaitan, M. M. J., Wongkar, V. Y., Zulkifli, Anggraeni, A. D., Pentury, H. J., Lestari, A., Afifa, R. N., Yuherman, Monica, R. D., Silvia, R., & Taroreh, F. J. H. (2024). Pengantar Supervisi Pendidikan. Sumatera: Gita Lentera.
Kholipah, S., & Sitorus, A. (2018). Supervisi Pendidikan: Teori dan Pengaplikasian. Lampung: Swalova Publishing.
Mainuddin, Harahap, T. K., Noerhasmalina, Rahmah, N., Ningsih, S. R., & Baro’ah, S. (2021). Supervisi Pendidikan. Sukoharjo: Tahta Media Group.
Malawi, I., & Maruti, E. S. (2016). Evaluasi Pendidikan. Magetan: Ae Media Grafika.
Maritim, E. (2024). Strategi Mengatasi Tantangan dalam Pelaksanaan Supervisi Pendidikan. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(12), 204–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.12529642
Maunah, B. (2017). Supervisi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kalimedia.
Mudzakir, D. (2016). Implementasi Supervisi Manajerial Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah. STUDIA DIDKATIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 33–47. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/studiadidaktika/article/view/81
Mustofa, A. (2024). Peran Pengawas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka ( IKM ) di MI Wilayah Kalidawir Tulungagung. Simpati: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 1–11. https://doi.org/10.59024/simpati.v2i2.702
Mustofa, D. R., Marzuki, I., & Mustofa, I. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Pengawas Satuan Pendidikan dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Studi Kasus pada SMA Ma’arif NU 5 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v2i1.21
Nadiya, N., & Suklani. (2023). Supervisi Guru dalam Pengembangan Mutu Pendidikan. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 3(2), 343–354. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/372
Nirmayanthi, A., Semi, H., & Rahman, D. (2023). Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Pengelolaan. Nazzama Journal Of Management Education, 3(1), 18–19. https://doi.org/10.24252/jme.v3i1.40057
Permendiknas. (2007). Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.
Raharjo, A. B. (2023). Supervisi Pendidikan: Fungsi Kepemimpinan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.
Rahmi, A., Fatimah, & Zeky, Z. (2024). Supervisi Pendidikan. Indramayu: Gita Lentera.
Rahwan, & Wafi, A. (2024). Penerapan Kurikulum Integratif dalam Pendidikan. Indramayu: Adanu Abimata.
Rinaldi, F., & Kurniawan, E. (2024). Supervisi Pendidikan. Pekalongan: Nasya Expanding Management.
Ritonga, R., Harahap, R., & Adawiyah, R. (2023). Pendampingan Pengawas Sekolah Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Dalam Melaksanakan Kegiatan Coaching. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 01–12. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i2.604
Rosa, A. T. R. (2024). Supervisi Pendidikan. Pekalongan: Nasya Expanding Management.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://core.ac.uk/download/pdf/335289208.pdf
Sastraatmadja, A., Nawawi, A., Rivana, A., Indri, Muliyani, & Arifannisa. (2024). Supervisi Pendidikan. Bandung: Widiana Media Utama.
Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (2007). Supervision: A Redefinition (8th ed.). Boston: McGraw-Hill Book.
Sudjana, N. (2010). Supervisi Pendidikan dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini, Andriesgo, J., Indadihayati, W., Watunglawar, B., Suradi, A., Mavianti, Nuramini, A., Wahyuningsih, S., Purnomo, E., & Sugiyanto, R. (2021). Supervisi Pendidikan. Riau: DOTPLUS Publisher.
Sunaryo, & Irma. (2019). Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1). http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary
Supadi. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Ikatan Penerbit Indonesia.
Surya, P. (2011). Profesionalisasi Pengawas Pendidikan dalam Konteks Ototonomi Daerah. Aspirasi, 2(2), 177–190. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v2i2.441
Undang-Undang Dasar 1945. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wandra, D., Marsidin, S., & Rifma, R. (2021). Peranan Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3647–3653. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.977
Zahrah, A., & Sartika, D. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah. Indramayu: Adanu Abimata.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).