DEVELOPMENT OF PDF FLIP-BASED E-MODULE FOR MATHEMATICS LEARNING

PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS FLIP PDF UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Alimuddin Alimuddin The Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Nasrullah The Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Khairil Amry The Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, Matematika

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan e-module berbasis Flip PDF dengan materi bilangan bulat dan pecahan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analysis, design, development implementation, dan evaluation. Responsden uji coba produk pengembangan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Bulukumba dengan jumlah siswa 21 orang. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian media oleh ahli media dan ahli materi untuk mengukur kevalidan dan  angket respons guru dan respons siswa untuk mengukur kepraktisan e-module matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul matematika memenuhi kriteria valid dan praktis. Produk memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian oleh ahli materi dengan skor rata-rata 3,88 dan penilaian oleh ahli media dengan skor rata-rata 3,33. Produk memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan respons siswa yang dikategorikan praktis dengan respons rata-rata 3,72 dan respons guru yang dikategorikan sangat praktis dengan respons rata-rata 3,7. Berdasarkan kriteria data di atas, dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan mengembangkan media pembelajaran pada kemampuan yang spesifik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aisyah, N., Hawa, S., Somakin, Purwoko, & Hartono, Y. (2007). Pengembangan pembelajaran matematika SD. Jakarta: Dekdiknas.

Allen, W. C. (2006). Overview and evolution of the ADDIE training system. Advances in Developing Human Resources, 8(4), 430–441. https://doi.org/10.1177/1523422306292942.

Astalini, Darmaji, Kurniawan, D. A., & Chen, D. (2021). Students’ perceptions of mathematical physics e-module on multiple integral material. Journal of Education Technology, 5(4), 531–538. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.33600.

Aulia, E. T., & Prahmana, R. C. I. (2022). Developing interactive e-module based on realistic mathematics education approach and mathematical literacy ability. Jurnal Elemen, 8(1), 321–249. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4569.

Broza, O., Biberman-Shalev, L., & Chamo, N. (2023). “Start from scratch”: Integrating computational thinking skills in teacher education program. Thinking Skills and Creativity, 48(101285). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101285.

Delita, F., Berutu, N., & Nofrion. (2022). Online learning: The Effects of using e-modules on self-efficacy, motivation, and learning outcomes. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE, 23(4), 93–107.

Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Dulun, O., & Lane, J. F. (2023). Supporting critical thinking skills needed for the international baccalaureate diploma programme: A content analysis of a national and two international education programs in Turkey. Thinking Skills and Creativity, 47(101211). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101211.

Hadiyanti, N. F. D., Hobri, Prihandoko, A. C., Susanto, Murtikusuma, R. P., Khasanah, N., & Maharani, P. (2021). Development of mathematics e-module with stem-collaborative project-based learning to improve mathematical literacy ability of vocational high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1839, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1839/1/012031.

Hidayat, W., Rohaeti, E. E., Ginanjar, A., & Putri, R. I. I. (2022). An epub learning module and students’ mathematical reasoning ability: A development study. Journal on Mathematics Education, 12(1), 103–118. https://doi.org/10.22342/jme.v13i1.pp103-118.

Kurniawan, D. A., Astalini, Darmaji, Tanti, & Maryani, S. (2022). Innovative learning: Gender perception of e-module linear equations in mathematics and physics. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education, 4(2), 92–106. https://doi.org/10.23917/ijolae.v4i2.16610.

Maryam, Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan e-modul matematika berbasis open ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3059.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Upu, H., & Syahrullah. (2017). Model pembelajaran STTP bagi mahasiswa dalam penyusunan modul pembelajaran matematika berbasis exelearning. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.33477/mp.v5i2.172.

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2021). Development of ethnomathematic-based on mathematics e-module to improve students’ logical thinking skills. AIP Conference Proceedings. https://doi.org/10.1063/5.0043250.

Prastowo, A. (2011). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Rahman, A., Wibawa, B., & Sumantri, S. (2022). Develop english electronic module for tourism through analysis of learners and context. The Asian Institute of Research Education Quarterly Reviews, 5(1), 48–57. https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.01.417.

Rahmawati, D., Vahlia, I., Mustika, Yunarti, T., & Nurhanurawati. (2022). Validity analysis of development of socrates-based linear algebra e-modules. Education Quarterly Reviews, 5(2), 357–364. https://doi.org/10.31014/aior.1993.05.02.495.

Roof, H., & Chimuma, L. (2022). The relationship among reading, math and science achievement: exploring the growth trajectories over three time points. Educational Research: Theory and Practice, 33(2), 32–49.

Sabri, A. (2010). Strategi belajar mengajar micro teaching. Jakarta: PT Ciputat Press.

Sagita, D. (2016). Peran bahan ajar LKS untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 37–44. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/10.

Sahelatua, L. S., Vitoria, L., & Mislinawati. (2018). Kendala guru memanfaatkan media IT dalam pembelajaran di SDN 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131–140.

Sanchal, A., & Sharma, S. (2017). Students attitudes towards learning mathematics: impact of teaching in a sporting context. Teachers and Curriculum, 17(1), 89–99.

Serevina, V., Sunaryo, Raihanati, Astra, I. M., & Sari, I. J. (2018). Development of e-module based on problem-based learning (PBL) on heat and temperature to improve students’ science process skills. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3), 26–36.

Somayasa, W., Natajaya, N., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan modul matematika realistik disertai asesmen otentik untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 3(1). Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/625/410.

Sutrisno, E. (2019). Pengembangan e-modul matematika interaktif menggunakan visual studio [UIN Raden Intan Lampung]. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/7186/.

Sutrisno, J. (2008). Teknik penyusunan modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Wiyoko, T., Sarwanto, & Rahardjo, D. T. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Modul Elektronik Animasi Interaktif untuk Kelas XI SMA ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 16–19. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/4670.

Diterbitkan
2023-06-04
Bagian
Vol. 11 No. 1
Abstrak viewed = 264 times