ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN SOAL LITERASI DAN NUMERASI : PENDEKATAN MELALUI PROSEDUR NEWMAN

ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN SOAL LITERASI DAN NUMERASI: PENDEKATAN MELALUI PROSEDUR NEWMAN

  • Raden Siti Aaisyah Logistica Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
    (ID)
  • Subhan Ajiz Awalludin Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
    (ID)
Kata Kunci: Kesalahan Peserta Didik, Literasi dan Numerasi, Prosedur Newman

Abstrak

Literasi matematika dan numerasi matematika merupakan keterampilan dasar yang krusial untuk kemajuan pendidikan dan perkembangan individu. Namun, di Indonesia, tingkat kemampuan literasi dan numerasi matematika peserta didik masih belum memenuhi standar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika dan numerasi matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Enam subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dua subjek mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Kriteria pemilihan subjek didasarkan pada hasil tes uraian pada domain aljabar. Kemampuan literasi matematika dan numerasi matematika dianalisis melalui analisis kesalahan siswa menggunakan indikator kesalahan Newman, yang mencakup lima prosedur: (1) membaca, (2) pemahaman, (3) transformasi, (4) keterampilan proses, dan (5) penulisan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan siswa bervariasi, tergantung pada tingkat kemampuan literasi dan numerasi matematika. Subjek dengan kategori kemampuan tinggi umumnya melakukan kesalahan pada tahap pemahaman, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Subjek dengan kategori kemampuan sedang umumnya melakukan kesalahan pada tahap membaca, pemahaman, keterampilan proses, dan penulisan jawaban. Kemudian, subjek dengan kategori rendah cenderung melakukan kesalahan pada semua tahap analisis. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi para pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

AL-Ashri, L. S., & Awalludin, S. A. (2023). Analysis of students’ difficulties in solving minimum competency assessment questions in terms of mathematical communication skills. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(3), 955–972. https://doi.org/10.31943/mathline.v8i3.480.

Anggreni, C. S., Pudpadewi, K. R., & Noviyanti, P. L. (2020). Analisis kesalahan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah dengan prosedur newman pada siswa kelas IX C SMP cipta dharma. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Mahasendika), 83–92.

Azzahra, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep menyelesaikan soal cerita SPLDV dengan tahapan newman. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(2), 87–94. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/2390.

Dewi, R. S. (2023). Analisis bahan ajar literasi dan numerasi di sekolah dasar. Journal on Education, 06(01), 9257–9267. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4432.

Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan prosedur kesalahan newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508.

Fadilah, R., & Bernard, M. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi kekongruenan dan kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 817–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.817-826.

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan literasi matematika sekolah dalam perspektif multiple intelligences. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150. Retrieved from https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/524.

Fitri, N. W., Subarinah, S., & Turmuzi, M. (2019). Analisis kesalahan newman dalam menyelesaikan soal cerita materi turunan pada siswa kelas XII. Mandalika Mathematics and Education Journal, 1, 66–73. https://doi.org/10.29303/jm.v1i2.1559.

Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14(1), 20–29.

Kim, H., Sefick, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of qualitative descriptive studies: A systematic review. Research in Nursing & Health, 40(1), 23–42. https://doi.org/10.1002/nur.21768.

Kurniawan, L., & Munandar, D. R. (2022). Numeracy literacy ability in SPLDV equation material for junior high school students. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 340–345.

Lipianto, D & Budiarto, M. T. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikaan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegi panjang berdasarkan taksonomi solo plus pada kelas vii. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1–8. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1218.

Mursyidah, D., Lidinillah, D. A. M., & Muharram, M. R. W. (2023). Analisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal AKM pada konten analisis data dan peluang berdasarkan prosedur newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3174–3191. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2773.

OECD. (2023). PISA 2022: Insights and interpretations. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/.

Oktaviani, H., Kintoko, K., & Suprihatiningsih, S. (2021). Analisis kesalahan newman pada pemecahan masalah siswa kelas VII SMP N 15 yogyakarta. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.106.

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of mathematics performance of grade five students in Thailand using Newman procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 111-122.

Putri, M. A., & Purwanto, S. E. (2022). Analisis kesalahan siswa SD kelas V dalam menyelesaikan masalah soal cerita pada materi pecahan berdasarkan prosedur newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–15. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1653.

Rohana, & Rahmi, R. (2023). Model pembelajaran literasi berbasis digital pada mata pelajaran PAI tingkat madrasah ibtidaiyah. BIDAYAH: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(2). https://doi.org/10.47498/bidayah.v14i2.1688.

Siregar & Restati. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. Retrieved from https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193.

Suardi, S., Hakim, E. L., & Aziz, T. A. (2022). Kesalahan-kesalahan siswa pada materi pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 418–428. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.201.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan analisis newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447.

White, A. L. (2009). A revaluation of Newman’s error analysis. MAV Annual Conference 2009, 3(Year 7), 249–257.

Yusuf, R. M. M., & Ratnaningsih, N. (2022). Analisis kesalahan numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal assesmen kompetensi minimum. Jurnal Paedagogy, 9(1), 24. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4507.

Diterbitkan
2024-06-11
Bagian
Vol. 12 No. 1
Abstrak viewed = 368 times