Pengaruh Iklan Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi terhadap Nilai Pembelian Luxury Brand yang Dimoderasi Gaya Hidup Konsumen Generasi Z di Kota Makassar
Abstrak
Perkembangan penjualan luxury brand di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat seiring dengan meningkatnya perekonomian masyarakat kelas menengah atas. Kecenderungan konsumen Indonesia untuk membeli barang mewah adalah 44%. Konsumen memiliki motif yang berbeda dalam membeli produk luxury brand, baik demi pengalaman atau bahkan menunjukkan status ke sekelilingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Iklan Media Sosial dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Niat Pembelian Luxury Brand yang Dimoderasi Gaya Hidup Konsumen Generasi Z Di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik penarikan sampel non probabilitas (non probability sampling) dengan menggunakan rumus Hair, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 responden. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan smartPLS versi 4.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa variabel iklan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian, variabel status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian, gaya hidup tidak memoderasi pengaruh iklan media sosial terhadap niat pembelian, gaya hidup memoderasi pengaruh status sosial ekonomi terhadap niat pembelian.