PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA MATEMATIKA DALAM AL-QUR’AN UNTUK JENJANG MADRASAH TSANAWIYAH
PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA MATEMATIKA DALAM AL-QUR’AN UNTUK JENJANG MADRASAH TSANAWIYAH
Abstrak
Salah satu kompetensi inti yang diharapkan dari peserta didik pada jenjang Madrasah Tsanawiyah adalah sikap spiritual yang dimunculkan di setiap mata pelajaran, termasuk matematika. Kompetensi spiritual dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan menerapkan integrasi matematika dengan agama, sehingga diperlukan referensi bahan ajar integratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan ensiklopedia matematika dalam al-Qur’an sebagai referensi bahan ajar integratif yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D (define, design, develop, disseminate). Kualitas produk yang dikembangkan ini diukur dari aspek kevalidan dan kepraktisan. Aspek kevalidan dinilai oleh validator ahli di antaranya ahli materi, ahli agama, ahli media, dan ahli bahasa. Sedangkan aspek kepraktisan dinilai oleh praktisi. Data yang dikumpulkan meliputi hasil angket kevalidan dan kepraktisan serta data kualitatif berupa saran dari validator. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kelayakan, kepraktisan, dan lembar saran atau masukan. Penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor angket dari semua ahli menunjukkan kriteria valid dengan skor 84,10%. Sedangkan rata-rata skor angket dari praktisi guru menunjukkan kriteria tinggi dengan skor 84,37% dan dari respon siswa menunjukkan kriteria sangat tinggi dengan skor 85,41%. Berdasarkan hasil tersebut, ensiklopedia matematika dalam al-Qur’an yang dikembangkan terbukti valid dan praktis.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Adi Widana, I. N., Juliawan, I. N., Suardika Jaya, M., & Juliana, I. W. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash professional CS6 Pada program studi sastra agama dan pendidikan bahasa bali STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 30–42. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1443.
Amir, U. S., Nari, N., & Huda, U. (2020). Pengembangan LKPD SPLTV terintegrasi islam dan budaya minangkabau di SMA/MA. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(3), 267–280. Retrieved from https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/2190.
Arifin, S., & K., A. (2009). Sukses menulis buku ajar & referensi. Jakarta: PT. Grasindo.
Asmarawati, E., Riyadi, R., & Sujadi, I. (2016). Proses integrasi sikap sosial dan spiritual dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Purwodadi. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(1). Retrieved rom https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/8014.
Bahri, S. (2021). Membumikan pendidikan nilai menghasilkan akhlakul karimah. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 1(1), 57–63. https://doi.org/10.47887/amd.v1i1.4.
Cahya, S. N. (2020). Pengembangan media matiklopedia (matematika ensiklopedia) dengan pendekatan saintifik mata pelajaran matematika pada materi bangun datar siswa kelas III SDN 106158 Pematang Johar. (Doctoral dissertation, UNIMED). Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40463.
Damayanti, E., Putra, R. W. Y., Farida, F., & Ambarwati, R. (2021). Pengembangan multimedia interaktif menggunakan adobe flash profesional CS6 berbasis RME bernuansa islami pada materi lingkaran SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–25. Retrieved from https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/80.
Erdawati, S. (2018). Pengembangan ensiklopedia IPA berbasis integrasi islam sains untuk meningkatkan motivasi siswa kelas IV SD Negeri 003 Enok Kecamatan Enok. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 40–57. Retrieved from https://ejournal.stai-tbh.ac.id/al-aulia/article/view/srierda.
Fathani, A. H. (2019). Pembelajaran matematika bagi santri pondok pesantren berbasis kecerdasan majemuk. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 46–53. Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/3043.
Fitriza, R., Putra, M. S., & Samad, D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berwawasan Al-Qur’an dan budaya Minangkabau dalam pembelajaran matematika kelas X. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1159–1171.
Hamzah, A. (2021). Metode penelitian & pengembangan (research & development) uji produk kuantitatif dan kualitatif proses dan hasil dilengkapi contoh proposal pengembangan desain uji kualitatif dan kuantitatif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Hartoyo, A., Nursangaji, A., & Suratman, D. (2019). Pengembangan kompetensi sikap dalam pembelajaran matematika secara holistik bersumber qur’an. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(1), 149. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v10i1.30033.
Ihsan, M. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika realistik berbasis Alquran pokok bahasan pecahan. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 39–46. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/6824.
Ikhsan, M. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis videoscribe pada materi baris dan deret secara daring saat social distancing di kelas XI MAN 4 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan media pembelajaran komik matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934.
Kurniasih, W. (2016). Implementasi integrasi agama dan sains dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar islam Terpadu Harapan Umat Brebes. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 20–29.
Laily, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran corong berhitung terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas II SD/MI. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Lestari, L. (2018). Pengembangan Ensiklopedia pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD/MI. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Maarif, S. (2021). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis konteks dunia islam pada materi aljabar siswa SMP IT/MTS Kelas VII. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 3(2), 101–111. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jppm/article/view/032.101-111.
Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga ranah taksonomi bloom dalam pendidikan. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 132–139.
Mahmudah, I. (2022). Integration of islamic values in mathematics learning in class IV students of madrasah ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1075–1087. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.
Malasari, P. N., Atikoh, A., Kamilia, U., & Na’im, C. (2022). Pendampingan belajar bernuansa islami melalui bimbingan belajar matematika di desa Ruwit Wedung Demak. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 11–20.
Muzakki, A. ., Yuniasih, N. ., & Sakdiyah, S. H. (2020). Pengembangan ensiklopedia berbasis integrasi islam pada pembelajaran tematik materi lingkunganku kelas V MI darunnajah bakalan kabupaten Pasuruan. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 542–549.
Nirmalasari. (2019). Pengembangan modul matematika berbasis islam pada materi himpunan kelas X SMA pesantren modern Datok Sulaiman (PMDS). (Doctoral dissertation, IAIN Palopo).
Noor, T. (2018). Rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional no 20 tahun 2013 melalui pendekatan nilai-nilai yang terkandung dalam ayat 30 surah ar-ruum dan ayat 172 surah al-‘araaf. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(01), 123–144. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1347.
Nugroho, W. (2021). Kesadaran siswa terhadap nilai-nilai karakter dalam pembelajaran virtual trigonometri. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 221–236.
Pratiwi, R. D. (2015). Pengembangan ensiklopedia bangun datar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Irsyadut Tholibin. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Malang).
Puspasari, R. (2019). Pengembangan buku ajar kompilasi teori graf dengan model ADDIE. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702.
Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi pembelajaran matematika berbasis ICARE dan islam pada materi pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2874.
Rahmawati, S., Haryadi, S., & Yaumilia, T. A. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa pada pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal kudus. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1), 28–33. Retrieved from https://ejr.umku.ac.id/index.php/jaip/article/view/1372.
Riana, R., & Ibrahim, M. (2022). Desiminasi: Pelatihan penyusunan lembar kerja siswa berbasis matematika terintegrasi bagi guru SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 771–779. Retrieved from http://journal. ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/6680.
Rochimah, N. (2018). Pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia pada tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 3 di MI at Taqwa 01 Maarif NU Lamongan. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
Romli, A. A., Sesanti, N. R., & Triwahyuningtyas, D. (2020). Pengembangan ensiklopedia bangun ruang berbasis etnomatematika untuk siswa kelas V SDN 1 Tawangrejeni Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 531–536.
Safitri, W. Y., Haryanto, H., & Rofiki, I. (2020). Integrasi matematika, nilai-nilai keislaman, dan teknologi: Fenomena di madrasah tsanawiyah. Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 89–104. Retrieved from https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/jtm/article/view/3035.
Susrizal, S. (2017). Islamic education teachers’ efforts in developing students’ spiritual potential in learning (a study at SMP N 29 Padang). Ta’dib, 20(2), 167. https://doi.org/10.31958/jt.v20i2.716.
Syafitri, Y., Huda, U., & Herlina, E. (2019). Pengembangan media interaktif berbasis integrasi matematika islam pada materi himpunan kelas VII di SMP Negeri 2 Batipuh. Proceeding IAIN Batusangkar, 3(2), 104–112.
Syamsuar, S., Sulasteri, S., Suharti, S., & Nur, F. (2021). Bahan ajar matematika terintegrasi islam untuk meningkatkan religiusitas dan hasil belajar siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 13. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.10827.
Ulia, N., Sari, Y., & Hariyono, M. (2020). Pengaruh bahan ajar konsep dasar matematika berbasis internalisasi nilai-nilai islam terhadap sikap religius. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 1–10. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/154.
Widiyawati, E., Muhammad, D. H., (2023). Pengembangan kecerdasan spiritual (SQ) melalui pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Nurul Islam Kota Probolinggo. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 6(1), 393–404. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.584.
Yuliani, W., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2020). Implementasi bahan ajar persamaan garis lurus berintegrasi al-quran pada siswa kelas VIII SMP Punggur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(5), 1–11. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/46840.
Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan modul matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman melalui pendekatan realistic mathematics education (RME) di Provinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 157–165.
Zhafirah, E., & Aisiah. (2019). Pengembangan ensiklopedia kerajaan-kerajaan hindu-budha di nusantara sebagai sumber belajar di SMA. Jurnal Halaqah, 1(4), 469–484. https://doi.org/10.5281/zenodo.3526769.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##