Peran Love of Money dan Religiusitas pada Hubungan Machiavellian terhadap Persepsi Etis UMKM Bidang Kuliner di Kota Makassar
THE ROLE OF LOVE OF MONEY AND RELIGIOSITY IN MACHIAVELLIAN RELATIONS WITH THE ETHICAL PERCEPTION OF UMKM IN THE CULINARY SECTOR IN MAKASSAR CITY
Abstrak
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 150 responden pada pelaku UMKM di Kota Makassar dengan penarikan sampel menggunakan rumus Hair. Dengan pengolahan data menggunakan SmartPLS. Aplikasi ini juga digunakan untuk menguji atau mengetahui bagaimana hubungan variabel Machiavellian, Love of Money, dan Religiusitas terhadap Persepsi Etis UMKM Bidang Kuliner Kota Makassar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Machiavellian berpengaruh negatif dan signifikan terhadap persepsi etis UMKM bidang Kuliner di Kota Makassar; 2. Machiavellian berpengaruh positif dan signifikan terhadap love of money UMKM Bidang kuliner di Kota Makassar.; 3. Love of money berpengaruh negatif dan signifikan terhadap persepsi etis UMKM bidang Kuliner di Kota Makassar; 4. Love of Money memediasi pengaruh Machiavellian terhadap Persepsi Etis UMKM Bidang Kuliner Di Kota Makassar; 5. Religiusitas memoderasi pengaruh Machiavellian terhadap Persepsi Etis UMKM Bidang Kuliner di Kota Makassar.
Kata Kunci : Machiavellian, Love of Money, Religiusitas, Persepsi Etis UMKM.