Tafsir Tematik Al-Qur'an tentang Hak Asasi Manusia
Analisis Konstruksi Nilai-Nilai Universal
Abstrak
Hak asasi manusia, adalah hak yang unik dan universal bagi manusia sejak dilahirkan. Hak asasi manusia dalam Islam atau persfektif Al-Qur’an berarti hak-hak unik manusia. Ini merupakan kewajiban yang fitrah dan mendasar yang diberikan oleh Allah SWT. Dari sudut pandang Islam, hak asasi manusia berkaitan dengan konsep kesetaraan. Ini adalah Q.S. Al Hujjarat ayat 13. Artikel ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan tinjauan pustaka dengan mengumpulkan beberapa informasi terkait penelitian kepustakaan sebagai sumber data. Beberapa kajian teoretis berurusan dengan pemahaman hak asasi manusia, hak dan kewajiban manusia, dan kesetaraan dan status hukum dari perspektif Islam. Kesimpulan dari artikel penulis adalah bahwa dari sudut pandang Islam, hak asasi manusia lahir langsung dari Tuhan Yang Maha Esa dan tidak dapat dicabut atau dicabut, sehingga sudah ada jauh sebelum menjadi hak dasar yang melekat pada diri individu. Oleh karena itu, nilai-nilai hak asasi manusia beserta prinsip- prinsip universalnya merupakan bagian dari semangat dan nilai-nilai hukum Syariah.
Referensi
Asiah, Nur. “HAK ASASI MANUSIA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM.” Jurnal Syari’ah dan Hukum Diktum 15, no. 1 (2017): 55–66.
Atqiya, Naimatul. “Ham Dalam Perspektif Islam.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 1, no. 2 (2014)
Cipto, Bambang, Asykuri Ibn Chamim, Isti‟anah Za, Khoiruddin Bashori, Lilis Setiartiti, Muhammad Azhar, and Said Tuhuleley. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Menuju Kehidupan Yang Demokratis Dan Berkeadaban.
Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (LP3), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), 2002.
HR, Ridwan. Fiqih Politik: Gagasan, Harapan, Dan Kenyataan. Yogyakarta: FH UII Press, 2007.
Imran, Zulfi. “Hak Asasi Manusia (Ham) Internasional Dalam Perspektif Islam Oleh.” Jurnal Hukum Responsif 7, no. 7 (2019): 25–41.
Indonesia, Republik. Undang-Undang Nomor 37 Tahun 1999 Tentang Hubungan Luar Negeri. 37/1999, 1999.
Kuper, Adam, and Jessica Kuper. Ensiklopedia Ilmu-Ilmu Sosial. Jilid 1. Jakarta: Rajawali Pers, 2000.
Maududi, Abul A, and Abul A‟la. “Hak Asasi Manusia Dalam Islam.” Human Rights in Islam), terj.
Achmad Nashir Budiman, Pustaka, Bandung, cet. I (1985).
Mukhoyyaroh. “Hak Asasi Manusia Dalam Kehidupan Sosial Dalam Perspektif AlQur‟an.” Jurnal Online Studi Al-Qur-an 15, no. 2 (2019) 219–234.
Mukti Arto, A. Penemuan Hukum Islam Demi Mewujudkan Keadilan : Membangun Sistem Peradilan Berbasis Perlindungan Hukum Dan Keadilan Buku Satu. Cetakan pe. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Mys. “Prof. Ramly Dan Equality Before the Law.” Hukumonline. Last modified 2012. https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt4fd56cf069398/prof-ramly-dan-iequality- before-the-law-i.
Pjriah, Sri, and Andi Mulyadi. “Peranan Bilal Bin Rabbah Dalam Perkembangan Islam Di Jazirah Arab Tahun 611 M – 641 M (Suatu Tinjauan Sejarah).” Jurnal Artefak 2, no. 1 (2014): 13–32.
Reksiana. “HAK ASASI MANUSIA (HAM) DALAM DUNIA ISLAM (Telaah Terhadap Konsep Dan Dinamika HAM Di Indonesia).” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam 4, no. 2 (2021): 229–248.
RI, Pemerintah. Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Vol. 105,1945.
Siroj, Said Aqil. Tasawuf Sebagai Kritik Sosial: Mengedepankan Islam Sebagai Inspirasi, Bukan Aspirasi. Diterbitkan atas kerja sama Mizan [dengan] Yayasan Khas, 2006.
Suhra, Sarif, and A. “Kesetaraan Gender Dalam Prespektif Al-Quran Dan ImplilasiTerhadap Hukum Islam.” Jurnal Al-Ulum 13, no. 2 (2013): 373–394.
Syarifudin, Amir. “Usul Fiqh Jilid 1.” Jakarta: Pt Logos Wacana Ilmu, hal 46 (1997).
Ubaedillah, A., and Abdul Rozak. Pancasila, Demokrasi, HAM Dan Masyarakat Madani. Revisi Jakarta: Prenadamedia, 2016.
Zein, Yahya Ahmad. “KONSEP HAK ASASI MANUSIA DALAM ISLAM (Mengungkap Korelasi Antara Islam Dengan HAM).” Veritas et Justitia 1, no. 1 (2015): 91–110.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##