Peran Moderasi Product Innovation pada Pengaruh Online Marketing dan Market Orientation terhadap Marketing Performance Bisnis Restoran (Bistro) di Kota Makassar
Abstrak
Bisnis memiliki peran penting dalam keberlangsungan perekonomian pada masyarakat di Indonesia, khususnya pada Kota Makassar. Dengan adanya bisnis, diharapkan mampu membuat perputaran ekonomi menjadi lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh online marketing terhadap marketing performance bisnis restoran (bistro) di Kota Makassar, untuk mengetahui pengaruh market orientationterhadap marketing performance bisnis restoran (bistro) di Kota Makassar, untuk mengetahui pengaruh Product Innovation Memoderasi Online Marketing Terhadap Marketing Performance bisnis restoran (bistro) di Kota Makassar dan untuk mengetahui pengaruh Product Innovation dalam memoderasi Market Orientation Terhadap Marketing Performance bisnis restoran (bistro) Di Kota Makassar Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 120 responden. Sample pada penelitian ini menggunakan rumus Hair dengan lokasi penelitian yaitu pada bisnis restoran yang ada di Kota Makassar. Adapun metode perhitungan jumlah sampel yaitu dengan teknis purposive sampling kepada bisnis restoran di Kota Makassar dengan kriteria tertentu. Dalam pengolahan data dibantu dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap marketing performance, market orientation berpengaruh positif dan signifikan terhadap marketing performance, product innovation memoderasi online marketing terhadap marketing performance, product innovation memoderasi market orientation terhadap marketing performance.
Kata Kunci : Online Marketing, Market Orientation,Marketing Performance, Product Innovation