Pengaruh Brand Ambassador dan Green Marketing terhadap Brand Equity Pond's (Unilever) yang dimediasi oleh Brand Trust

(Studi pada Pembeli Generasi Z Di Kota Makassar)

  • Ms Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)
  • Okta Nofri Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)
  • Awaluddin Awaluddin Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah brand ambassador dan green marketing berpengaruh terhadap brand equity (Pond’s) Unilever dengan brand trust sebagai variabel mediasi pada generasi Z di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh generasi Z yang pernah menggunakan atau membeli produk pond’s yang berada di Kota Makassar dengan sampel sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Hair yaitu jumlah indikator dikali 5 sampai 10. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala likert. Metode analisis yang digunakan adalah SmartPLS.4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust. Variabel brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. variabel green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust. Variabel green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Variabel brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity. Brand trust memediasi pengaruh brand ambassador terhadap brand equity (Pond’s). Brand trust memediasi pengaruh green marketing terhadap brand equity (Pond’s).

Kata Kunci: Brand, brand ambassador, green marketing, brand equity, brand trust,     pond’s, unilever, dan generasi Z.

Diterbitkan
2024-07-07
Abstrak viewed = 213 times