THE RELATIONSHIP BETWEEN LEARNING MOTIVATION WITH MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY IN CLASS XI STUDENTS
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS XI
Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan koginitif dalam matematika yang perlu dikuasai oleh siswa. Dalam mendukung pencapaian penguasaan kemampuan pemecahan masalah ini diperlukan motivasi belajar bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 2 Toma dan sampel yang dipilih adalah siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian sebanyak 3 soal, sedangkan instrumen non tes untuk mengukur tingkat motivasi belajar berupa skala dalam kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi product moment pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan pada taraf signifikansi 0,05 terdapat hubungan positif motivasi belajar terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Selain itu, diperoleh persamaan regresi linear yang berarti bahwa setiap penambahan 1 nilai motivasi belajar, maka nilai kemampuan pemecahan masalah matematis bertambah sebesar 0,422.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ayu, C. (2017). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA N 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Tower of Science, 11(74), 1–6. https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.70.
Liyana, D., & Ferdianto, F. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XII SMA materi program linear. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 15–21. https://doi.org/10.32528/gammath.v3i2.1601.
Mairing, J. P. (2018). Pemecahan masalah matematika: cara siswa memperoleh jalan untuk berpikir kreatif dan sikap positif. Bandung: Alfabeta.
Mirnawati, M., Rukmigarsari, E., & Fuady, A. (2021). Hubungan motivasi belajar dan kepercayaan diri terhadap kemampuan pemecahan maslaah matematis siswa kelas VIII di SMP Kristen Waikabubak. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(19), 137–142.
Mulyana, U. R., & Fitrianna, A. Y. (2019). Hubungan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP pada materi segitiga segiempat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia)), 2(6), 415–420. https://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p415-420.
Nasution, Z. M., Surya, E., & Manullang, M. (2017). Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik dan motivasi belajar siswa yang diberi pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan pendidikan matematika realistik di SMP negeri 3 Tebing Tinggi. PARADIKMA, 10(1), 67–78. https://doi.org/10.24114/paradikma.v10i1.8688.
Nisrina, N. (2018). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3), 294–303. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8249.
Nurdalilah, Syahputra, E., & Armanto, D. (2013). Perbedaan kemampuan penalaran matematika dan pemecahan masalah pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan. Jurnal Paradikam, 6(2), 109–119.
Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada materi program linear. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.74.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran : Inovatif, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik. Bandung: Pustaka Setia.
Rahmadani, E., & Sirait, S. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal persamaan linear. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan. Retrieved from http://jurnal.una.ac.id/index.php/semnasmudi/article/view/1500.
Rahmah, A. T., Aniswita, A., & Fitri, H. (2020). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VIII MTSN 3 Agam tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1174.
Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079.
Usman, U. (2019). Hubungan kecerdasan logis-matematis dan motivasi belajar dengan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 14 Sinjai. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 60–69.
Wahyuni, Y. (2021). Analisis motivasi belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 52–59. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.6022.
Wulandari, A. E., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Hubungan antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VII. Prosiding Senamku, 1, 397–405.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##