Tingkat Kebisingan di Stasiun Poncol Semarang Berdasarkan Aspek Kenyamanan Audial

  • Karina Simarmata Universitas Diponegoro
    (ID)
  • Erni Setyowati Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
    (ID)
Kata Kunci: Interior, Kebisingan Ruangan, Sumber Kebisingan, Stasiun Pancol

Abstrak

Sumber tingkat kebisingan di Stasiun kereta api pada beberapa ruang interior antara lain ruang VIP, hall, office, market, dan loko café dengan cara pengukuran di lapang dan dilakukan pada tanggal 15 September 2023 pada jam 12.33 WIB. Tingkat baku kebisingan berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 48 Tahun 1996 bahwa stasiun kereta api sebesar 60 desibel. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persebaran kebisingan. Metode yang digunakan metode kuantitatif dengan pengambilan di lapangan dan melakukan perbandingan Alat Sound Level Meter yang sudah di kalibrasi dan Aplikasi Sound Meter dalam waktu 3 menit dari datangnya kereta sampai kereta berangkat, Pengambilan data ini dikarenakan adanya pencemaran suara cukup menjadi ancaman serius bagi kualitas kenyamanan lingkungan terutama dibagian suasana pada saat kereta lewat dan kereta pada saat berangkat meninggalkan stasiun getaran dan bunyi mesin kereta api membuat tidak nyamanan pengunjung terlebih dari ketidaknyamanan saat pengunjung sedang beraktivitas. Hasil Tingkat kebisingan dari kelima interior Stasiun Poncol Semarang, menunjukan bahwa tingkat kebisingan terbesar pada bagian hall stasiun Poncol di karenakan ruangan yang semi terbuka membuat bunyi yang masuk pada ruangan sangat terganggu dan tingkat kebisingan dari kelima ruangan di atas batas Standar Baku Tingkat Kebisingan. Sehingga dapat disimpulkan ruangan pada Stasiun Poncol mengalami kebisingan yang lebih dari semestinya. Kebisingan pada area interior stasiun tersebut bisa melebihi batas nyaman yang ditentukan karena sumber bunyi yang berbeda-beda.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arista, E. d. (2017). Desain Pembuatan Barrier Guna Mengurangi Kebisingan Kereta Api akibat double track jalur kereta api di area permukiman lintas Manggarai – Bekasi. Jurnal Perkertaapian Indonesia, 97-104.

Doelle, L.L. (1993). Akustik Lingkungan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hartati, R., Marlinda, dan Abdillah, P. “Pengukuran Tingkat Kebisingan Laboratorium pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Kota Banda Aceh.” Jurnal Optimalisasi 7, no. 1 (2021): 84-91.

Menteri Negara Lingkungan Hidup (1996) Baku Tingkat Kebisingan, Surat Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor: Kep- 48/MENLH/1996/25 November 1996, Jakarta.

Mediastika, C.E., (2005). Akustika Bangunan Prinsip-Prinsip dan Penerapannya diIndonesia, Erlangga, Jakarta.

Murdani, -. (2017). Pengelolaan Polusi Udara Dan Suara Di Laboratorium Otomotif Jurusan Teknik Mesin. Jurnal Penelitian Saintek, 21(1), 55. https://doi.org/10.21831/jps.v21i1.10346

Tambunan, S. (2005). Kebisingan di Tempat Kerja. Penerbit ANDI. Yogyakarta.
Diterbitkan
2024-06-10
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 553 times