IMPLEMENTATION OF THE MERDEKA CURRICULUM THROUGH THE APPLICATION OF THE PROJECT-BASED BLENDED LEARNING MODEL IN MATHEMATICS LEARNING
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi kurikulum merdeka melalui penerapan model projec-based blended learning dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen yang terdiri dari kelas ekperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diterapkan model project based blended learning dalam pembelajaran matematika, dan di kelas kontrol tanpa model project based blended learning dalam pembelajaran matematika. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar matematika peserta didik yang diberikan pada saat sebelum dan setelah implementasi pembelajaran. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test untuk pengujian hipotetis dengan menggunakan nilai N-gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa signifikasi yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05 atau dengan kata lain H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model project based blended learning terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan motivasi belajar model pembelajaran blended learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201.
Ayu, R., Tri, A., & Hartati, R. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui penerapan blended project-based learning. Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2), 2437–2446. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i2.19562.
Azizah, A. N., & Wardani, N. S. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui model project based learning siswa kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi & Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 194–204. Retrieved from http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/280.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.
Eliyasni, R., Kenedi, A. K., & Sayer, I. M. (2019). Blended learning and project based learning: the method to improve students’ higher order thinking skill (HOTS). Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 231-248. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.549.
Fahlevi, M. R. (2022). Kajian project based blended learning sebagai model pembelajaran pasca pandemi dan bentuk implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Sustainable, 5(2), 230–249. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714.
Ferdiansyah, H., Zulkifli, N., Yakub, R., & Agussalim. (2021). Penggunaan model blended learning terhadap hasil belajar di masa pandemi covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 329–334. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2075.
Hartini, A. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. ELSE: Elementary School Education Journal, 1(2a), 6–16. https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038.
Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Putrini, L. P. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning ( PjBL ) terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262.
Niswara, R., Fita, M., & Untari, A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17493.
Perangin-angin, M. I., Ambiyar, & Kusumaningrum, I. (2021). The effectiveness of project-based blended learning models in cryptography courses. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(14), 3557–3568. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i14.10967.
Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. (2019). Penerapan model blended learning dalam peningkatan hasil belajar menggambar objek 2 dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 145–152. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21784.
Suci, I. S., Indrawan, I., Wijoyo, H., & Kurniawan, F. (2020). Tranformasi digital dan gaya belajar (1st ed.). Retrieved from https://eprints.binadar ma.ac.id/id/eprint/4348.
Sulyantari, H. T. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X-IPA-2 MAN 1 Jembrana pada materi elektrolit melalui model project based learning secara blended learning. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas, 3(3), 194–204. https://doi.org/10.51878/action.v3i3.2427.
Suzanna, S. (2023). Application of holographic technology in education. PIKSEL: Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 11(2), 253-266. Retrieved from https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/piksel/article/view/7320.
Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.
Yahya, A., Nurhidayah, Nurjannah, & Saharuddin. (2022). Pengaruh penerapan blended learning dengan google classroom terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa di masa pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 04(02), 153–165. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i2.1271.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##