DEVELOPMENT OF ELEMENTARY LINEAR ALGEBRA COURSE E-MODULES BASED ON FLIP BOOK MAKER WITH INTEGRATED ISLAMIC VALUES

PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH ALJABAR LINEAR ELEMENTER BERBASIS FLIP BOOK MAKER YANG TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN

  • Andi Ika Prasasti Abrar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Idah Suaidah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sulfiani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: E-Modul, Aljabar Linear Elementer, Flip Book Maker, Nilai Keislaman

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pengembangan e-modul mata kuliah aljabar linear elementer berbasis flip book maker yang terintegrasi nilai-nilai keislaman. (2) untuk mengetahui karakteristik e-modul. (3) untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan Plomp. Model Plomp terdiri dari 5 tahapan yaitu investigasi awal, desain, realisasi, tes evaluasi dan revisi, serta implementasi. Produk yang dikembangkan berupa e-modul mata kuliah aljabar linear elementer dengan memanfaatkan media flip book maker. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 UIN Alauddin Makassar, tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respon dosen, lembar observasi kemampuan dosen mengelola pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon mahasiswa, lembar aktivitas mahasiswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil uji coba, diperoleh bahwa (1) proses pengembangan produk mengacu pada model pengembangan Plomp dimulai dari tahap investigasi awal sampai tahap tes evaluasi dan revisi dengan kata lain penelitian yang dilakukan tidak terlaksana seluruhnya sampai pada tahap implementasi dikarenakan keterbatasan waktu, (2) karakteristik e-modul yang dikembangankan adalah didesain berbasis digital dengan menggunakan aplikasi flip book maker yang bisa diakses menggunakan android maupun laptop, memuat video pembelajaran, memuat contoh soal kontekstual yang terintegrasi nilai-nilai keislaman, serta penyajian materi menggunakan pendekatan saintifik, (3) e-modul dikategorikan valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 4,25, dinyatakan praktis karena seluruh aspek terlaksana sepenuhnya, serta dinyatakan efektif karena tingkat ketuntasannya mencapai 96,3%.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

DECRIPTION

  • I'm a lecturer at Department of Mathematics, Universitas Sembilanbelas November Kolaka. I interest to mathematics education, educational measurement, and research methodology. My research about mathematics education and statistics.

EDUCATIONAL BACKGROUND

  • M.Pd. (Master of Education), Master Program on Mathematics Education, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • S.Pd. (Bachelor of Education), Mathematics Education, Universitas Negeri Makassar, Indonesia.

Referensi

Aniyati, K. (2019). Efektivitas pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran matematika kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Arsyad, N. (2016). Model pembelajaran menumbuh kembangkan kemampuan metakognitif (A. Juhari, Ed.). Makassar: Pustaka Refleksi.

Bloom, B. S. (1981). All our children learning. New York: McGraw-Hill Book Company.

Diana, M., Netriwati, N., & Suri, F. I. (2018). Modul pembelajaran matematika bernuansa islami dengan pendekatan inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1906.

Ekawati, T., Anggoro, bambang S., & Komarudin, K. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika pada materi statistika terintegrasi nilai-nilai keislaman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 184–192. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826.

Gunawan, H. (2014). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.

Isandespha, I. N. (2015). Pengembangan bahan ajar materi pembelajaran matematika sd dengan pendekatan realistik bernuansa islami untuk mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Elementary School (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 2(19), 1–12. Retrieved from https://es.upy.ac.id/index.php/es/article/view/831.

Kapofu, L. K., & Kapofu, W. (2020). “This maths is better than that maths”– Exploring learner perceptions on the integration of history of mathematics in teaching the theorem of pythagoras: A case study. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(3), em0604. https://doi.org/10.29333/iejme/8446.

Maarif, S. (2015). Integrasi matematika dan islam dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(2). 223-236. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.p223-236.

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1, 28–35. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2898.

Mawardi, K., Dewi, E. S., Asmah, S., Pratiwi, T. N., Sari, U. I., & Putra, F. G. (2019). Developing an islamic-nuanced linear algebra module with the guided-inquiry approach in the matrix material. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012080.

Rahmat., S. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Balitbang Kemendiknas.

Rasiman, N. D. R. (2014). Pengembangan media e-comic berbasis flipbook maker dengan pendekatan scientific learning pada siswa kelas VIII SMPN 15 Semarang. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014. Semarang.

Salasiyah, C. I. (2017). Pengembangan modul aljabar linear untuk mahasiswa pendidikan matematika. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 146–156. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v1i2.3428.

Sugilar, H., Rachmawati, T. K., & Nuraida, I. (2019). Integrasi interkoneksi matematika agama dan budaya. Jurnal Analisa, 5(2), 189–198. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.6717.

Zulhendri. (2016). Pembelajaran aljabar linear berbantuan matlab program studi pendidikan matematika STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 00(2), 55–64.

Diterbitkan
2022-12-24
Bagian
Vol. 10 No. 2
Abstrak viewed = 183 times