Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Transportasi Ojek Online Gojek di Makassar

Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Transportasi Ojek Online Gojek di Makassar

  • Fauzia Bakhtiar Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)
  • Miftha Farild Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)
  • Wahyudi Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaahui pengaruh harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan ojek online di Kota Makasaar. Penelitian ini adalah penelitia asosiatif. Penelitian ini mencari hubungan antara harga (X1), promosi (X2) dan Loyalitas (Y). Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna aplikasi ojek online di Makassar. Sedangkan untuk sampel penelitian ini adalah penggunan aplikaasi Go-jek di Makassar.  Menggunakan data primer. Menggunakan kuesioner dalam bentuk skala litkert untuk mengumpulkan data penelitian.  Hasil penelitian yang diolah menggunakan spss, dengan signifikansi 5% (0.05)  menunjukkan variabel harga  berpengaruh secara negatif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas. Promosi menunjukkan pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan harga berpengaruh positif signifikan terhadap promosi. Harga dan promosi mempunyai pengaruh simultan signifikan terhadap loyalitas. Begitupun hasil dari uji path menunjukkan bahwa adanya pengaruh tidak langsung harga terhadap loyalitas melalui promosi.

Kata kunci: Harga, Promosi, Loyalitas,Ojek Online

Diterbitkan
2022-02-25
Abstrak viewed = 181 times