Kontekstualisasi dan Pembumian Fikih Berbasis Realitas Ke-Indonesiaan
Perspektif Hazairin dan Munawir Sjadzali
Abstrak
Konsep fikih Indonesia merupakan gagasan yang menjadi ciri khas dari pelaksanaan hukum Islam di Indonesia yang sesuai dengan karakter dan nuansa masyarakat Indonesia. Munculnya konsep fikih Indonesia tidak terlepas dari gagasan para tokoh penting yang memberikan kontribusi pemikiran terhadap hukum Islam di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian pustaka yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menelaah berbagai literatur yang terkait dengan konsep fikih Indonesia yang digagas oleh beberapa tokoh penting beserta gagasannya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui analisa pemikiran dari tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam membumikan fikih Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemikiran fikih Indonesia oleh Hazairin melahirkan konsep mazhab Indonesia atau mazhab Syafi’i plus Indonesia yang diproyeksikan dengan memasukkan hukum Islam dalam tata hukum nasional. Kemudian Munawir Syadzali dengan konsep ijtihad kemanusiaan melalui positivisasi hukum Islam. Beberapa tawaran dan metodologi yang dicetuskan mempunyai kesamaan cita-cita, yaitu menginginkan format fikih baru yang sesuai dengan realitas sosial di Indonesia.
Referensi
Aditya, Zaka Firma. “Romantisme Sistem Hukum Di Indonesia: Kajian Atas Konstribusi Hukum Adat Dan Hukum Islam Terhadap Pembangunan Hukum Di Indonesia.” Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional 8, no. 1 (2019): 37–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33331/rechtsvinding.v8i1.305.
Anshori, Abdul Ghofur, and Sobirin Malian. Filsafat Hukum Kewarisan Islam: Konsep Kewarisan Bilateral Hazairin. UII Press. Yogjakarta: UII Press, 2010.
Asmar, Afidatul. “Genealogi Dan Strategi Dakwah Kultural NU.” Islamica: Jurnal Studi Keislaman 13, no. 1 (2018): 165–84. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/islamica.2018.13.1.164-183.
Dahlan, Moh. “Paradigma Ijtihad Munawir Sjadzali Dalam Reaktualisasi Hukum Islam Di Indonesia.” AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 2 (2020): 191–205. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/at-turas.v7i2.1504.
Dahwal, Sirman, and Dimas Dwi Arso. “Studi Tentang Teori-Teori Hukum Islam Yang Berhubungan Dan Mendukung Keberadaan Peradilan Agama Di Indonesia.” AL IMARAH: Jurnal Pemerintahan Dan Politik Islam 8, no. 1 (2023): 117–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/imr.v8i1.8035.
Faiqah, Nurul, and Toni Pransiska. “Radikalisme Islam Vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia Yang Damai.” Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman 17, no. 1 (2018): 33–60. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5212.
Faisal, Faisal. “Penerapan Asas Bilateral Dalam Kewarisan Islam Menurut Ulama Sunni Dan Syi’ah Imamiyyah.” Jurnal AL-AHKAM 12, no. 2 (2021): 89–116. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alahkam.v12i2.3617.
Ghofir, Jamal. “Pesantren Dalam Himpitan Arus Globalisasi Dan Radikalisme Agama.” Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam 13, no. 1 (2019): 78–90. https://doi.org/https://doi.org/10.51675/jt.v13i1.55.
Ghofur, Abdul. “Perubahan Paradigma Pendidikan Di Pesantren: Rekontekstualisasi Pendidikan Islam Di Era Kontemporer.” Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2023): 207–22. https://doi.org/https://doi.org/10.54471/nusantara.v3i2.37.
Habibi, Muhammad. “Legalitas Hukum Islam Dalam Sistem Peradilan Indonesia.” Media Syari’ah: Wahana Kajian Hukum Islam Dan Pranata Sosial 22, no. 2 (2021): 128–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jms.v22i2.8050.
Hasram, Khaidir. “Al-Qawaid Al-Ushuliyah Al-Tasyri’iyah Sebagai Basis Metodologi Fikih Kontemporer.” Mazahibuna: Jurnal Perbandingan Mazhab 1, no. 1 (2019): 146–65. https://doi.org/10.24252/MH.V1I2.11127.
Ikhlas, Al, Desi Yusdian, Murniyetti Murniyetti, Nurjanah Nurjanah, and Sulaiman Sulaiman. “Teori-Teori Hubungan Hukum Agama Dengan Hukum Negara.” Jurnal Kawakib 3, no. 1 (2022): 32–39. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/kwkib.v3i1.44.
Jamil, Rosidi. “Hukum Waris Dan Wasiat (Sebuah Perbandingan Antara Pemikiran Hazairin Dan Munawwir Sjadzali).” Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam 10, no. 1 (2017): 99–114. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ahwal.2017.10108.
Junaedi, Mahfudz. “Epistemologi Fikih Indonesia: Nalar Pemikiran Hazairin.” Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hukum 7, no. 2 (2021): 153–66. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/syariati.v7i2.2110.
———. “Fikih Indonesia: Epistemologi Sosio-Kultural.” YUDISIA: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam 9, no. 2 (2018): 289–302. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/yudisia.v9i2.4803.
———. “Konstruksi Pemikiran Fikih Indonesia: Pergeseran Dari Teosentrisme Ke Antroposentrisme.” Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam 18, no. 1 (2018): 4–30. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/mq.v18i1.929.
Ma’arif, Toha. “Fiqih Indonesia Menurut Pemikiran Hasbi Ash-Shiddiqi, Hazairin Dan Munawir Syadzali.” Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 8, no. 2 (2015): 27–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/ijpmi.v8i2.910.
Ma’u, Dahlia Haliah. “Eksistensi Hukum Islam Di Indonesia (Analisis Kontribusi Dan Pembaruan Hukum Islam Pra Dan Pasca Kemerdekaan Republik Indonesia).” Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah 15, no. 1 (2018): 14–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30984/as.v15i1.471.
Makatita, Ahmad Syarif, and Athoillah Islamy. “Paradigma Dakwah Islam Terhadap Budaya Lokal Masyarakat Papua: Integrasi Syariat Islam Dan Budaya Dalam Tradisi Bakar Batu Pada Komunitas Muslim Dani.” Jurnal At-Taghyir: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Desa 4, no. 2 (2022): 241–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24952/taghyir.v4i2.5264.
Mulyati, Mumung. “Kontribusi MUI Dalam Pengembangan Dan Penerapan Hukum Islam Di Indonesia.” Al-Mashlahah Jurnal Hukum Islam Dan Pranata Sosial 7, no. 01 (2019): 83–100. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/am.v7i01.547.
Mustofa, Imam, Ahmad Syarifudin, and Dri Santoso. “Pemikiran Hukum Islam Abdurrahman Wahid: Harmonisasi Islam Dan Budaya.” Undang: Jurnal Hukum 4, no. 2 (2021): 507–35. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/ujh.4.2.507-535.
Nada, Syifaun. “Fikih Indonesia Dalam Perspektif Pemikiran Hasbi Ash-Shidieqy Dan Hazairin: Transformasi Hukum Islam Dalam Impelementasi Hukum Di Indonesia.” El-Aqwal: Journal of Sharia and Comparative Law 1, no. 2 (2022): 79–88. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/el-aqwal.v1i2.6935.
Piliang, Muhammad Iqbal, and M Najib Tsauri. “Penafsiran Modern Ayat-Ayat Waris: Perbandingan Muḥammad Shaḥrūr Dan Munawir Sjadzali.” Refleksi: Jurnal Kajian Agama Dan Filsafat 18, no. 1 (2019): 78–116. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/ref.v18i1.12677.
Pongoliu, Hamid, Usman Jafar, Mawardi Djalaluddin, and Nur Taufiq Sanusi. “Eksistensi Hukum Waris Adat Dalam Masyarakat Muslim Di Kota Gorontalo Dalam Perspektif Sejarah.” Jurnal Diskursus Islam 6, no. 2 (2018): 361–401. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdi.v6i2.6866.
Prawiro, Teguh. “Menggagas Fiqh Nusantara: Dialektika Adat Dan Hukum Islam Di Indonesia.” Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah 2, no. 2 (2020): 139–52. https://jurnalstitmaa.org/index.php/alasma/article/view/33.
Ritonga, Raja, and Martua Nasution. “Penentuan Status Ahli Waris Melalui Hubungan Nasab; Analisis Kewarisan Kakek Dan Nenek.” Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan 7, no. 2 (2022): 188–201. https://doi.org/https://doi.org/10.55102/alyasini.v7i2.4599.
Syahril, Sulthan. “Munawir Syadzali (Sejarah Pemikiran Dan Kontribusinya Bagi Perkembangan Pemikiran Islam Indonesia Kontemporer).” Analisis: Jurnal Studi Keislaman 11, no. 2 (2017): 219–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/ajsk.v11i2.610.
Syatar, Abdul. “Prioritas Wasiat Dan Hutang Dalam Warisan Perbandingan Mazhab.” Jurnal Al-’Adl 11, no. 1 (2018): 130–39. https://doi.org/10.31332/aladl.v11i1.1239.
Tarmizi, Tarmizi, Gustika Sandra, Jumra Jumra, and Sakti Yadi. “The Dynamics Of Determining Men And Women Parts In Matters Of Inheritance: A Study Of Islamic Law.” Jurnal Diskursus Islam 10, no. 2 (2022): 271–89. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jdi.v10i2.30172.
Tarmizi, Tarmizi, Supardin Supardin, and Kurniati Kurniati. “Kaidah Pembagian Harta Warisan Masyarakat Di Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone Dalam Pandangan Hukum Islam.” Jurnal Al-Qadau: Peradilan Dan Hukum Keluarga Islam 7, no. 2 (2020): 12–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/al-qadau.v7i2.15330.
Tohari, Chamim. “Sistem Kewarisan Bilateral Ditinjau Dari Perspektif Hukum Islam.” Istinbath: Jurnal Hukum 15, no. 1 (2018): 63–90. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/istinbath.v15i1.1094.
Toni, Agus. “Aktualisasi Hukum Perceraian Perspektif Pengadilan Agama Di Indonesia.” MAQASHID Jurnal Hukum Islam 1, no. 2 (2018): 34–63. https://doi.org/https://doi.org/10.35897/maqashid.v1i2.130.
Usman, Muhammad. Rekonstruksi Teori Hukum Islam; Membaca Ulang Pemikiran Reaktualisasi Hukum Islam Munawir Sjadzali. Yogyakarta: LKIS PELANGI AKSARA, 2015.
Yusmita, Yusmita. “Keadilan Gender Dalam Sistem Kewarisan Bilateral Hazairin.” Al-Khair Journal: Management, Education, And Law 3, no. 1 (2023): 155–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/kh.v3i1.10939.
Yusuf, Muhammad. “The Existence of The Jinayat Law in Indonesian Community [Eksistensi Hukum Jinayat Dalam Masyarakat Nusantara].” Legitimasi: Jurnal Hukum Pidana Dan Politik Hukum 10, no. 1 (2021): 41–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/legitimasi.v10i1.10516.
Zayyadi, Ahmad, and Wahyu Heru Pamungkas. “Madzhab Fikih Indonesia: Akar Historis Dari Arab Hingga Indonesia.” El-Aqwal: Journal of Sharia and Comparative Law 1, no. 1 (2022): 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/el-aqwal.v1i1.6780.
Zulhamdi, Zulhamdi. “Kedudukan Fiqh Di Indonesia Pasca Kemerdekaan.” At-Tafkir 11, no. 1 (2018): 1–30. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/at.v11i1.526.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##