Dampak Covid-19 Pada Rantai Pasokan dan Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pemasaran Di Masa Depan
Abstrak
ABSTRAK
Meningkatnya prevalensi COVID-19 memiliki implikasi parah pada kesejahteraan sebagian besar organisasi dan profesional terutama di bidang manajemen sumber daya manusia dan pemasaran. Studi ini berfokus pada penetapan dampak COVID-19 pada praktik sumber daya manusia yang berbeda dan pemasaran masa depan. Ditetapkan bahwa dinamika kerja telah sangat berubah dari cara kerja tradisional dari tempat organisasi menjadi bekerja dari jarak jauh di rumah. Akibatnya pemasaran juga telah bergeser ke platform online yang berbeda karena kontak fisik dengan pelanggan saat ini dilarang untuk menjaga jarak sosial salah satu cara mencegah virus corona. Perubahan ini telah dikaitkan dengan implikasi negatif yang berbeda dan beberapa hal positif karena beberapa profesional merasa lebih fleksibel dan nyaman untuk bekerja dari jarak jauh. Untuk mengatasi perubahan zaman saat ini, organisasi perlu menyesuaikan dan mengadopsi teknologi baru yang muncul untuk bekerja dari jarak jauh dan akibatnya menerapkan kebijakan dan prosedur strategis untuk mempertahankan aliran yang stabil.
Kata kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Rantai Pasokan, Pemasaran
ABSTRACT
The increasing prevalence of COVID-19 has severe implications on the well-being of most organizations and professionals especially in the areas of human resource management and marketing. This study focuses on determining the impact of COVID-19 on different human resource practices and future marketing. It was determined that the dynamics of work had greatly changed from the traditional way of working from an organizational place to working remotely at home. As a result, marketing has also shifted to different online platforms because physical contact with customers is currently prohibited to maintain social distance, one of the ways to prevent the corona virus. This change has been associated with different negative implications and some positives as some professionals find it more flexible and comfortable to work remotely. To cope with the changing times of today, organizations need to adapt and adopt new emerging technologies to work remotely and consequently implement strategic policies and procedures to maintain a steady flow.
Keywords: Human Resource Management, Supply Chain Management, Marketing