Bahasa Inggris
IMPLEMENTASI UKIRAN-UKIRAN RUMAH TONGKONAN TORAJA PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TORAJA UTARA
Abstrak
Penelitian ini mengimplementasikan ukiran-ukiran rumah Tongkonan Toraja pada materi geometri transformasi di kelas XI SMA Negeri 2 Toraja Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dalam mengimplementasikan ukiran-ukiran rumah Tongkonan pada materi Geometri Transformasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pre-test, dan post-test. Tes esai dengan lima item soal digunakan dalam penelitian ini sebagai instrumen. Sample penelitian adalah siswa Kelas XI IPA SMA. Teknik Pengambilan sampel dengan cluster random sample. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Toraja semester genap tahun 2021. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif yakni berupa analisis persentasi untuk aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) skor rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 4,05 yang dapat dikategorikan aktif, dan (2) hasil belajar siswa dapat dikategorikan baik dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,35.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Achor, E. E., Imoko, B. I., & Uloko, E. S. (2009). Effect of ethnomathematics teaching approach on senior secondary students’ achievement and retention in Locus. Educational Research and Reviews, 4(8), 385–390. Retrieved from https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2618193.
Angkowo, R., Djahiri, K. A., & Safitri, A. (2007). Optimalisasi media pembelajaran: mempengaruhi motivasi, hasil belajar dan kepribadian. Jakarta: Grasindo.
Arisetyawan, A. (2015). Etnomatika masyarakat baduy. Jawa Barat: Universitas Pendidikan Indonesia Press.
Borba, M. C. (1992). Teaching mathematics: Ethnomathematics, the voice of sociocultural groups. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, 6(65), 332–333. https://doi.org/10.1080/00098655.1992.10114182.
Fouze, A. Q., & Amit, M. (2018). Development of mathematical thinking through integration of ethnomathematic folklore game in math instruction. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 617–630. https://doi.org/10.12973/ejmste/80626.
Kalinec-Craig, C., Prasad, P. V, & Luna, C. (2019). Geometric transformations and Talavera tiles: a culturally responsive approach to teacher professional development and mathematics teaching. Journal of Mathematics and the Arts, 13(1–2), 72–90. https://doi.org/10.1080/17513472.2018.1504491.
Lembang, S. T., Baan, A., Dewi, R., & Palipangan, F. B. (2022). The analysis concept of integers counting operations in traditional Toraja games Si Goal and Si Patte’. AIP Conference Proceedings, 2542(1), 1–10. https://doi.org/10.1063/5.0104500.
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2014). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.
Palhares, P. (2012). Mathematics education and ethnomathematics. a connection in need of reinforcement. REDIMAT - Journal of Research in Mathematics Education, 1(1), 79–92. https://doi.org/10.4471/redimat.2012.04.
Pujiadi. (2016). Guru pembelajar modul matematika SMA (kurikulum matematika 2 dan pemanfaatan media pembelajaran). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di balik kerajinan anyaman Bali. Jurnal Matematika, 4(2), 80–89. https://doi.org/10.24843/JMAT.2014.v04.i02.p47.
Rohaeti, E. E., Bernard, M., & Primandhika, R. B. (2019). Developing interactive learning media for school level mathematics through open-ended approach aided by visual basic application for excel. Journal on Mathematics Education, 10(1), 59–68. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5391.59-68.
Rosa, M., & Orey, D. (2016). Humanizing mathematics through ethnomodelling. Journal of Humanistic Mathematics, 6(2), 3–22. https://doi.org/10.5642/jhummath.201602.03.
Silalahi, U. (2018). Metodologi analisis data dan interpretasi hasil untuk penelitian sosial kuantitatif (N. F. Atif (ed.); Cetakan ke). Bandung: Refika Aditama.
Unlu, M., Ertekin, E., & Dilmac, B. (2017). Predicting relationships between mathematics anxiety, mathematics teaching anxiety, self-efficacy beliefs towards mathematics and mathematics teaching. International Journal of Research in Education and Science, 3(2), 636–645.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Makalah Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 114–118.
Warin, J. (2019). Conceptualising the value of male practitioners in early childhood education and care: gender balance or gender flexibility. Gender and Education, 31(3), 293–308. https://doi.org/10.1080/09540253.2017.1380172.
Wulandari, I. A. P. A., & Puspadewi, K. adek R. (2016). Budaya dan implikasinya terhadap pembelajaran matematika yang kreatif. Jurnal Santiaji Pendidikan, 6(1), 31–37.
Zulkardi. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for indonesian student teacher (doctoral disertation, university of twente, enschede). (Thesis University of Twente, Enschede).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##