PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS X6 MAN PINRANG
Abstrak
>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui pendekatan problem posing. Hasil yang diperoleh setelah diberikan tindakan yaitu: Pada siklus I, diperoleh skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika adalah sebesar 52,50 dengan standar deviasi 16,01 dari skor ideal 100 dan berada pada kategori rendah. Pada siklus II, diperoleh skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika adalah sebesar 65,52 dengan standar deviasi 15,52 dari skor ideal 100 dan berada pada kategori tinggi. Hal ini menandakan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika berdasarkan rata-rata dari siklus I ke Siklus II, Jumlah siswa yang tuntas secara klasikal pada Siklus I sebanyak 12 orang (27,27%) dan pada siklus II meningkat menjadi 27 orang (61,36%), dan Sikap siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan semakin meningkat, yang dapat dilihat dari hasil respon siswa terhadap situasi yang diberikan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X6 MAN Pinrang setelah dilakukan pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ali, M. (1983). Guru dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hudoyo, H. (1990). Strategi belajar mengajar matematika. Malang: IKIP Malang.
Kamil, A. A. (2006). Ilmu matematika dan perkembangannya http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/0204/05/0319.html/
Kodri, F. (2003). Ferformance assessment in the class room. Ingenious.
Kurnianingsih, S. K. S. (2007). Matematika SMA dan MA untuk kelas X semester 1. PT. Gelora Aksara Pratama.
Marni. (2007). Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII3 SLTP Negeri 26 Makassar melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Skripsi. Makassar: Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar .
Pawellongi, N. (2004). Pendekatan problem posing (salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas I1 SMA Negeri 1 Tinambung Kabupaten Polewali. Skripsi. Makassar: Tidak diduplikasi.
Sahabuddin. (1999). Mengajar dan belajar. Makassar: UNM.
Shadiq, F. (2004). Pemecahan masalah, penalaran dan komunikasi. Diklat instriktur/ pengembangan matematika SMU jenjang dasar. Widyaswar PPPG matematika Yogyakarta.
Slameto. (1988). Belajar dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: CV. Rineka.
Sudjana, N. (1989). Dasar – dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Jaya.
Suherman, E. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.
Upu, H. (2003). Problem posing dan problem solving dalam pembelajaran matematika. Pustaka Ramadhan.