Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan LKS Etnomatematika terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

  • Nurul Aini Adiningsih Universitas Tidar
    (ID)
  • Fadhilah Rahmawati Universitas Tidar
    (ID)
  • Aprilia Nurul Chasanah Universitas Tidar
    (ID)
Kata Kunci: Model Pembelajaran PMRI, LKS Etnomatematika, Kemampuan Literasi Numerasi, Minat Belajar Siswa

Abstrak

Kemampuan literasi numerasi menjadi kemampuan penting yang harus dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) menggunakan media LKS etnomatematika terhadap kemampuan literasi numerasi siswa berkaitan dengan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII D dan VIII F SMP Negeri 6 Magelang yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes kemampuan literasi numerasi dan angket minat belajar siswa. Berdasarkan perhitungan analisis data, didapatkan hasil bahwa: (1) Kemampuan literasi numerasi siswa yang mengikuti pembelajaran PMRI berbantuan LKS etnomatematika lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran PMRI; (2) Siswa dengan minat belajar tinggi memiliki kemampuan literasi numerasi yang lebih baik daripada siswa dengan minat belajar sedang, siswa dengan minat belajar sedang memiliki kemampuan literasi numerasi yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah, dan siswa dengan minat belajar tinggi memiliki kemampuan literasi numerasi yang lebih baik daripada siswa dengan minat belajar rendah; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh problem based learning berbantuan media youtube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829.

Annurwanda, P., & Friantini, R. N. (2019). Efektivitas penerapan metode round table dan ekspositori terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.38114/riemann.v1i1.19.

Astuti, N. R., Gunarhadi, & Mintasih. (2020). The effect of RME on mathematics learning outcomes viewed mathematic communication skills. International Journal of Educational Research Review, 5(1), 43–53. https://doi.org/10.24331/ijere.650864.

Budiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Surakarta: UNS Press.

Christanty, Z. J., & Cendana, W. (2021). Upaya guru meningkatkan keterlibatan siswa kelas K1 dalam pembelajaran synchronous. Journal of Elementary Education, 04(03), 3.

Dwi Cahyani, I., Nulhakim, L., & Yuliana, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran scrapbook dongeng fabel terhadap minat literasi siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 337. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35271.

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2019). Numerical literacy for elementary school. Malang: UMM Press.

Fauzanah, A. E., Aminudin, M., & Ubaidah, N. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 1(3), 198–205.

Guilford, J. P. (1969). Personality. New York: MC.Graw Hill Book Company.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Mifthahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Retrieved from https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp content/uploads/2017/10/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf.

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas XI dalam penyelesaian soal tipe AKM pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel. Jurnal Didactical Mathematics, 3(2), 84–91. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1810.

Marsigit, M. (2016). Pembelajaran matematika dalam perspektif kekinian. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 132–141. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.40.

Miftah, R. N., & Setyaningsih, R. (2022). Development of LKPD based on minimum competency assessment (AKM) on geometry material to improve numeracy literacy skills. Journal of Mathematics Education Study Program, 11(3), 2199–2208.

Mulyanto, H., Gunarhadi, & Indriayu, M. (2018). The effect of problem-based learning model on student mathematics learning outcomes viewed from critical thinking skills. International Journal of Educational Research Review, 3(2), 37–45. https://doi.org/10.24331/ijere.408454.

Novitasari, N., Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Efektivitas LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan stem terhadap kemampuan berpikir kritis. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.521.

Nurdiyana, R. A., Pujiastuti, H., & Anriani, N. (2022). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa ditinjau dari minat belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 55. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.274.

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Rubowo, M. R. (2018). Supporting second grade lower secondary school students’ understanding of linear equation system in two variables using ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012119.

Paramartha, I. G. L., Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2020). Penerapan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis etnomatika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan membangun karakter positif. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 30–40.

Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah. (2021). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik SMP dalam menyelesaikan soal cerita aljabar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 141–153. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.141-153.

Ryan, V., Fitzmaurice, O., & O’donoghue, J. (2022). Student interest and engagement in mathematics after the first year of secondary education. European Journal of Science and Mathematics Education, 10(4), 436–454. https://doi.org/10.30935/SCIMATH/12180.

Samirah, S., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2019). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif teknik make a match pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel ditinjau dari minat belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(3), 275–285.

Sapitri, Y., & Utami, C. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran ditinjau dari minat belajar. 2(1), 16–23.

Schiefele, U., Krapp, A., Wild, K. P., & Winteler, A. (1993). Fragebogen zum Studieninteresse. FSI, SIQ. https://doi.org/10.1037/t64341-000.

Shahbari, J. A., & Daher, W. (2020). Learning congruent triangles through ethnomathematics: The case of students with difficulties in mathematics. Applied Sciences (Switzerland), 10(14). https://doi.org/10.3390/app10144950.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D ((Cet.IV)). Alfabeta.

Trisnawati, T., Yulianto, D., & Ningsih, E. F. (2023). The influence of Indonesian realistic mathematics learning (PMRI) based ethnomathematics on the improvement of mathematical communication skills in terms of gender. Scientific Journal, 13(3), 552–561.

Wahyudi, M., Joharman, M., & Ngatman, M. (2017). The development of realistic mathematics education (RME) for primary schools’ prospective teachers. Ictte, 158, 814–826. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.83.

Wijaya, A. (2012). Realistic mathematics education: An alternative approach to learning mathematics. Yogyakarta: Science Graha.

Zambrano, J., Kirschner, F., Sweller, J., & Kirschner, P. A. (2019). Effects of group experience and information distribution on collaborative learning. Instructional Science, 47(5), 531–550. https://doi.org/10.1007/ s11251-019-09495-0.

Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2020). New school mathematics curricula, PISA and PMRI in Indonesia (chapter 3). In Standards-Based School Mathematics Curricula. Springer Singapore. https://doi.org/10.4324/9781003064275-1.

Diterbitkan
2023-06-26
Bagian
Vol. 11 No. 1
Abstrak viewed = 285 times