DESCRIPTION OF STUDENTS' FRACTION PROBLEM-SOLVING ABILITY BASED ON KEIRSEY'S PERSONALITY TYPE CLASS VII SMP NEGERI 18 SELAYAR

DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PECAHAN SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY KELAS VII SMP NEGERI 18 SELAYAR

  • Ahmad Talib Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Rosidah Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Asmaun Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Rismayanti Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Sri Yuyun Universitas Negeri Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Bilangan Pecahan, Tipe Kepribadian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah operasi hitung bilangan pecahan ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 4 siswa dari kelas VII A SMPN 18 Selayar dengan 1 subjek untuk masing-masing tipe kepribadian. Instrumen penelitian menggunakan instrumen penggolongan tipe kepribadian, tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa tipe kepribadian guardian mampu memahami masalah, mampu membuat rencana penyelesaian, mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan mampu memeriksa kembali, 2) Siswa tipe kepribadian artisan mampu memahami masalah, mampu membuat rencana penyelesaian soal 1 namun tidak mampu pada soal 2, tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian dan tidak mampu memeriksa kembali, 3) Siswa tipe kepribadian rasional mampu memahami masalah, mampu membuat rencana penyelesaian soal 1 namun tidak mampu pada soal 2, mampu melaksanakan rencana penyelesaian, dan mampu memeriksa kembali, 4) Siswa tipe kepribadian idealis mampu memahami masalah, mampu membuat rencana penyelesaian soal 1 namun tidak mampu pada soal 2, tidak mampu melaksanakan rencana penyelesaian, dan tidak mampu memeriksa kembali.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Badriah, L., Mahanal, S., & Lukiati, B. (2023). Collaborative mind mapping- assisted ricosre to promote students ’ problem-solving skills. Participatory Educational Research, 10(July), 166–180. http://dx.doi.org/10.17275/per.23.65.10.4.

Fitriyah, N. N. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan kesalahan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita pada materi segi empat melalui PBL. Universitas Negeri Semarang.

Giovanni, L. D. Al., Parta, I. N., Susanto, H., & Anwar, L. (2023). Analisis kesalahan siswa berbakat matematika dalam memecahkan masalah transformasi geometri berdasrakan langkah polya. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1039–1049. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6653.

Ilmiyana, M. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma ditinjau dari tipe kepribadian dimensi myer briggstype indicator (MBTI ). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Keirsey, D. (1998). Please understand me II: Temperament, character, intelligence (1st ed.). Del Mar: Promotheus Nemesis Book Company.

Keirsey, D., & Bates, M. (1984). Please understand me: Temprament, character, intelligence. United States: Prometheus Nemesis Book Company.

Kumalasari, A., Winarni, S., Rohati, R., Marlina, M., & Saputra, J. E. (2022). Analisis pemecahan masalah siswa artisan ditinjau dari pengetahuan prosedural. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2872–2881. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1714.

Mufidah, W. I. H., Abidin, Z., & Nursit, I. (2021). Ananlisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari tipe kepribadian artisan. Jp3, 16(1), 1–8.

Muktamar, A., Ramadani, T. F., Ahmad, & Ardi. (2023). Pengambilan keputusan dalam kepemimpinan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 1141–1158.

Mulyodoro. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa smp kelas VIII berdasarkan tipe kepribadian keirsey dalam setting PBL. Universitas Negeri Semarang.

Nisa, K. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian the keirsey temperament sorter (KTS). Institut Agama Islam Negeri Metro.

OECD. (2022). PISA 2022 Assessment and analytical framework. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en OECD.

Permata, E. I., Sunandar, S., & Endahwuri, D. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gaya belajar siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 473–484. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6719.

Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method. USA: Princeton University Press.

Rabbani, A., Baidowi, B., Wahidaturrahmi, W., & Sripatmi, S. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian myers briggs type indicator (MBTI) siswa kelas IX. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1525–1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.815.

Rosyada, M. I., & Wibowo, S. E. (2023). Analysis of mathematics problem solving ability based on ideal problem solving steps given student learning styles. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1332–1343. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6880.

Safstrom, A. I., Lithner, J., Palm, T., Palmberg, B., Sidenvall, J., Andersson, C., Bostrom, Granberg, C. (2024). Developing a diagnostic framework for primary and secondary students’ reasoning difficulties during mathematical problem solving. Educational Studies in Mathematics, 115(2), 125–149. https://doi.org/10.1007/s10649-023-10278-1.

Sari, R. A., Anggreni, F., & Mazlan. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematika: sebuah tinjauan terhadap kepribadian guardian dan idealis. At- Tarbawi, 8(1), 101–116. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v13i1.2552.

Saripudin, & Sari, R. M. M. (2023). Analisis kesalahan siswa berdasarkan langkah polya dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. 6379, 242–252.

Siskawati, E., Zaenuri, Z., Dwidayanti, N. K., & Junaedi, I. (2021). Factors causing students ’ errors in solving mathematical problems problem solving based on the NEA in terms of gender. 7, 168–172.

Diterbitkan
2024-12-06
Bagian
Vol. 12 No. 2
Abstrak viewed = 152 times