KESALAHAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA TOPIK UKURAN PENYEBARAN DATA

UKURAN PENYEBARAN DATA: KESALAHAN YANG MAHASISWA LAKUKAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH

Kata Kunci: Mahasiswa, Kesalahan, Ukuran Penyebaran Data

Abstrak

Ukuran penyebaran adalah salah satu konsep dalam statistika yang menurut siswa sulit dan rumit. Kita harus menggunakan rumus atau konsep tertentu untuk situasi atau masalah kontekstual tertentu. Akibatnya, beberapa orang atau siswa terkadang membuat kesalahan dalam menyelesaikan masalah statistika. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk menyelidiki kesalahan yang dibuat dalam memecahkan masalah yang melibatkan ukuran penyebaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan ukuran dispersi.  Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kami menyelenggarakan tes selama semester genap dari Januari hingga Juni 2021. Pesertanya adalah 80  mahasiswa yang telah menyelesaikan atau mengambil mata kuliah statistika. Tes ini terdiri dari 2 pertanyaan yang saling terkait.  Peneliti menggunakan tiga langkah utama untuk menganalisis data yang terdiri dari kondensasi data, tampilan data, serta memverifikasi dan menarik kesimpulan.  Kami memperoleh data terkait kesalahan siswa dari hasil tes mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa masih melakukan kesalahan pada setiap masalah. Kesalahan yang dilakukan oleh peserta terdiri dari penggunaan rumus, kesalahan perhitungan, penggunaan data yang diketahui, penggunaan konsep, tidak memberikan kesimpulan, dan inkonsistensi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Departement of Mathematics, State University of Makassar

##submission.authorWithAffiliation##

Departement of Mathematics, University of West Sulawesi

Referensi

Brodie, K., & Coetzee, K. (2010). Teaching mathematical reasoning in secondary school classrooms. Springer.

Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari konsentrasi belajar pada materi statistika dasar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 215–224. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.p%25p.

Chasanah, N. A., Sisworo, S., & Dwiyana, D. (2019). Meningkatkan penalaran matematis siswa pada materi ukuran pemusatan data melalui pendekatan problem posing. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 542. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12362.

Clements, M. A. (1980). Analyzing children’s errors on written mathematical tasks. Educational Studies in Mathematics, 11(1), 1–21. https://doi.org/10.1007/BF00369157.

Fitni, F., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Analisis kesalahan siswa berdasarkan newman pada materi statistika ditinjau dari gaya belajar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.17977/um027v5i12020p001.

Herholdt, R., Sapire, I. (2014). An error analysis in the early grades mathematics - A learning opportunity?. South African Journal of Childhood Education, 4(1), 42-60. Retrieved from http://www.scielo.org.za/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S2223-76822014000100004.

Ji, E.-J., & Kim, W. K. (2016). The conceptual understanding of variability in the data distributions. In D. Ben-Zvi & K. Makar (Eds.), The Teaching and Learning of Statistics (pp. 117–118). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-23470-0_13.

Jung, S., & Hwang, J. (2016). Students’ understanding of statistical terms having lexical ambiguity. In D. Ben-Zvi & K. Makar (Eds.), The Teaching and Learning of Statistics (pp. 151–161). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-23470-0_20.

Kaplan, J. J., Gabrosek, J. G., Curtiss, P., & Malone, C. (2014). Investigating student understanding of histograms. Journal of Statistics Education, 22(2), 4. https://doi.org/10.1080/10691898.2014.11889701.

Kraus, S. (2010). Monstrous methods for teaching central tendency concepts. Teaching Statistics, 32(1), 21–23. https://doi.org/10.1111/j.1467-9639.2009.00403.x.

Maysani, R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam mata kuliah statistika deskriptif. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 32. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.6949.

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika pada siswa smp kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 385–392.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc.

Nolting, P. D. (2012). Math study skills workbook: Your guide to reducing text anxiety and improving study strategies (4th ed). Brooks/Cole, Cengage Learning.

Novalia, N. (2019). Analisis hasil belajar: Dampak pembelajaran berbantuan software pada pembelajaran statistika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 271–279. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4866.

Rahayu, O. P., & Purwasih, R. (2020). Analisis kesalahan dalam materi statistika pada siswa smp kelas IX berdasarkan dari perspektif gender. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 451–462. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.p%25p.

Rosidah, R., & Ikram, F. Z. (2021). Measure of central tendency: undergraduate students’ error in decision-making perspective. International Journal of Education, 14(1), 39–47. https://doi.org/10.17509/ije.v14i1.29408.

Safitri, P. T., & Purbaningrum, K. A. (2020). Pengembangan buku ajar berbasis kasus (case based) pada mata kuliah statistika pendidikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 256–267. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8768.

Tam, H. P., & Chih, O. Y. (2016). An analysis of the statistical contents covered in china, singapore and taiwan mathematics textbooks at the primary level. In D. Ben-Zvi & K. Makar (Eds.), In The Teaching and Learning of Statistics (pp. 97–98). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-23470-0_10.

Wahyudi, W., Abadyo, A., & Purwanto, P. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menurunkan sifat-sifat variansi dan simpangan baku. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 39. https://doi.org/10.24269/js.v2i1.520.

White, A. L. (2005). Active mathematics in classrooms: finding out why children make mistakes—and then doing something to help them. Square One, 15(4), 15–19.

Diterbitkan
2022-06-29
Bagian
Vol. 10 No. 1
Abstrak viewed = 164 times