Pengaruh Pengalaman dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Scarlett Whitening di Kota Makassar

  • Kurniah Kurniah Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)
  • Awaluddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengalaman dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasaan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Scarlett Whitening Di Kota Makassar. Sampel populasi sebanyak 96 orang untuk memudahkan perhitungan wajah. Peneliti memperoleh sampel sebanyak 100 responden Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan bantuan SmartPLS versi 3.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan pengalaman pelanggan tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, Nilai Pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, pengalaman pelanggan berpengaruh berpengaruh positif terhadap kepuasaan pelanggan, nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap kepuasaan pelanggan, kepuasaan pelanggan berpengaruh postifi terhadap loyalitas pelanggan, pengalaman pelangan berpengaruh positif terhadap kepuasaan pelanggan melalui loyalitas pelanggan sebagai variabel intervening, dan nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap kepuasaan pelanggan melalui loyalitas pelanggan sebagai variabel intervening.

 

Kata Kunci : pengalaman, nilai pelanggan, kepuasaan, loyalitas pelanggan.

 

Diterbitkan
2022-06-30
Abstrak viewed = 433 times