https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/issue/feed Study of Scientific and Behavioral Management 2025-01-19T04:52:54+00:00 Rika Dwi Ayu Parmitasari rparmitasari@uin-alauddin.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM) merupakan terbitan ilmiah berkala yang dipublikasikan oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Alauddin Makassar, Indonesia. Jurnal SSBM merupakan jurnal mahasiswa yang ditujukan untuk menampung beragam karya ilmiah mahasiswa di bidang manajemen, maupun perilaku manajemen. Kajian khusus jurnal ini a.l. pemasaran, sdm, keuangan, operasional, kewirausahaan, inovasi, etika bisnis, strategi, dll.</p> <p>Untuk mencapai visinya, maka jurnal SSBM akan terbit setiap bulan, dengan tetap menjaga kualitas tulisan yang ada. Setiap jurnal yang dianggap layak oleh editor akan menjalani&nbsp;<em>double blind-peer&nbsp;</em><em>review</em> oleh mitra bestari yang kompeten di bidangnya. Kami mengundang para mahasiswa memublikasikan karya ilmiah terbaik mereka di jurnal ini. Jurnal SSBM juga mengenakan biaya publikasi bagi setiap artikel yang diterima, dan telah menyelesaikan proses revisinya.</p> https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/49866 Pengaruh Training Program dan Work Interest terhadap Kinerja Karyawan dengan HR Development sebagai Variabel Intervening pada PT Perkebunan Nusantara XIV Unit Pabrik Gula Takalar 2024-12-30T12:55:09+00:00 Iqbal Mustafa mhmdbsthr23@gmail.com Akhmad Jafar mhmdbsthr23@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh <em>training program</em> dan <em>work interest</em> terhadap kinerja karyawan dengan <em>HR development</em> sebagai variabel intervening pada PT. Perkebunan Nusantara XIV Unit Pabrik Gula Takalar. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer, yang mana metode dalam pengumpulan data adalah menggunakan metode wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada seluruh karyawan PT. Perkebunan Nusantara XIV Unit Pabrik Gula Takalar. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 126 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan SPSS 21 dengan menggunakan <em>software</em>. Hasil peneliitian ini menunjukkan bahwa <em>training program</em> data yang menunjukan bahwa variabel <em>training program</em> dan <em>work interest</em> berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Semakin tinggi pelaksanaan <em>training program </em>maka semakun tinggi pula kinerja karyawan, hasil data yang dan menunjukan bahwa variabel <em>work interest</em> berpengaruh positif sehingga terdapat kinerja karyawan. Dan hubungan anatara <em>training program</em> dan kinerja, ini berarti bahwa dengan adanya <em>training program</em> dapat mempengaruhi kinerja karyawan.</p> <p><strong><em>Kata kunci:</em></strong> <em>Trainning Program, Work Interest, Kinerja Karyawan dan HR Development</em>.</p> 2024-12-26T10:23:59+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/50240 Peranan Government Supports dalam Memoderasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Digital Marketing terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kota Soppeng) 2024-12-30T12:55:11+00:00 Annisa Ath-Thahirah aaththahirah@gmail.com Syaharuddin Syaharuddin aaththahirah@gmail.com <p><u>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Governtment Support Dalam Memoderasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kota Soppeng). Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik penarikan sampel non probabilitas ( non probability) dengan menggunakan rumus Hair, Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan smartPLS versi 4.0 for windows, yang diarahkan untuk menjawab rumusan massalah atau hipotesis yang telah dirumuskan dalam penelitian ini serta diarahkan untuk menguji hubungan variabel Governtment Support, Variabel Orientasi Kewirausahaan, Variabel Digital Marketing terhadap Kinerja Pemasaran yang diarahkan untuk menjawab rumusan masalah dan hipotesis dalam penelitian ini. Hasil ini menunjukkan, bahwa Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran, Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran, Government Support memperlemah pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran, Government Support memperkuat pengaruh Digital Marketing terhadap Kinerja Pemasaran.</u></p> <p><u>Kata Kunci : Government Support, Orientasi Kewirausahaan, Digital Marketing, Kinerja Pemasaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Governtment Support Dalam Memoderasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kota Soppeng). Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik penarikan sampel non probabilitas ( non probability) dengan menggunakan rumus Hair, Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan smartPLS versi 4.0 for windows, yang diarahkan untuk menjawab rumusan massalah atau hipotesis yang telah dirumuskan dalam penelitian ini serta diarahkan untuk menguji hubungan variabel Governtment Support, Variabel Orientasi Kewirausahaan, Variabel Digital Marketing terhadap Kinerja Pemasaran yang diarahkan untuk menjawab rumusan masalah dan hipotesis dalam penelitian ini. Hasil ini menunjukkan, bahwa Orientasi Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran, Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran, Government Support memperlemah pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran, Government Support memperkuat pengaruh Digital Marketing terhadap Kinerja Pemasaran.<br>Kata Kunci : Government Support, Orientasi Kewirausahaan, Digital Marketing, Kinerja Pemasaran&nbsp;</u></p> 2024-12-27T06:13:20+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/50241 Pengaruh Jumlah Followers, Selebriti Endorsemen, dan e-Wom terhadap Minat Beli Pengguna Sosial Media Tik Tok (Studi Kasus Gen-Z Kota Makassar) 2024-12-30T12:55:12+00:00 Nur Aida Darmawati naidah157@gmail.com Ahmad Effendi naidah157@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah jumlah <em>followers</em>, selebriti <em>endorsement</em>, dan <em>e-WOM</em> berpengaruh terhadap minat beli pengguna sosial media Tik Tok pada generasi Z Kota Makassar.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z (Gen-Z) di Kota Makassar yang menggunakan aplikasi Tik Tok. Dalam menentukan jumlah sampel diambil dengan menggunakan Rumus Hair, jumlah sampel untuk penelitian ini adalah : n = jumlah indikator × 10. Jumlah indikator dalam penelitian ini ada 13, Berdasarkan rumus tersebut, maka sampel yang diperoleh sebagai berikut: 𝑛 = 13 × 10 = 130 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dengan metode survey, dengan pemberian skor pada kuesioner menggunakan skala likert,&nbsp; Metode analisi yang digunakan adalah <em>Statistical Product and Service Solution </em>(SPSS). Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel jumlah <em>followers</em> memiliki pengaruh signifikan terhadap terhadap minat beli pengguna sosial media Tik Tok Generasi Z di Kota Makassar. Variabel selebriti <em>endorsement</em> memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap minat beli pengguna sosial media Tik Tok Generasi Z di Kota Makassar. Variabel <em>E-Wom</em> memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap minat beli pengguna sosial media Tik Tok&nbsp; Generasi Z di Kota Makassar.</p> <p>Kata Kunci: Jumlah <em>Followers,</em> Selebriti <em>Endorsement, E-Wom </em>dan Minat Beli</p> 2024-12-27T08:04:26+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/51445 Peran Moderasi Religiusitas pada Pengaruh Lokasi dan Pembiayaan Syariah terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Di Perumahan Griya Darussalam Resort) 2024-12-30T12:55:13+00:00 Febrianti Febrianti hamsafebrianti@gmail.com Miftha Farild miftha.farild@uin-alauddin.ac.id <p><span class="s14"><span class="bumpedFont15">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran moderasi religiusitas paa pengaruh lokasi dan pembiayaan syariah terhadap keputusan pembelian rumah (Di Perumahan Griya Darussalam Resort)</span></span><span class="s14"><span class="bumpedFont15">. </span></span><span class="s14"><span class="bumpedFont15">Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dimana metode pengumpulan data menggunakan kuosioner yang disebar pada warga dalam perumahan Griya Darussalam Resort, teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Sehingga di peroleh sebanyak 100 orang responden. Dengan pengolahan data primer menggunakan structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan SmartPLS versi 4.1 </span></span><span class="s15"><span class="bumpedFont15">for windows </span></span><span class="s14"><span class="bumpedFont15">Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa variabel Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Rumah, Pembiayaan Syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian rumah, Religiusitas tidak dapat memoderasi pengaruh Lokasi terhadap keputusan pembelian rumah dan Religiusitas mampu memoderasi pengaruh Pembiayaan Syariah terhadap keputusan pembelan Rumah.</span></span></p> 2024-12-29T13:16:48+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/51840 Pengaruh Total Quality Management dan Knowledge Sharing terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kota Makassar 2024-12-30T12:55:15+00:00 Alaiyya Hannani alaiyyahannani03@gmail.com Rusnawati Rusnawati alaiyyahannani03@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Total Quality Management dan Knowledge Sharing terhadap kinerja pegawai sekretariat DPRD kota Makassar, mengetahui pengaruh Total Quality Management terhadap kinerja pegawai sekretariat DPRD kota Makassar, dan untuk mengetahui pengaruh Knowledge Sharing terhadap kinerja pegawai sekretariat DPRD kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang langsung memberikan data kepada pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian secara statistik dapat terlihat secara simultan keseluruhan variabel independent yaitu Total Quality Management dan Knowledge Sharing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai. Hasil analisis data bahwa Total Quality Management dan Knowledge Sharing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sekretariat DPRD kota Makassar, hasil analisis data pada hipotesis kedua bahwa Total Quality Management berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sekretariat DPRD kota Makassar dan berdasarkan hasil analisis data, pada hipotesis tiga bahwa Knowledge Sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai sekretariat DPRD kota Makassar.</p> 2024-12-29T13:40:44+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/51872 Pengaruh Work Place Well-Being dan Mental Health terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi Kerja sebagai Variabel Moderating pada Karyawan Bulog Jastasma Kanwil Sulselbar 2024-12-30T12:55:16+00:00 Nita Asmara nitaasmara388@gmail.com Eka Suhartini nitaasmara388@gmail.com Amir Amir nitaasmara388@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>work place well-being</em> dan <em>mental health</em> terhadap kinerja karyawanmelalui motivasi kerja sebagai variabel moderating pada bulog jastasma kanwil sulselbar. Dalam penelitian ini variabel yang dilakukan adalah <em>work place well-being</em> dan <em>mental health</em> sebagai variabel independen, kinerja sebagai variabel dependen, dan motivasi kerja sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui survei menggunakan kuisioner. Cara menghitung jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin dan Metode pengambilan sampel dengan cara menggunakan teknik probability sampling, sehingga jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 orang. Data diolah dengan metode Patrial Least Squares (PLS) dan diterapkan menggunakan Smart PLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa <em>work place well-being</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, <em>mental health</em> berpengaruh positif dan signfikan terhadap kinerja karyawan, <em>work place well-being</em> berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan yang dimoderasi motivasi kerja, dan <em>mental health</em> berpengaruh negatif dan tidak signfikan terhadap kinerja karyawan yang dimoderasi motivasi kerja.</p> <p><strong><em>Kata kunci: </em></strong><em>Work Place Well-Being, Mental Health, </em>Kinerja Karyawan, Motivasi&nbsp;&nbsp; Kerja</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2024-12-29T15:08:13+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/52525 The Influence of Motivation and Leadership Style on Employee Performance Through Work Environment as an Intervening Variable (Study at BTN KC Syariah Makassar) 2024-12-30T12:55:17+00:00 Asniar Asniar nuraenigani677@gmail.com nuraenigani nuraenigani677@gmail.com Asyraf Mustamin nuraenigani677@gmail.com <p>Di Indonesia saat ini masih banyak pekerjaan terkait kualitas SDM yang perlu ditingkatkan yang untuk saat ini sebanyak 55% lebih memiliki pendidikan rendah dan skill yang terbatas dibuktikan dengan laporan <em>World Bank Human Capital Index </em>2023 yang menempatkan Indonesia pada peringkat 130 dari 199 negara, begitu juga dengan peringkat EQ yang menduduki peringkat enam di ASEAN. Dalam hal ini, kita akan menilai seberapa jauh pengaruh motivasi<em>, </em>gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan melalui lingkungan kerja sebagai tolok ukur untuk menilai <em>job performance </em>dari masing-masing karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini 35 orang. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diperoleh Motivasi, Gaya Kepemimpinan dan lingkungan kerja secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi dan gaya kepemimpinan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap lingkungan kerja. Sedangkan untuk hasil penelitian, motivasi dan gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan lingkungan kerja sebagai variabel intervening</p> 2024-12-30T08:29:47+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/53064 Pengaruh Implementasi Just In time, Total Quality Management dan Teknologi Informasi terhadap Kinerja Operasional pada Pabrik Gula Takalar 2024-12-30T12:55:18+00:00 Andi Monika Pratiwi andimonikapratiwii@gmail.com Wahidah Abdullah idawahidah971@gmail.com S Widad Ahmad widadahmad411@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan implementasi <em>just in time, total quality management</em> dan teknologi informasi terhadap kinerja operasional pada pabrik gula takalar. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>probability sampling </em>dengan menggunakan <em>simple random sampling </em>dan menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 127 responden. Jenis penelitian&nbsp; yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Dalam penelitian ini yaitu menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan bantuan SmartPLS versi 3.0 <em>for windows</em> sebagai teknik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan implementasi <em>just in time</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional, implementasi <em>total quality management </em>berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional, implementasi teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional, dan implementasi <em>just in time, total quality management</em> dan teknologi informasi berpengaruh simultan terhadap kinerja operasional pada pabrik gula takalar. <strong>&nbsp;</strong></p> 2024-12-30T12:30:31+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://tes-ojs.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/52772 PENGARUH E-TRUST, E-SATISFACTION, PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP CONTINUANCE INTENTION E-WALLET DI KOTA MAKASSAR 2025-01-19T04:52:54+00:00 Rachmat Almu Arrif rachmatalmua@gmail.com Yeki Candra rachmatalmua@gmail.com <p>Popularitas e-wallet yang semakin meningkat menjadi kesempatan besar bagi perusahaan penyedia E-Wallet yang kemudian terus bertambah di Indonesia. Penggunaan berkelanjutan setelah periode awal penggunaan menentukan keuntungan dan kelangsungan pemakaian teknologi secara jangka panjang. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh E-Trust, E-Satisfaction, Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness dan Perceived Enjoyment Terhadap Continuance Intention E-Wallet Di Kota Makassar.&nbsp;Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan uji hipotesis (t-Test, f-Test) yang diolah dengan aplikasi SPSS v.25. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial E-Trust, E-Satisfaction, Perceived Ease Of Use, dan Perceived Usefulness terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberlanjutan niat menggunakan E-Wallet Di Kota Makassar. Sedangkan Perceived Enjoyment tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keberlanjutan niat menggunakan e-wallet. Namun, secara keseluruhan, semua variabel bebas secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keberlanjutan niat penggunaan e-wallet. Penelitian ini menggarisbawahi bahwa keberhasilan adopsi e-wallet tidak hanya bergantung pada aspek teknologi, tetapi juga pada faktor psikologis dan pengalaman pengguna.</p> 2024-12-30T12:54:19+00:00 ##submission.copyrightStatement##