PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP
PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran pengembangan instrumen assessment for learning (AfL) pada materi kekongruenan dan kesebangunan untuk peserta didik kelas IX SMP; (2) menghasilkan instrumen assessment for learning (AfL) pada materi kekongruenan dan kesebangunan untuk peserta didik kelas IX SMP yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah Research and Development yang melibatkan 126 peserta didik kelas IX SMP Islam Athirah 2 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran pengembangan instrumen assessment for learning (AfL) pada materi kekongruenan dan kesebangunan untuk peserta didik kelas IX SMP dilaksanakan melalui tahapan menyusun spesifikasi instrumen (mencakup menentukan tujuan, menyusun kisi-kisi, memilih bentuk dan format, menentukan panjang, serta menentukan skala dan sistem penskoran), menulis instrumen, menelaah instrumen (uji validitas isi dan memperbaiki instrumen), melakukan uji coba instrumen, menafsirkan hasil uji coba, menganalisis instrumen (uji validitas konstruk dan reliabilitas), dan merakit instrumen; (2) hasil pengembangan instrumen assessment for learning (AfL) pada materi kekongruenan dan kesebangunan untuk peserta didik kelas IX SMP terdiri dari tes penilaian proses belajar, tes penilaian hasil belajar, dan rubrik penilaian aspek kognitif, keterampilan, dan sikap.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Agung, I. G. N. (2016). Tantangan, keberhasilan, dan kebanggaan statistikawan. Retirement Speech of Prof. Drs. I Gusti Ngurah Agung, M.Sc., M.St., Ph.D. Makassar, Indonesia: Universitas Negeri Makassar.
Assessment Reform Group. (2002). Assessment for learning: 10 principles. Norwich: DfES Publications.
Azwar, S. (2014). Pustaka pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bulan, S. (2021). Pengembangan asesmen berbasis proyek dalam pembelajaran matematika peserta didik kelas IX SMP. Universitas Negeri Makassar.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi pembelajaran matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Putri, I. K. A. (2022). Asesmen dalam pembelajaran. UIN Raden Intan Lampung.
Raharjo, S. B., Handayani, M., Jauhari, M. R. A., Juanita, F., & Waspodo, R. M. (2019). Sistem penjaminan mutu pendidikan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ruslan. (2006). Aplikasi analisis faktor dalam uji-validitas instrumen penelitian. Seminar Nasional Statistika IKAPSTAT Institut Teknologi Surabaya Dan Jurusan Matematika FMIPA UNM. Makassar: FMIPA UNM.
Ruslan. (2009). Validitas isi. Bulein Pa’ Biretta. Makassar: Media Informasi dan Komunikasi LPMP Sulawesi Selatan.
Sappaile, B. I. (2005). Validitas dan reliabilitas tes yang memuat butir dikotomi dan politomi. Jurnal Ilmu Pendidikan (Parameter) Lembaga Penelitian UNJ, 22(24), 99–107.
Sappaile, B. I. (2007). Konsep instrumen penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 066, 379–391.
Setiyawan, R. A., & Wijayanti, P. S. (2020). Analisis kualitas instrumen untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa selama pembelajaran daring di masa pandemi. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Sains, 1(2), 130–139. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.26.
Susetyo, B. (2015). Prosedur penyusunan dan analisis tes. Bandung: Rafika Aditama.
Thalaat, M. (2022). Pengaruh CTL dan asesmen autentik terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN gugus selatan kec. Lenek tahun ajaran 2021/2022. COLLAPSE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(2), 315–325. https://doi.org/10.22460/collase.v5i2.10420.
Uno, H. B., & Satria, K. (2012). Asesmen pembelajaran. Jakarta: Bumi Akasara.
Yudha, R. P., Masrukan, M., & Djuniadi, D. (2014). Pengembangan instrumen asesmen otentik unjuk kerja materi bangun ruang di sekolah dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 3(2), 62–67. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/4397.
Yusron, E., & Sudiyatno, S. (2021). How is the impact of assessment for learning (AfL) on mathematics learning in elementary schools? Jurnal Prima Edukasia, 9(1), 75–84.
Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Yuwono, M. R., & Syaifuddin, M. W. (2017). Pengembangan problem based learning dengan assessment for learning berbantuan smartphone dalam pembelajaran matematika. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 184–202.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##