Eksplorasi Etnomatematika Pada Gedung ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) Jakarta Barat
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA GEDUNG ANRI (ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA) JAKARTA BARAT
Abstrak
Ilmu matematika dan kebudayaan memiliki hubungan yang kuat dalam kehidupan. Di Indonesia, budaya berbeda dengan kearifan lokalnya, dan kebudayaan kelompok masyarakat atau suku tertentu yang mendukung aktivitas matematika disebut etnomatematika. Salah satu contohnya adalah bangunan cagar budaya, seperti gedung ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) yang didirikan pada tahun 1750 di Provinsi DKI Jakarta, tepatnya di Jalan Gajah Mada Jakarta Barat. Tujuan dari penelitian yang kami gunakan yaitu bersifat eksploratif dengan metode etnografi ini untuk menemukan dan mengkategorikan konsep matematika yang terdapat pada bangunan gedung ANRI yang menjadi salah satu sumber belajar matematika dan upaya pengembangan etnomatematika sebagai dasar pembelajaran matematika. Kajian ini berfokus pada pemahaman pengetahuan matematika informal yang diperoleh masyarakat setempat dari lingkungan dan budayanya, khususnya yang berkaitan dengan situs warisan budaya, yang disebut sebagai etnomatematika. Temuan studi menunjukkan bahwa gedung Arsip Nasional adalah situs warisan budaya yang signifikan dengan signifikansi sejarah dan arsitektur. Ciri arsitektur bangunan, seperti bentuk persegi panjang dan trapesium dari struktur utama dan atap, mencerminkan berbagai konsep geometris. Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan pentingnya melestarikan warisan budaya dan dokumen di Arsip Nasional untuk mempertahankan pengetahuan sejarah yang terkandung di dalamnya. Etnomatematika memberikan kerangka kerja yang berharga untuk mengeksplorasi dan menghargai konsep matematika yang tertanam dalam artefak budaya, mempromosikan pemahaman matematika yang lebih dalam melalui aktivitas dunia nyata dan praktik budaya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ambrosio, U. D. (2012). Etnomathematics and its place in history and pedagogy of mathematics. The learning mathematics, 5(1), 44–48.
Anon. (2009). Sejarah: Arsip nasional republik Indonesia. Retrieved April 24, 2024, from https://anri.go.id/profil/sejarah.
Auliya, F., & Nabhar, N. (2019). Etnomatematika kaligrafi sebagai sumber belajar matematika di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4879.
Azmi. (2014). Menjadikan ANRI sebagai lembaga kearsipan kelas dunia melalui kinerja pengelolaan arsip statis. Jurnal Kearsipan, 9(1). 6-28.
Dandi, I. M., & Sudiarta, K. (2022). Perlindungan hukum oleh pemerintah daerah terhadap situs warisan cagar budaya. Jurnal Kertha Negara, 10(3).
Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., Bila, S., Herdianti, I. A. H., Amelia, T., & Wahidin, W. (2022). Etnomatematika: Konsep matematika pada kue lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247–256. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1255.
Fajarwati, A. A., Faidah, A. N., Joelian, E., Hakiki, H. D., & Purwoko, R. Y. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada benteng belgica di Neira Maluku Tengah. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 161–170. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1635.
Fajri, D. L. (2023). Rumus volume balok dan luas permukaan balok beserta contoh soal. Retrieved May 6, 2024, from Edukasi Katadata.co.id website: https://katadata.co.id/lifestyle/edukasi/6178d56d43ea6/rumus-volume-balok-dan-luas-permukaan-balok-beserta-contoh-soal.
Faturrahman, M., & Soro, S. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada masjid Al-Alam Marunda ditinjau dari segi geometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1955–1964. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.734.
Hendriawan, P., & Faridah, S. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional Bekles. Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 149–158. https://doi.org/10.21274/jtm.2022.5.2.149-158.
Hidayat, T., Asmar, A., & Yerizon, Y. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada candi muara takus di kec. XIII Koto Kampar Riau. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 77–86. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/575.
Ikawati, I., & Wardana, M. D. K. (2022). Konsep bangun datar sekolah dasar pada struktur candi Pari Sidoarjo. Jurnal Basicedu, 6(5), 8188–8198. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3776.
Juano, A., & Jediut, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika dan hubungannya dengan geometri pada matematika dasar dalam budaya masyarakat Manggarai. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(2), 270–278.
Mahuda, I. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada motif batik lebak dilihat dari sisi nilai filosofi dan konsep matematis. Lebesgue, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.10.
Manik, S. Y., Sayu, S., & Munaldus, M. (2022). Identifikasi etnomatematika pada kain tenun corak libau suku Dayak De'sa kabupaten Sintang. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 68–81. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.213.
Mardiyah, U. R., & Budiarto, M. T. (2019). Abstraksi reflektif dalam mengonstruk bangun segiempat. MATHEdunesa, 8(3), 517–523. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v8n3.p517-523.
Matswa, L. A., Khizbaini, A., Latifah, N., & Alista, R. S. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada bangunan pendopo kajen kabupaten Pekalongan. 183–195.
Natun, A. Y. H., Mamoh, O., & Amsikan, S. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada motif kain buna masyarakat Insana Tengah. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 6(2), 31–41. https://doi.org/10.32938/jipm.6.2.2021.31-41.
Nisa, A. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi geometri dalam topeng malangan. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 3(1), 2580–460.
Nurjannah, N., Nurhalizah, N., Irmawati, E., & Ismunandar, A. A. (2020). Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika di taman purbakala batu pake gojeng kabupaten Sinjai. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 62–74. https://doi.org/10.59098/mega.v1i2.242.
Pudyastuty, M. (2018). Penerapan jadwal retensi arsip dalam proses penyusutan arsip di unit pusat arsip kementerian energi dan sumber daya mineral. (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Adab & Humaniora UIN Syarif Hidayatullah).
Richardo, R. (2020). Pembelajaran matematika melalui konteks islam nusantara: sebuah kajian etnomatematika di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1). https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6998.
Sitanggang, N. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi alat musik tradisional khas Batak Toba. Jurnal Peka, 4(2), 57–61. https://doi.org/10.37150/jp.v4i2.851.
Surtikanti, R. (2020). Risiko : Tinjauan regulasi kearsipan. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JABT) Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.7454/jabt.v3i1.1008.
Wigati, F. A., & Rachman, M. A. (2019). Identifikasi perlindungan arsip statis terhadap bencana kebakaran: Studi kasus di arsip nasional Republik Indonesia. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(1). https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i1.434.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##