PROFILE OF STUDENTS’ MATHEMATICAL CONNECTION IN SOLVING ETHNOMATHEMATICS PROBLEMS IN TERMS OF HIGH MATHEMATICAL ABILITY

PROFIL KONEKSI MATEMATIKA MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI

  • Siti Lailiyah UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Aning Wida Yanti Department of Mathematics Education, UIN Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
Kata Kunci: Etnomatematika, Kemampuan Koneksi Matematika, Kemampuan Matematika Tinggi, Penyelesaian Masalah

Abstrak

Koneksi matematika adalah salah satu dari lima standar pada pembelajaran matematika dan harus dimiliki oleh peserta didik di abad 21. Pembelajaran matematika menggunakan budaya (etnomatematika) berdampak positif terhadap pemahaman matematis peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada koneksi matematika mahasiswa dalam menyelesaikan masalah etnomatematika ditinjau dari kemampuan matematika tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan koneksi matematika mahasiswa dalam menyelesaikan masalah etnomatematika ditinjau dari kemampuan matematika tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 4 mahasiswa pendidikan matematika UIN Sunan Ampel Surabaya yang memiliki Indeks Prestasi kumulatif (IPK) lebih dari 3,5. Data dikumpulkan melalui metode tes tulis, dan wawancara. Tes tulis digunakan untuk mengungkap kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan permasalahan etnomatematika budaya Arek. Sedangkan wawancara sebagai triangulasi data dengan cara membandingkan jawaban siswa saat menyelesaikan tes dengan apa yang diungkapkan dan sebagai pendalaman hasil tes tulis jika ada sesuatu yang perlu dikonfirmasi. Selanjutnya data dikelompokkan dan dianalisis sesuai dengan indikator koneksi matematika. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa koneksi matematika mahasiswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah etnomatematika berada pada kategori kurang dan sangat kurang. Sedangkan jenis koneksi matematika pada keempat subjek tersebut dalam menyelesaikan masalah etnomatematika yaitu koneksi prosedural, koneksi pemahaman, dan koneksi representasi yang setara.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aini, N. K., Purwanto, & Sa’dijah, C. (2016). Proses koneksi matematika siswa berkemampuan tinggi dan rendah dalam memecahkan masalah bangun Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(3), 377–388.

Ajmain, Herna, & Masrura, S. I. (2020). Implementasi pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(April), 45–54.

Akramunnisa, & Sulestry, A. I. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal tinggi dan gaya kognitif field independent (FI). Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 46–56.

Aliyah, I. M., Yuhana, Y., & Santosa, C. A. H. F. (2019). Kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal dan gender. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 161–178. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.14104.

Andriyani, & Kuntarto, E. (2017). Etnomatematika : Model baru dalam penbelajaran. Jurnal Gantang, II(2), 133–144.

Apriyono, F. (2016). Profil Kemampuan koneksi matematika siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.271.

Asfar, A. M. I. T., Sumiati, S., Asfar, A. M. I. A., & Nurannisa, A. (2022). Analysis of students’ mathematical connection ability through learning strategies based on local wisdom. Jurnal Didaktik Matematika, 9(1), 170–185. https://doi.org/10.24815/jdm.v9i1.22435.

Ayu, S. Y., & Rochmad. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan gaya belajar siswa pada model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, and extending. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 29–38.

Chrissanti, M. I. (2019). Etnomatematika sebagai salah satu upaya penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2018), 243–252. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.191.

Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kecemasan belajar pada siswa SMP pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 137–148. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.137-148.

Firdausi, M., Inganah, S., & Rosyadi, A. A. P. (2018). Kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah pertama berdasarkan gaya kognitif. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 237–249. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a9.

Fitria, M. I. (2019). Pengembangan pembelajaran matematika kontekstual berbasis etnomatematika kultur arek untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Julaeha, S., Mustangin, M., & Fathani, A. H. (2020). Profil Kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemampuan matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–810. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.300.

Karim, & Sumartono. (2015). Kemampuan mahasiswa membuat koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–79.

NCTM. (2000). Principles and standars for scholl mathematics. In 1906 Association Drive.

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15714.

Nur, A. S., Kartono, K., Zaenuri, Z., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2020). Ethnomathematics thought and its influence in mathematical learning. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(2), 205–223. https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n2a3.

Rahmadhani, E. (2022). Etnomatematics dan permainan trasdisional dalam pendidikan matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(1), 81–94. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.81-94.

Romli, M. (2017). Profil koneksi matematis siswa perempuan SMA dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 145–157. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1241.

Setyaningtyas, N., & Susanah. (2019). Indentifikasi Kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 15–22.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117.

Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4.

Sochima, U. S. (2013). Effect of ethno-mathematics teaching materials on students ’ achievement in mathematics in enugu state. Journal of Education and Practice, 4(23), 70–78.

Sudirman, Cahyono, E., & Kadir. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa smp pesisir ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2), 11–22.

Tasni, N., & Susanti, E. (2017). Membangun koneksi matematis siswa dalam pemecahan masalah verbal [building students’ mathematical connections in verbal problem solving]. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 103.

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130.

Utari, T., & Hartono, H. (2019). Muatan penalaran dan pembuktian matematis pada buku teks matematika SMA kelas X Kurikulum 2013. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.17002.

Xenofontos, B. C., Alkan, S. H., & Andrews, P. (2022). Estimation in the primary mathematics curricula of cyprus , greece and estimation in the primary mathematics curricula of cyprus , Greece and Turkey : A privileged or prevented competence? Athens Journal of Education, 9(January), 1–22.

Yunas, N. S., & Isbahi, B. (2018). Perbandingan loyalitas pemilih abangan dan santri terhadap khofifah dan saifullah yusuf pada pemilihan gubernur Jawa Timur tahun 2018. Jurnal Sosiologi Agama, 12(1), 155. https://doi.org/10.14421/jsa.2018.121-08.

Yuniawatika, Y. (2018). Kemampuan koneksi matematik mahasiswa PGSD ditinjau dari perbedaan gender. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 72–77. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10872.

Diterbitkan
2024-05-25
Bagian
Vol. 12 No. 1
Abstrak viewed = 245 times