Penyebaran Pemahaman Moderasi dalam Menangkal Paham Radikalisme di Pondok Pesantren Kabupaten Bantaeng
Mengukur Kontribusi Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Abstrak
Penelitian ini ingin menjawab pertanyaan penting terkait realitas pemahaman santri terhadap moderasi dan radikalisme, peran Prodi Perbandingan Madzhab dan Hukum dalam mengintegrasikan mazhab fikih terhadap penyebaran paham moderasi beragama dalam menangkal bahaya radikalisme. Pertanyaan ini dilatarbelakangi oleh sebuah realitas bahaya radikalisme yang disebabkan oleh sikap intoleransi dalam bermazhab dan santri adalah pilar utama dalam membangun moderasi dan menagkal radikalisme. Oleh karena itu, penelitian penting ini menawarkan pentingnya moderasi bermazhab sebagai pintu awal untuk mencapai moderasi umat beragama dan menangkal radikalisme di kalangan santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus yang dijelaskan dengan teori falsafah tasyri. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung kepada santri pondok Pesantren As'adiyah Dapoko dan Pesantren DDI Mattoanging Kabupaten Bantaeng sebagai sumber data primer dan tokoh agama dan tokoh masyarakat sebagai sumber data sekunder. Temuan penelitian adalah perpecahan dalam beragama yang disebabkan oleh fanatisme bermazhab dan kekacauan dalam berbangsa dan bernegara yang disebabkan oleh radikalisme. Kesimpulan penelitian ini yaitu mazhab fikih dapat berkontribusi dalam menangkal radikalisme jika dipahamkan dengan baik, realitas pemahaman santri terhadap moderasi dan radikalisme masih rendah, pemahaman hikmah hukum moderasi dapat menguatkan moderasi beragama dan memahami bahaya radikalisme dapat menjaga kemaslahatan dalam beragama dan bernegara.
Referensi
A. Yasin, L S Thahir, and U Harun, ‘Moderasi Beragama Dalam Tinjauan Hukum Islam’, Prosiding Kajian Islam …, 1 (2022), 499–502 <https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1128>.
Agus Akhmadi, “Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia ’ S Diversity,” Jurnal Diklat Keagamaan 13, no. 2 (2019): 45–55.
Asnawi Syarbini, Moderasi Agama Meneladani Nabi Muhammad saw. Banten, 20152020.
Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Agama, Moderasi Beragama, Kementerian Agama, 2019.
Faiqah, Nurul and Toni Pransiska, ‘Radikalisme Islam Vs Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia Yang Damai’, Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17.1 (2018), 33 <https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5212>.
Hasan, Mustaqim. “Prinsip Moderasi Beragama Dalam Kehidupan Berbangsa,” Jurnal Mubtadiin 7, no. 2 (2021): 111–123, https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadii.
Hujair AH Sanaky and Edy Safitri, ‘Radikalisme Agama Dalam Perspektif Pendidikan’, Millah, XIV.2 (2016), 135–46 <https://doi.org/10.20885/millah.volxiv.iss2.art7>.
Husain, ‘Saddam Nilai-Nilai Moderasi Islam Di Pesantren ( Studi Kasus Pada Ma ’ Had Aly As ’ Adiyah Sengkang Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan )’, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020, 151 <https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/54381/1/SADDAM HUSAIN - SPs.pdf>.
Kementerian Agama RI, “Tanya Jawab Moderasi Beragama”. Cet 1; Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.
Lidya Pustaka i-software. Kitab 9 Imam Hadis-Mozilla Firefox. Sumber Abu Daud, Bab: Hakim Melaukan Kesalahan, nomor hadis 3103.
Mucharom Syifa, ‘Formulasi Konsep Moderasi Islam Berbasis Keindonesiaan Dalam Mereduksi Radikalisme Agama Di Indonesia (Kajian Epistimologis-Historis)’, Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2.1 (2020), 01 <https://doi.org/10.18592/msr.v2i1.3673>.
Muhammad, Zainuddin dan In’am Esha, Islam Moderat (Konsepsi, Interpretasi, dan Aksi). Malang: UIN Maliki Press Februari 2016.
Rena, Pasick. Dr.PH, Geraldine Oliva, MD, MPH, Ellen Goldstein, MA, Tung Nguyen, MD, dalam Paula Fleisher, MA (Ed),Community-Engaged Research with Community Based Organisation, Community Engagement Program. CTSI, University of California, San Fransisco, 2010. Dalam Dede Rosyada, Community Based Research (CBR) Salah Satu Model Penelitian Akademik, http://www.uinjkt.ac.id
Shihab, M. Quraish. Wasathiyyah, Wawasan Islam Tentang Moderasi Beragam. Tangerang: Lentera Hati, 2019.
Subhan Hi. Ali Dodego and Doli Witro, ‘The Islamic Moderation And The Prevention Of Radicalism And Religious Extremism In Indonesia’, Dialog, 43.2 (2020), 199–208 <https://doi.org/10.47655/dialog.v43i2.375>.
Suharto, Toto. Indonesianisasi Islam Penguatan Islam Moderat Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Surakarta, Vol.17, 2017.
Syarifuddin, Amir. Meretas Kebekuan Ijtihad: Isu-isu Penting Hukum Islam di Indonesia. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Wijaya, Aksin. Berislam di Jalur Tengah (Yogyakarta: IRCISod, 2020).
Yunus, Eksistensi Moderasi Islam Dalam Kurikulum Pembelajaran PAI Di SMA. Jurnal pendidikan Islam Vol 9, No 2, 2018.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##